Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yesknowAvatar border
TS
yesknow
Said Didu Tuduh Kecurangan Pemilu Terstruktur, Sistematis, dan Masif
Said Didu Tuduh Kecurangan Pemilu Terstruktur, Sistematis, dan Masif

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan staf khusus Kementerian ESDM Said Didu menilai, pada Pemilu 2019 sudah terjadi kecurangan secara terstruktur, sistemik dan masif. Pemilu kali ini dianggapnya merupakan penyelengaraan pemilu terburuk sepanjang sejarah reformasi.

"Sudah terjadi kecurangan secara terstruktur, sistemik dan massif. Masyarakat yang mau melaporkan malah dianggap penyebar hoax," kata Said Didu dalam deklarasi "Gerakan Nasional Selamatkan Demokrasi dari Pemilu Curang," di kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Menurut mantan Sekretaris Kementerain BUMN ini, penyelengaraan Pemilu 2019 sudah dianggap tidak netral bermula ketika tidak terselesaikannya perencanaan 17 juta lebih daftar pemilih tetap (DPT). Said Didu juga menduga adanya keterlibatan dan ketidaknetralan aparatur pemerintahan, mulai dari tingkat RT, Lurah, Camat, Bupati dan Gubernur.

"Penonton sudah teriak semua, wasit tidak mau meniup peluit. Tentara dan polisi, teman-teman aparat secara nyata terlihat (tidak netral). BUMN nyata-nyata terlibat, komisaris BUMN nyata-nyata terlibat," ucap Said Didu.

Menurut Said Didu, kecurangan pemilu terstruktur lantaran secara struktur melibatkan pemerintahan dan organisasi-organisasi. Sedangkan dikatakan sistemik, karena polanya sama dan terjadi di hampir seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri.

"UU menyatakan apabila terjadi seperti itu. Maka pemilu ulang, bagi pihak yang melanjutkan hasil pemilu ini bagai memelihara bara. Bagaikan orang yang merancang Kekuasaan, duduk di atas bara api yang dibakar," ucap Said Didu.


https://www.beritasatu.com/politik/5...atis-dan-masif

----------------------------------------------------------

belaga bloon,
yg mau curang siapa, yg dituduh siapa.
belaga lupa ama kasus sarung kampret & 7 kontainer.. emoticon-Cape d...

setelah ngeper dgn ancaman kapolri & pang. TNI,
sptnya skr kubu wowok mau ganti skenario lagi.
pemilu ulang !
macam yg 2014 emoticon-Big Grin

capres gak guna...

Said Didu Tuduh Kecurangan Pemilu Terstruktur, Sistematis, dan Masif
0
2.5K
33
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan