Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadahoyAvatar border
TS
fadahoy
Europe on Screen sudah dimulai
Alohaaaaa...


Bulan April memang diciptakan untuk para penggemar film sepertinya. Selain ada avengers yang lagi marak tayang di bioskop komersil, ada juga festival europe on screen.

Festival europe on screen ini adalah festival film yang menyajikan film film dari negara Eropa. Tahun ini akan ada 100 film dari 27  negara Eropa. Festival rencananya akan diadakan di 8 kota yaitu: Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Medan Yogyakarta, Denpasar, Surabaya.

Nah buat man teman yang tinggal di daerah yang disebutkan bisa deh langsung dateng ke tempat yang sudah bekerjasama dengan penyelenggara festival ini.

untuk yang di Jakarta, Bekasi Tangerang, paling enak karena pilihan filmnya banyak dan tersebar di berbagai tempat seperti: Erasmus Huis, Institut Français Indonesia, Goethe-Institut, Istituto Italiano di Cultura, KeKini, Kineforum, Komunitas Salihara, Bintaro ExChange, BINUS Alam Sutera, Universitas Multimedia Nusantara, Summarecon Mall Bekasi.

untuk yang di:
a. Bandung: Institut Français Indonesia Bandung
b. Yogyakarta: Institut Français Indonesia Yogyakarta, Teater Garasi Yogyakarta
c. Surabaya: Wisma Jerman Surabaya, Institut Français Indonesia Surabaya
d. Denpasar: Alliance Française Denpasar, MASH Denpasar (Minikino)
e. Medan: Grand Aston Hotel Medan

Acaranya diselenggarakan dari tanggal 18 sampai 30 April 2019. Untuk opening dan closing, diadakan di Jakarta. Opening film sudah dilaksanakan tanggal 18 April di Epicentrum XXI  dengan judul film "The Guilty", sedangkan closingnya akan dilaksanakan 30 April di Goethe Haus dengan judul film "What Have We Done to Deserve This?"

Biasanya buat acara opening dan closing ada undangannya, jadi bisa dipantau melalui di ig atau twitter akun @europeonscreen

Dalam festival ini ada klasifikasi usia yang untuk setiap judul film, yaitu
G (General) : film ditujukan untuk semua usia
12+ : film yang ditujukan untuk kelas usia 12 tahun ke atas (remaja)
17+ : film yang ditujukan untuk kelas usia diatas 17 tahun
21+ : film yang ditujukan untuk kelas usia 21 ke atas.

Film yang disajikan dalam festival terbagi atas beberapa kategori:
1. FESTIVITIES -->Film yang disajikan berisi film panjang dengan berbagai genre yang pernah memenangkan beberapa penghargaan

2. REALITIES --> Berisi film film dokumenter dari sutradara eropa beberapa tahun ini

3. RETROSPECTIVE --> film -film yang disajikan dalam rangka merayakan berdirinya Bauhaus (Sekolah Desain dan Seni di Jerman) dan "kepulangan" Sutradara Itali

4. SPECIALTIES --> Film film yang bisa ditonton di bioskop terbuka, jadi pas nonton bisa sambil bawa popcorn dan minuman

Ngomongin filmnya, ada 100 judul yang ditayangkan. Beberapa judulnya nih:

1. The Guilty
Melihat trailer dari film ini mengingatkan akan film The Call (Halle Berry). Cerita mengenai seorang yang bekerja sebagai penerima telpon gawat darurat kemudian ada telpon yang membuat dia berurusan dengan kejahatan dan waktu. The Guilty menjadi opening pada festival ini. Ketinggalan nonton pas opening, masih bisa dinikmati tanggal 22 dan 27 April di IFI Jakarta. 

https://www.amazon.co.uk/Guilty-DVD-.../dp/B07FN75BKK

2. 303
Melihat trailernya sih bikin baper eaa. Menurut saya pertemuan antara 2 orang asing dan dibikin kisah cinta-cintaan itu selalu menarik. Kalau beda preferensi ya gapapa. Tapi terlihat seru sih. 2 orang asing yang bersama sama melintasi perjalanan di Eropa Barat pada sebuah perjalanan. Penasaran, kira-kira jadian atau gimana. Bisa tonton tanggal 27 di Erasmus dan 28 di Goethe Haus.


https://www.imdb.com/title/tt5451118/

3. Le Brio


https://www.ugc.be/film.html?id=6365

Isu rasis sepertinya tidak terjadi hanya di Indonesia, tapi juga di Perancis. Dalam film ini diceritakan bahwa ada dosen rasis menyemprot mahasiswanya ketika datang terlambat ke dalam kelas. Kemudian dosen tersebut menjadi viral. Demi memperbaiki reputasi kampus, si dosen ini diminta untuk melatih mahasiswa tersebut mengikuti lomba pidato bergengsi. Berhasilkan? Bisa nonton di tanggal 22 April UMN (Lecture Theatre), 26 April Kineforum, 26 April IFI Yogyakarta, 27 April IFI Bandung.

4. The Night of All Nights


http://hnmag.ca/review/the-night-of-...nights-review/

Film dokumenter tentang 5 pasangan dari negara berbeda merayakan ulangtahun pernikahan mereka ke 60. Kisah cinta yang penuh warna menarik ditonton nih, catet tanggalnya: 20 April 17.15 Erasmus Huis Exhibition dan 28 April 14.30 GoetheHaus

5. The Son of Bigfoot
Salah satu film animasi yang ditayangkan di festival ini. Trailernya sih seru. Buat anak bekasi dan Bintaro nih, kesempatan besar nonton film ini karena hanya tayang di 2 tempat tersebut.


https://www.pinterest.com/pin/285415695119300129/

Sebenernya, masih ada 95 film lagi yang bisa aja ditulisin tapi kan terbatas juga karakter buat nulisnya. Semua judul film, tanggal, tempat dan waktu tayang bisa dicek langsung ke link ini:
(http://europeonscreen.org/schedule/venue/#void)

Surprise Screening ini menjadi tradisi dari setiap pemutaran festival Europe on Screen. Suprise Screening bakal memberikan kejutan untuk beberapa penonton yang datang tanggal 26 April di Erasmus Huis Auditorium katanya sih seru dan asik.

Nontonnya bayar atau gratis?
Tentu sajaaaa, GRATIS. Tiket bisa didapat 1 jam sebelum pemutaran. Khusus yang di jakarta, ada pemberlakuan sistem baru. Agar bisa menonton film di festival ini, kalian harus menjadi member. Kartu member ini bisa didapat pada saat registrasi 1 jam sebelum film dimulai.

Fyi, Festival Europe on Screen merupakan festival internasional terlama yang masih aktif diselenggarakan di Indonesia. Festival ini pertama kali diselenggarakan sejak tahun 1990 dan menjadi rutin hingga sekarang.  (sumber: http://europeonscreen.org/about-us/)

Yuk ah dateng, keburu selesai acaranya ntar. 

Sampai bertemu di salah satu studio.


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Diubah oleh fadahoy 04-05-2020 14:11
Ayamsumuk
Surobledhek746
Surobledhek746 dan Ayamsumuk memberi reputasi
2
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan