iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ori Toor, Seniman Animasi Dot Art yang Mendunia, Kamu Berani Mengikuti Jejaknya?


[ HT# 482 ]

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan seni gambar yang proses menggambar nya di buat dari titik-titik yang hasil akhirnya membentuk sebuah ilustrasi dengan tema tertentu. Berbeda dengan sketsa yang dimulai dari sebuah tarikan garis, tantangan Dot Art adalah untuk menghasilkan gambar dari sebuah titik membutuhkan waktu dan ketekunan yang teruji, tapi apa jadinya jika gabungan titik-titik tersebut justeru di animasikan?

Saya sendiri waktu zaman kuliah pernah mendapat tugas dari dosen seni rupa untuk menggambar beraliran Dot Art. Menggambar ukuran A4 saja saya harus menyelesaikan waktu seminggu, itu pun hasilnya tidak memuaskan , membuat mata pedih, jari-jemari 'keriting'.


Dot Art Animation



Ori Toor


By Colin Williams

Dot Art, ternyata cukup banyak dimininati oleh beberapa seniman yang cukup terkenal. Andrew Pons, Jared Muralt, Pablo Jurado Ruiz, Georges Pierre Seurat, Sakura Chrno, Colin Williams, mereka adalah seniman Dot Art yang hingga kini masih eksis dan terus menghasilkan karya-karya yang tidak jauh dari sebuah titik menjadi sebuah maha karya.


Pict. Sunday Afternoon

Coba perhatikan sebuah lukisan Sunday Afternoon di Pulau La Grande Jatte, apakah kamu bisa menebak berapa banyak jumlah titik yang diperlukan Georges Pierre Seurat untuk menyelesaikannya? Saya yakin 99 persen kalian pasti salah tebak, menurut sumber lukisan karya Georges Pierre Seurat jumlah titik yang benar adalah 3.456.000 titik!
Nah, dari contoh gambaran di atas yang hanya berupa gambar 'diam' saja membutuhkan 3.456.000 titik, lalu berapa banyak titik di butuhkan untuk menghasilkan karya Dot Art dalam format gerak atau animasi ini?
Sebelum habis kita memikirkan dan pening tujuh keliling bagaimana cara membuatnya, mari kita nikmati hasil karya Ori Toor ini.



Dot Art yang di animasikan memang bukan hal yang mustahil dan mustahal, tapi bisa di bilang tidak biasa dan belum ada yang mencobanya. Baru Ori Toor lah yang mungkin memulainya, hasilnya pun tidak mengecewakan!



Ori Toor, asal Tel Aviv lulusan The Shenkar School 2010, Israel, adalah seniman yang sangat tekun dan super sabar demi menghasilkan animasi yang luar biasa. Ketika saya temui di Tumblr, Ori Toor banyak menghasilkan karya yang bikin saya takjub, cobalah temui karya Ori Toor di Tumblr yang berjudul Looopism, di situ terlihat sebuah animasi cacing yang bentuknya unik tapi juga membuat kita berfikir untuk melihatnya.



Animasi si cacing tersebut tentu saja membuat kita berfikir bagaimana cara membuatnya? Betulkah di buat dari sebuah titik-titik?














Ya, Ori Toor memiliki gaya animasi yang tak biasa, untuk membuat sebuah animasi dia selalu menghindari konsep yang berbelit. Ori Toor mengkhususkan diri dalam improvisasi loop frame-by-frame, dan animasi yang dia buat biasanya mengalir begitu saja dalam imajinasi fikirannya.




Ori Toor, adalah seniman yang cukup terkenal dengan karya-karya seninya dan sering mendapat pekerjaan besar dengan klien besar seperti Adobe, Apple, Samsung, Cartoon Network, Bloomberg, Wired, Nike, dan lainnya.


















Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: oritoor, behance, creativemornings | Sotoshop : iskrim

Diubah oleh iskrim 30-04-2019 23:03
mulivw
itdiv
Siwie
Siwie dan 10 lainnya memberi reputasi
11
7.7K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan