nyairaraAvatar border
TS
nyairara
Mahfud MD Sarankan Said Didu Laporkan Kasus Peretasan ke Polisi


TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat hukum tata negara Mahfud MD menyarankan mantan Sekretaris Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu untuk melaporkan peretasan media sosial miliknya ke kepolisian.

"Saya sarankan Pak Said Didu lapor ke polisi supaya jelas siapa pelakunya. Saya sendiri sebagai temannya ya sedih sampai diretas," kata Mahfud saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 15 April 2019.

Akun Twitter Said Didu mengalami peretasan pada Sabtu malam, 13 April 2019. Akun dengan jumlah pengikut sebanyak 200 ribuan followers itu mencuitkan tentang ustaz Abdul Somad yang baru bertemu dengan Prabowo-Sandiaga.

Selain Twitter, akun Facebook Said Didu juga diretas ketika ponselnya sedang tidak ada sinyal. Said Didu mengatakan, peretasan terjadi ketika ia sedang menyaksikan debat capres di Hotel Sultan, Jakarta, pada Sabtu, 13 April 2019.

Mahfud mengatakan telah berkomunikasi dengan mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, yang juga menjadi korban peretasan di saat yang sama. Mahfud mengatakan pengikut twitter Dahlan yang awalnya sekitar 2,2 juta pengikut, mendadak hilang pasca-peretasan itu.

"Enggak ada lagi follower-nya sesudah diretas beberapa waktu lalu. Saya baru bertemu dengan Dahlan Iskan mendiskusikan itu," kata Mahfud.

Said Didu sebelumnya mengungkapkan bahwa dirinya enggan melaporkan masalah ini kepada polisi. Ia khawatir kebebasannya menggunakan media sosial akan terbatas jika peretasan itu dilaporkan.

Saat ini, baik Twitter maupun Facebook pribadi Said Didu telah kembali. Said Didu mengklaim, akun media sosialnya itu biasa digunakan untuk membuka kebohongan publik di setiap debat capres 2019.

Ia menduga, pengambilan alihan akun-akun media sosialnya bertujuan agar ia tidak bisa lagi membuka fakta-fakta tersebut. Sehingga, akun itu digunakan untuk memfitnah orang lain.


emoticon-2 Jempol

Saran kami juga begitu pak, takutnya kasus seperti Ratna Sarumpaet terulang lagi.... Kan sama tuh dia juga minta tidak lapor ke Polisi...
0
1.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan