gubrakburgerAvatar border
TS
gubrakburger
Yang Perlu Agan Ketahui Mengenai Battery Vape!
halo agan2. ane mau sharing dikit soal batre vape (18650, 20700, 21700, 26650, dll) yang tujuannya biar agan bisa lebih bijak dalam memilih batre, apalagi yang memakai mod mecha. tujuannya adalah untuk mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, misalnya batre kebakar atau meledak.
Ane sendiri baru terjun di dunia ini beberapa bulan, tapi kadang browsing-browsing jadi ga kudet-kudet amet.

untuk bisa mengerti postingan ini lebih lanjut, alangkah baiknya anda mengerti terlebih dahulu mengenai ohm's law. apa hubungannya ohm dengan watt, ampere, dan voltage.

jadi gini. batre vape, misalnya ukuran 18650 itu ada yang namanya mah sama ampere.
makin besar mah, makin kecil amperenya, juga sebaliknya. makin besar ampere, makin kecil mahnya.

batre 18650 dengan kapasitas 3000 mah, biasanya punya 20 ampere CDR (Continuous Drain Rate). batre 2500 mah, biasanya punya 25 ampere CDR. jadi yang namanya batre ukuran 18650 dengan 3000 mah 40 ampere CDR itu belum ada teknologinya. kalo ada pun, bisa jadi batre tersebut nipu, datang dari masa depan yang teknologinya lebih canggih, atau, dari alam semesta paralel.

nah terus, biasanya di batre agan suka ditulis "3000 mah max 40a" kan? max 40a itu bukanlah continuous drain rate, tapi PDR atau Pulse Discharge Rate.
bedanya adalah:
CDR itu ibaratnya seseorang bisa lari marathon berapa lama. anggaplah orang tersebut bisa lari stabil selama 20km/jam selama 1 jam sebelum akhirnya kehabisan tenaga untuk lari.
kalau PDR itu ibaratnya kecepatan maksimum seseorang untuk lari cepat jarak pendek/sprinting. misalnya, dia bisa lari 40km/jam selama 1 menit.

nah jadi kalau orang tersebut dipaksa lari 40km/jam selama 1 jam, bisa jadi dia keburu letih sebelum sampai garis finish, atau bahkan bisa pingsan di tengah jalan, sama halnya seperti batre.

sekian informasi dari saya, apabila ada yang salah, semoga para senior-senior vaper yang lebih berpengalaman dapat menambahkan dan mengoreksi.

untuk tabel batre2 yang rekomended dan aman:
Spoiler for battery safety grade:


Spoiler for battery safety ratings:


Spoiler for mooch's recommended batteries:


Spoiler for mooch's battery law:
Diubah oleh gubrakburger 17-10-2017 07:15
agamay25
Soveart
tata604
tata604 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
67.4K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan