NoMemberAvatar border
TS
NoMember
Yuk mengenal pekerjaan yang namanya "Criminal Profiler"
Selamat pagi, siang, sore, malem buat semuanya emoticon-Big Grin



Buat para pecinta drama kriminal (Criminal Minds, Signal, Voice, Tunnel, dsb) atau yang punya background hukum pasti udah ga asing lagi sama yang namanya Criminal Profiling. Apa jangan-jangan ga tau juga? emoticon-Big Grin

Singkatnya, criminal profiling itu adalah salah satu jenis pendekatandalam penyelidikan kasus kejahatan. Yang wajib dipahami dan tujuan dari criminal profiling adalah BUKAN untuk MENYIMPULKAN dengan pasti siapa sebenarnya pelaku kejahatan, tapi untuk MENYEMPITKAN kemungkinan tersangka dengan cara membuat sebuah deskripsi mengenai CIRI-CIRI KEPRIBADIAN dan PERILAKU si pelaku.

Criminal Profiling digunakan untuk menyelidiki jenis kejahatan, baik tunggal maupun serial. Criminal profiling juga –ternyata- diakui sebagai sebuah seni dalam penyelidikan karena kedalaman dan keakuratannya pada hal detail.

Di dalam Criminal Profiling, tidak ada istilah pelaku atau tersangka, melainkan UNSUB atau UNKNOWN SUBJECT. Maka dari itu, menyusun criminal profile sangat penting. Karna, kalau seorang Profiler salah memberikan deskripsi tersangka, penyelidikan juga akan sia-sia. Semua bakal ga berguna, karna salah sasaran. Penyidik salah tangkep, tersangka bakal ketawa di luar sana emoticon-Big Grin

Udah mulai paham tentang pekerjaan Criminal Profiling?
Kalo udah, oke lanjut ke Criminal Profilernya ya.


Spoiler for Apa itu Criminal Profiling?:



Udah jelas, kan? Pasti jelas, dong.
Sekarang, kita lanjut tentang cara yang dilakukan untuk membentuk profil pelaku.


Spoiler for Pendekatan apa saja yang ada di Criminal Profiling?:



Terakhir, yang perlu diperhatikan dalam membuat profiling case adalah:

1. Kondisi Pelaku (UNKNOWN SUBJECT)
Seperti apa dia, apa kebiasaannya, gangguan psikologis apa yang mungkin dia terima, bagaimana sifatnya, dsb. Selalu buat profile pelaku dari awal.

2. Karakteristik Korban
Buatlah deskripsi yang detail tentang korban. Pastikan bahwa para korban memang memiliki suatu kesamaan walau samar. Karena bila tidak ada kesamaan sama sekali, maka kemungkinan besar case yang dibuat akan gagal.
Contohnya nih ya, pelaku membunuh korban karna ras dari BLABLA, ya buatlah semua korban dari pelaku tuh merupakan ras BLABLA. Kalo korbannya dari ras BLEBLE, ya berarti salah dong.

3. Modus Operandi/cara si pelaku melakukan kejahatan
Jelaskan detail dan tahap bagaimana sipelaku melakukan kejahatannya. Ingat bahwa MO bisa saja berevolusi, jadi kalian bisa membuat pelaku melakukan kejahatannya dengan cara yang berbeda. Imajinasi seorang Profiler bakal dipake di sini.

4. Signature
Pastikan ada satu hal yang sama pada setiap TKP. Mau itu cara membunuh, barang yang ditinggalkan/diambil, dsb. Karena ini adalah garis penghubung antara satu kejadian dengan kejadian lain. Kalau tidak ada signature, maka pelakunya bisa dipastikan bukan pembunuh berantai.

5. Trigger
Selalu sediakan pada profile yang anda buat mengenai pemicu atau alasan si pelaku mulai melakukan kejahatannya. Contohnya, pemicu pelaku membunuh korban karna kesal ditolak cintanya.

6. TKP
Setiap detail di TKP, mulai dari benda hingga posisi korban mencerminkan kepribadian pelaku di TKP dan bagaimana dia berperilaku. Pastikan TKP kalian sangat detail dan berhubungan baik antar TKP atau intra TKP.

====================================================================

Akhirnya selesai juga ngejelasinnya.
Apa agan/sista tertarik untuk jadi Criminal Profiler? emoticon-Big Grin

Source :
https://psikologiforensik.com/2013/0...gical-autopsy/
https://www.facebook.com/notes/commu...3750753727726/
http://detektifpedia.blogspot.com/20...profiling.html
dari pengalaman nonton drama emoticon-Leh Uga
14
18.1K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan