CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Main-main dengan Tutup Pentil, Bisa Rugi Gan !!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb96a1b10d295579e1e2772/jangan-main-main-dengan-tutup-pentil-bisa-rugi-gan

Jangan Main-main dengan Tutup Pentil, Bisa Rugi Gan !!


Jangan Main-main dengan Tutup Pentil, Bisa Rugi Gan !!
Sejatinya tiap ban baik itu motor atau mobil sudah langsung dilengkapi dengan penutup udara yang kerap disebut pentil. Bahasanya kerennya kalau ngga salah itu valve cap gan ...

Nah, saking kecilnya tutup pentil maka kerap keberadaanya tidak dipedulikan pemilik kendaraan. Bahkan sampai-sampai ada yang ngga sadar kalau tutup pentilnya udah hilang, padahal bila sampai hilang bisa merugikan pemilik kendaraan loh gan ...
Kok bisa ? emang sepenting apa sih tutup pentil itu !!emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Nah buat agan yang penasaran, setidaknya ada beberapa perang penting tutup pentil yang ngga boleh agan cuekin ...
 

Pertama

Fungsi tutup pentil berfungsi bakal mencegah udara di dalam ban biar enggak keluar dari celah kecil pada katup pentil. Dengan begitu, kemungkinan ban tiba-tiba kehabisan udara ngga akan mungkin terjadi, apalagi buat kendaraan yang jarang digunakan .

Yang Kedua

Tutup pentil juga bisa mencegah debu atau air masuk ke dalem karet ban dalam atau ke dalam pelek jika sudah pakai ban tubeless. Seperti di ketahui, di dalam pentil terdapat beberapa komponen kecil yaitu sil berbahan karet, penonjok, dan per.

Lapisan karet di dalam pentil itu berfungsi sebagai penyumbat udara biar air sama debu tidak masuk...
 


Tambahan nih gan ...emoticon-exclamation

Saat ini memang banyak ragam tutup pentil yang dijajakan sebagai aksesori, tapi baiknya tetap mencari dengan meterial plastik.
Jangan Main-main dengan Tutup Pentil, Bisa Rugi Gan !!

Kenapa begitu, karena kalau agan mentingin gaya pake material besi atau lainnya bisa berdampak buruk gan ... Besi merupakan sasaran empuk buat virus korosi yang menyebabkan karat, kalau sampai menyerang pentil maka bisa-bisa merusak drat tutup pentil sendiri yang bikin agan-agan nanti kerepotan ...emoticon-Angkat Beer
profile-picture
666lucifer89 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
ohh pantesann sepedaa gue demen kempes karena kagaa pakebtutup pentil..
Gara2 tanpa tutup pentil, ada yg nanyain lho emoticon-Cape d... (S)
Quote:


emoticon-2 Jempol
kok ane malah mikir kemana2 ya bre liat kata2 pentil emoticon-Leh Uga
profile-picture
666lucifer89 memberi reputasi
wah iya ya gan
Quote:


Nikmati aja gan GIF
--Segi ilmu ekonomi, bahan plastik lebih murah dan mudah diproduksi masal.

--Dari segi hukum, ban tanpa tutup pentil bisa jadi alasan polisi untuk menilang kendaraan emoticon-Big Grin

--dari segi ilmu fisika tutup pentil dari plastik yg ringan cukup beralasan karena gaya sentripetalnya jauh lebih kecil daripada yg bahannya logam. Jadi getaran bisa diminimalisir.
Tapi karena kecepatan kendaraan rata2 cuma 30-80 km/h, bobot ban yg cukup berat dan diameter ban cuma 13"-21" hal ini bisa diabaikan emoticon-Big Grin
Quote:


waahh manteb.....emoticon-2 Jempol
Quote:



(Tanya serius) emang bener ya gan.. kaga pake tutup pentil bisa ditilang?
dan juga untuk menghindari tilang...
emoticon-Leh Uga
Jangan Main-main dengan Tutup Pentil, Bisa Rugi Gan !!

pentil yang itu boleh nggak buoskuh????
profile-picture
666lucifer89 memberi reputasi
iya bener ne


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di