alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Masih perlukah kita ke dokter ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb40ab1d439720cb91506e5/masih-perlukah-kita-ke-dokter

Masih perlukah kita ke dokter ?

Masih perlukah kita ke dokter ?
Kejadiannya baru-baru ini, anak TS sakit panas, pusing dan mual. Dan rencananya rada maleman mau nganter anak ke dokter.

Berhubung perjalanan pulang ngelewati salah satu apotek, mampirlah TS ke apotek buat beli vitamin.

Nah, pas di situ kebetulan ada apotekernya, jadi sekalian aja nanya obat apa yang cocok sesuai umur anak berikut gejala-gejalanya (sama persis kalo kita ngejelasin ke dokter anak) 😎

Setelah ngobrol sebentar, apoteker itu menyarankan untuk minum 2 macam obat yakni untuk mual dan obat untuk panas/pusing (Paracetamol). Setelah diskusi sebentar dan dijelaskan cara pemakaiannya, langsung deh TS cus pulang.

Setelah di rumah, langsung ngasih obat yang sesuai dengan dosis dan aturan pakainya.

Besoknya, nanya ke anak mengenai kondisinya sebelum lanjut gawe lagi emoticon-Betty

Dari hal sederhana tersebut, TS bisa simpulkan..masih perlukah jasa seorang dokter kalau kita bisa berkonsultasi ke apoteker mengenai obat yang sesuai ?
Bukankah secara pendidikan, seorang apoteker lebih menguasai jenis obat maupun dampaknya ?

Nih, sumbernya :
https://www.alodokter.com/ini-yang-p...tugas-apoteker

Yang menarik dari artikel tersebut, ditulis pula :
"Apoteker juga bisa membantu menyarankan apakah Anda perlu bertemu dokter, mencarikan berbagai pilihan obat, serta memberitahu tentang efek samping dari setiap obat."

Jadi masih perlukah kita ke dokter bila kita bisa berkonsultasi ke apoteker dahulu selama apoteker tersebut bertindak tidak menyalahi aturan dengan memberikan obat keras yang diminta pasien tanpa melalui resep dokter ?

Bagi yang berprofesi seorang dokter, TS mohon maaf kalo artikel ini menutup rejekinya. TS yakin bahwa rejeki sudah ada yang ngatur (loh, kok TS malah ceramah rohani 😭)

Semoga artikel ini bisa menjadi renungan kita bersama, terutama mengurangi budget untuk konsultasi ke dokter di jaman yang serba sulit ini emoticon-Hammer2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Gw subscribe blog tentang kesehatan keluarga.
Bisa dapet info yang bermanfaat, termasuk pertolongan pertama kalo ada anggota keluarga sakit.

Ke dokter kalo sudah 3 hari belum menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.
Diubah oleh junaedi1982new


Quote:

Resikonya cukup tinggi, Gan kalo cuma mengandalkan info kesehatan apalagi kalo panas tinggi pada anak. Kuatir anak bakalan step seperti kejang, bahkan pingsan emoticon-Turut Berduka
Quote:


Punya anak terutama balita, yang namanya Paracetamol, Ibuprofen, Thermometer sama bye bye fever harus selalu tersedia di kotak obat.

Parah orang tuanya kalo anak panas, apalagi sampai kejang/step dan gak tau mesti ngapain.
emoticon-Hammer2


Quote:


Suka was-was kalo anak panas..dibawa ke dokter biasanya disuruh nunggu 3 hari. Kalo anaknya masih tetep panas, disuruh cek darah. Lah, itu selama nunggu 3 hari..kalo panasnya masih tinggi ngak turun-turun, dan anaknya step, siapa coba yang tanggung jawab emoticon-Cape deeehh
Gini, pada dasarnya semua tenaga kesehatan dibekali ilmu tentang penyakit. walau tidak terlalu spesifik seperti dokter. sama halnya kaya perawat. walau tugasnya memberikan asuhan keperawatan tapi mereka dibekali ilmu ke-farmasian walau tidak sepesifik yang para apoteker pelajari. sekedar hanya tau saja dasar-dasarnya...
misal agan tanya sama ane obat apa yang harus diberikan ketika anak agan demam. ane bisa memberikan arahan obat apa yang harus agan berikan tapi dengan catatan jika demam tidak turun harus ke dokter. jadi dokter itu ilmunya Lebih spesifik dan jangkauan ilmu kesehatan mendalam.

intinya sudah ada porsinya masing-masing tingakatan pengetahuan kesehatan itu ...

jadi kalo agan bilang masih perlu kah dokter? ane akan jawab YA. karena obat saja biasa ada catatan "Jika sakit berlanjut hubungi dokter" bukan disuruh hubungin apotekeremoticon-Wowcantik


Quote:


emoticon-Ngakak
Quote:


Oke
Jadi, kalau ada orang yg butuh asuhan keperawatan bisa datangin perawat? emoticon-Amazed


Quote:


emoticon-Ngakak
Pertolongan pertama jika demam ya dikasih paracetamol dulu gan, kalau untuk anak ane cocoknya s*nmol atau pra*ion dan banyakin minum air putih, kalau dalam 3 hari demam nggak turun baru dibawa ke dokter, biasanya suruh cek darah. Kalau disertai gejala lain misal batuk/pilek biasanya ane bawa ke dokter juga kalau udah 4-7 harian untuk kasih kesempatan antibodynya melawan si virus.


Quote:


Setuju, Gan..jadi ngak usah langsung ke dokter emoticon-Shakehand2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di