alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc1e3b8facb9534910dc349/unik-beberapa-mitos-jawa-ini-diyakini-karena-terbukti-kebenarannya

Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya

Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya


Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya


Di zaman serba modern seperti sekarang ini, keberadaan mitos semakin tergeser di masyarakat. Sebagian orang sudah tak memercayainya karena beberapa mitos memang sudah diluar batas nalar.

Namun, tak bisa dipungkiri, sebagian masyarakat yang tinggal di perkampungan masih meyakini beberapa di antaranya dengan alasan-alasan yang kuat : mitos itu benar-benar terbukti! Entah kebetulan atau faktor lain, yang pasti dengan seringnya bukti-bukti itu bermunculan, membuat mereka semakin memercayainya.

Ada beberapa mitos, khususnya mitos Jawa yang sebenarnya jika dipikir dengan akal sehat terkesan mengada-ada, karena tidak ada penjelasan logis yang mendukungnya. Namun, GanSis, meski terkesan aneh dan diluar nalar, beberapa di bawah ini, justeru terus menunjukan keeksisannya karena memang benar-benar terjadi.

Nah, kalian pasti penasaran kan, apa saja mitos-mitos tersebut. Yuk disimak! 😉😉

1. Calon Pengantin Tidak Boleh ke Dapur Menjelang Resepsi

Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya


Orang tua bilang, sebelum dirias dan ‘temu manten’, kedua calon mempelai tidak boleh menginjakkan kaki ke dapur. Alasannya adalah saat resepsi nanti wajah mereka akan terlihat suram/mengerikan, atau orang Jawa menyebutnya dengan ‘ndruwoni’ (mirip genderuwo).

Meski sulit dipercaya, tapi banyak kejadian yang membuktikannya. Beberapa calon mempelai nampak berwajah suram karena mereka masuk ke dapur menjelang resepsi.

2. Cantengan Bisa Sembuh dengan Dua Cara Ajaib Ini

Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya


Cantengan merupakan infeksi yang terjadi pada sela-sela kuku jari. Selain bernanah, cantengan juga menimbulkan bengkak dan nyeri. Nah, alih-alih dengan medis, beberapa masyarakat kuno menyembuhkan penyakit ini dengan dua cara sederhana ini.

Pertama, memanfaatkan dubur ayam. Mereka hanya perlu memasukkan jari yang cantengan ke dalam dubur ayam. Entah mitos atau ada penjelasan logis lain, kenyataannya, bengkak dan nyeri mereka sembuh secara bertahap.

Cara ampuh kedua untuk mengatasi cantengan adalah dengan dipelintir oleh seorang yang sedang hamil anak pertama. Jadi, jika jari kalian cantengan, minta saja sama salah satu teman kalian yang sedang hamil untuk memelintirnya berulang-ulang, yakin deh bakalan sembuh. Eh, tapi melintirnya pelan-pelan aja ya, kalau nggak, selain sakit, bisa-bisa meletus juga nanahnya. 😄😄

3. Hamil Bisa Menular!

Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya


Kepercayaan ini sudah turun temurun di kalangan orang tua jaman dulu, bahkan sampai sekarang. Seorang perempuan yang sedang hamil diyakini bisa menularkan kehamilannya pada perempuan lain yang belum dikaruniai keturunan dengan cara menginjak kakinya. Meski di luar logika, tapi kejadian ini pun sudah sering terjadi di masyarakat.

Sebenarnya ini tidak hanya berlaku untuk kehamilan. Seorang wanita yang tak kunjung menstruasi bisa mendapatkannya dengan cara ini.


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Gimana, GanSis, unik-unik kan mitos orang Jawa. Terserah apakah kalian percaya atau tidak, tapi hal itu benar-benar terjadi. Meski sampai kini belum ada penjelasan yang masuk akal terkait ini. Barangkali Agan dan Sista sekalian punya pendapat lain atau malah pernah mengalami hal serupa, silakan share di sini.

Oke, ane rasa cukup sekian perjumpaan kita kali ini. Terima kasih karena sudah meluangkan waktunya untuk membaca thread ane. Semoga memberi wawasan baru yang bermanfaat. Jangan lupa kirimkan cendol ijo yang segar bagi author yang kehausan ini. Selamat malam, selamat beristirahat. 😉😉



Dari berbagai sumber
Ilustrasi : Pixabay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cru153r dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Diubah oleh YenieSue0101
Diubah oleh YenieSue0101
hamil menular??? hmmm.....

Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baksourattulang dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Menurut orang Jawa sih begitu gan
mitos lah gan... ga ada pembahasan secara ilmiahnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
v1ncz777 dan 3 lainnya memberi reputasi
saya jg orang jawa ga terlalu dianggap si mba. Ada yg bilang jangan duduk di pintu nanti jodoh pergi lg hahaha dibuat santai ja intinya menghalangi jalan. salam bb mba,e keren thread nya.
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Tapi anehnya, hal itu kerapkali terjadi

Quote:

Thanks, udah mampir 😉😉😉
profile-picture
khodijahsiti92 memberi reputasi
mitos itu mbk Yen
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Iya, mbk ida. Memang mitos
Ane pernah dijelaskan mitos no.1


Itu mitos muncul waktu jaman dimana dapur itu kompornya bukan pakai kompos gas / minyak / elektrik dkk

Tapi berupa tungku yg masih harus ditiup2

Sehingga asapnya/ abu nya pada memenuhi ruangan / nempel d tembok

Makanya mempelai mukanya akan terlihat kusam , ya karena kotor kena asap tuh tungku emoticon-Ngakak

Jadi pesan sbenarnya
: Elu mau nikah , muka harus kinclong , jngan muka kotor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Wah, thanks ya sharenya. Jadi tau deh alasan logisnya. Mantap gan emoticon-Jempol
Quote:


Hehee..emoticon-Big Kiss
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Diinjak jempolnya gitu yaah biar nular haahha
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
no.1 baru tahu sekarang
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
hihiho... yang cantengan....
ada yg lebih parah resepnya yang sama... untuk habis sunat agar cepat sembuh... hahaha
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Makasih semua atas kunjungannya emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
iya itu namanya percaya ga percaya emoticon-2 Jempol
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Ente percaya gak, gan?
walau begitu, ada baiknya kita ikuti saja.
profile-picture
profile-picture
baksourattulang dan YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Iya, tergantung kepercayaan masing2 aja emoticon-Jempol
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di