yunda.meAvatar border
TS
yunda.me 
Mengupas Laut 3 Benua


Assalamualaikum gan sis,

emoticon-Hai
Tahes ?




Siapa yang tidak kenal dengan wilayah laut mediteranian ? kawasan laut yang berada di 3 benua ini sudah sangat terkenal akan ciri khasnya. yaitu keindahan pantai yang sudah diatas rata - rata.




Dalam pembentukannya, Laut Mediterania terbentuk bersama dengan daerah Mediterania, yaitu kawasan yang muncul akibat dari aktivitas tektonik ketika lempeng Afrika dan Eurasia saling bertabrakan.
emoticon-EEK!

Dan lagi, Laut ini menjadi saksi kemunculan beberapa peradaban tertua di dunia gan sis, dengan peradaban Aegean, Yunani dan lainnya. Apalagi fakta dari kawasan laut ini ?
emoticon-cystg



Etimologi

Mediterania, Nama yang di dapat dari orang yunani, karena mereka berpikir itu laut ada di tengah tengah bumi. Tapi jika dilihat dari kata Latin ‘Mediterraneus’, yang berarti ‘pedalaman’ atau ‘di tengah-tengah bumi’.

Dan Kata Mediterraneus dapat dipecah menjadi dua kata ‘medius’, yang berarti ‘tengah’ dan ‘terra’, yang berarti ‘bumi’.
Semua itu berkat dari perasaan orang yunani kalo mereka ada ditengh tengah bumi.

emoticon-Hammer2





Ukuran Dan Pembagian Wilayah

Untuk ukurannya nih gan sis, Laut Mediterania memiliki wilayah seluas 2,5 juta km persegi dan rata – rata kedalamannya itu mencapai 1.500 meter. Dalam banget kan ? .

Untuk Titik terdalamnya sendiri nih yaitu Calypso Deepyang berada di Laut Ionia, dengan kedalaman 5.267 meter.

Kek nama karakter di film bajak laut ya.
emoticon-EEK!

Karena ini laut ada di 3 benua yang berbeda, jadi untuk pembagiannya itu adalah melalui badan air.

Badan air dibagi menjadi dua subregional oleh Selat Sisilia, punggung bawah laut dangkal yang terletak antara Sisilia dan Tunisia.

Nah, Subregional ini meliputi Mediterania Barat, mencakup area yang luaasnya itu 800 ribu km persegi, dan Mediterania Timur  mencakup area seluas 1,6 juta km persegi. Serta di Setiap subregionalnya dibagi lagi menjadi beberapa daerah yang lebih kecil.

emoticon-Hansip




Kepulauan Dan Garis Pantai

Laut ini juga memiliki pulau - pulau besarnya, pada bagian timur ada pulau  Siprus dan Rhodes, Sisilia dan Malta di Mediterania tengah, serta Ibiza dan Majorca di Mediterania barat.
Nah gan sis pernah denger yang mana ?
emoticon-Hammer (S)

Disisi garis pantainya, laut ini punya garis pantai yang terbentang sepanjang 46.000 km. Gile dah.
Tapi ya wajar sih, pasti melalui negara negara di Eropa, Afrika, dan Asia. Karena memang letaknya yang di kelilingi oleh 3 benua.

emoticon-Peace

Jika dilihat lebih rinci lagi, negara besar yang berada di sepanjang pantai Laut Mediterania yaitu Perancis, Spanyol, Kroasia, Italia, Mesir, Yunani, Turki, Israel, Aljazair, Maroko, dan Siprus.

Ini kalo bikin liga mediterania gan sis pilih yang mana ? pasti seru.

emoticon-Perancisemoticon-Spanyol

Dan tak ketinggalan nih gan sis, Laut Mediterania juga memiliki beberapa pantai paling indah di Eropa.  Seperti Pantai Capriccioli (Costa Smeralda), Cala d’Hort (Ibiza), dan pantai Navagio (Zakynthos).

Udah pernah ke yang mana gan sis?
emoticon-Motret


Keanekaragaman Hayati

Seperti yang ane bilang , laut ini udah terkenal banget, salah satunya karena ekosistem yang unik dan tingkat endemisme nya yang tinggi.

Menurut perkiraan, ada sekitar 20-30 % dari spesies yang ditemukan di Laut Mediterania adalah endemik atau tidak ditemukan di tempat lain.

Yang unik itu laut ini malah memiliki lebih banyak spesies endemik dari tetangganya, yaitu Samudera Atlantik. Dan salah satunya adalah Monk seal, spesies yang terancam punah dikenal endemik di Laut Mediterania.

Tak hanya itu hewan lain seperti paus sirip, paus sperma, lumba-lumba, lumba-lumba berparuh pendek, tuna, kuda laut, dll juga mendiami kawasan itu.

emoticon-Wow

Selain itu, dukungan dari cekungan (basin) Laut Mediterania juga bertindak sebagai situs biak bagi berbagai spesies seperti penyu tempayan dan penyu hijau, dan juga lokasi persinggahan bagi burung migran yang melewati daerah ini.

emoticon-Matabelo




Diet Ala Mediterania

Nah , keknya ini nih yang menarik, Diet yang menggabungkan kebiasaan hidup sehat tradisional orang dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania.

Diet Mediterania ini gan sis, diet yang kaya akan kandungan sayuran, buah, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu nih, menunya juga berisi ayam dan daging, juga ada sedikit daging merah dan lemak tak jenuh yang berasal dari minyak zaitun dan kacang-kacangan.
emoticon-EEK!

Yang terpenting salah satu manfaatnya yakni diyakini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
emoticon-Belo

Banyak juga kalo diulas mengenai diet ini, dan ane baca emang ketat juga sih asupannya. Nooo nasi nasi klub.

emoticon-Ngakak (S)


Pencemaran dan polusi

United Nations Environment Programme (UNEP), memperkirakan 80 persen sumber pencemaran Laut Mediterania berasal dari daratan yang mengelilinya.
emoticon-EEK!

Tempat indah, pastilah banyak pengunjung, dan lagi letak dari kawasan ini yang mana di kelilingi 3 benua menjadikannya sebagai tempat pembuangan akhir dari semua yang mengelilinginya.

Dan lagi jalan keluar yang sempit, apa pun yang dibuang ke badan air, akan tetap tinggal dalam waktu lama. Kek plastik contohnya.

Tak hanya dari limbah aktivitas daratan, karena pencemaran juga terjadi akibat dari aktivitas lautnya seperti penangkapan ikan berlebihan dan transportasi laut yang padat.

Ngeri juga ya ...
emoticon-Takut (S)


Dan Sekian dulu trit dari ane gan sis, jangan lupa komen dan rate5nya

emoticon-nulisahemoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)



- - danke - -




Spoiler for sumur:






Spoiler for trit yang lainnya:



Diubah oleh yunda.me 24-04-2019 02:49
falin182
danQe
Xzys
Xzys dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6.7K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan