riandyogaAvatar border
TS
riandyoga
Kenapa Kesalahan Orang Lain, Kita Juga yang Susah?
Hai GanSis!! Pernah kesel gak sama masalah hidup yang kamu hadapi? Hmm.. Tentu pernah dong ya. Hanya saja tergantung gimana kita menghadapi masalah tersebut.

Tapi ada yang gak habis pikir terkait beberapa masalah atau kesusahan yang sering kita hadapi. Yakni kesalahan dari orang lain, tapi kita sendiri juga ketiban masalah.



Kejadian seperti ini sering banget terjadi. Barangkali kamu juga pernah mengalaminya. Ketika kita ingin hidup lurus-lurus saja, namun masalah datang dari orang lain. Seperti hukum jalan raya. Sekalipun sudah ikuti aturan lalu lintas, tidak ngebut, tapi tau-tau ditabrak dari belakang.

Saya ataupun GanSis barangkali sering berpikir, "gw urus hidup gw, lu urus hidup loe. Lu hormat, gw segan. Selesai perkara". Tapi nyatanya hidup gak selalu begitu.

Thread ini sebenarnya hanya sedikit keresahan saya terhadap hubungan antar manusia yang berbagi masalah. Berpikir cukup lama, hingga saya berkesimpulan bahwa selain berbagi rejeki. Manusia juga sering berbagi masalah. Sederhananya, "kenapa orang lain yang salah, kok gw kena masalah juga". MENGAPA!!



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Dan contoh lainnya.



Tapi contoh diatas tidak lantas menjadikan kita gak ikhlas menerima segala masalah yang ada. Justru menjadi pengingat dan bahan renungan.

Meski pepatah mengatakan. "Apa yang kamu tanam, itulah yang kamu tuai". Tapi dibalik itu orang lain tetap kebagian masalah akibat ulah dari satu dua orang.

Namun bukan berarti saling melempar masalah dan menuding pihak lain sebagai sumber masalah. Seperti yang selama ini banyak terjadi. Apapun masalahnya, semua salah presiden, salah gubernurnya, pokoknya salah mereka.

Ini nih salah satu nikmatnya hidup. Saat kita berbuat kesalahan. Beban Masalahnya bisa dibagi-bagi. Meskipun gak mutlak.

Kita bisa saja mengeluh kenapa ikutan susah padahal yang salah orang lain. Namun ada masanya kita yang berbuat salah, orang lain juga menanggung beban bersama. Dan kita membutuhkan itu. Nah, Masih mau mengeluh?

Oleh Rianda Prayoga. Binjai, 27 April 2019.
0
744
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan