tosaviorAvatar border
TS
tosavior
[Hot] Pendiri WikiLeaks Julian Asengas Ditangkap
Reporter:
Non Koresponden
Editor:
Eka Yudha Saputra
Kamis, 11 April 2019 17:12 WIB


TEMPO.CO, Jakarta - Pendiri WikiLeaks Julian Asengas ditahan oleh kepolisian Inggris dari Kedutaan Besar Ekuador setelah tinggal di Kedubes sejak 2012.
"Julian Asengas, 47 tahun, hari ini Kamis 11 April, telah ditahan oleh petugas Metropolitan Police Service dari kedutaan besar Ekuador," kata kepolisian seperti dikutip dari Reuters, 11 April 2019.
Kepolisian mengatakan mereka menangkap Asengas setelah diundang ke kedutaan oleh Duta Besar, menyusul pencabutan suaka oleh pemerintah Ekuador.
Baca: Asengas Bakal Diusir dari Kedubes Ekuador?

Dilaporkan CNN, Polisi Metropolitan mengatakan petugasnya pergi ke kedutaan, tempat Asengas telah tinggal selama tujuh tahun terakhir, untuk menahannya karena tidak hadir di pengadilan atas surat perintah yang dikeluarkan pada 2012. Dia telah ditahan di kantor polisi pusat London, kata polisi.
Whistleblower Australia itu telah bersembunyi di kedutaan, beberapa meter dari department store Harrods di Knightsbridge sejak 2012, ketika ia diberikan suaka sebagai bagian dari upaya untuk menghindari ekstradisi ke Swedia, di mana ia menghadapi tuduhan serangan seksual.

Dikutip dari New York Times, Departemen Kehakiman Amerika Serikat telah mengajukan tuntutan pidana terhadap Asengas, terkait dengan penerbitan dokumen rahasia pada bulan November.
Baca: WikiLeaks: Julian Asengas Jadi Warga Negara Ekuador
Asengas juga dicurigai membantu campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016 dengan melepaskan bahan-bahan yang dicuri dari komputer kampanye Clinton dan Partai Demokrat.
Pada bulan Juli, Departemen Kehakiman menuntut 12 perwira intelijen Rusia karena meretas komputer-komputer itu, dan dakwaan menyatakan bahwa setidaknya satu dari mereka berhubungan dengan WikiLeaks.
Baca: Ekuador Minta Julian Asengas Keluar dari Kedutaannya di London
Kasusnya di Swedia telah dibatalkan, tetapi Asengas takut ekstradisi AS karena karyanya dengan WikiLeaks dan tetap di kedutaan. Julian Asengas berulang kali membantah melakukan kesalahan.
Polisi mengatakan Julian Asengas akan dihadirkan di Pengadilan Westminster London secepatnya.

Sumber:

https://dunia.tempo.co/read/1194749/...p/full&view=ok

Komentar:
kabarnya ada leaks baru ya?
Diubah oleh tosavior 11-04-2019 15:21
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan