veedeeAvatar border
TS
veedee
Sharing habis operasi ambeien/ wasir dengan metode Safute
Disclaimer:
* Tulisan ini hanya untuk sharing pengalaman ane dioperasi wasir/ ambeien dengan metode Safute, agar agan agan yang terkena ambeien/ wasir mempunyai wawasan tentang tindakan terhadap penyakit ambeien.
* Ane tidak ada hubungan apapun dengan klinik wasir safute selain hubungan antara klinik (dokter, perawat) dan pasien.

Assalamualaikum.
Sudah beberapa tahun ane kena wasir/ ambeien gan, selama itu ane masih bisa nahan karena biasanya kalo kumat ane obatin pake obat yg dimasukkan ke anus dan selang beberapa jam sudah enakan lagi. Tapi sepuluh hari terakhir ini agak parah gan wasir ane sakit + ada dua benjolan di deket anus menjadikan gak nyaman juga buat duduk, padahal ane punya kerjaan yang menuntut banyak duduk juga gan, jadinya ane manteb utk menghilangkan wasir tersebut selamanya.
Dari dulu ane memang sudah sangat tertarik dengan operasi wasir dengan metode Safute, yang konon katanya dengan metode ini sakit, nyeri dan pendarahannya bisa ditekan minimal. Cuman kendalanya (waktu itu) dokter praktek dengan metode tersebut hanya ada di jakarta (dr. Panji) sedangkan ane tinggal di Wates Yogyakarta gan, tentunya akan repot jika harus ke jakarta.
Tapi ternyata setelah browsing intensif, di jogja juga sudah ada gan, tempatnya di Pringwulung yogyakarta.
Jadilah ane membulatkan niat untuk operasi dengan cara tersebut, di Pringwulung Yogya.

Singkat kata, ane udah daftar untuk konsultasi wasir gan, dokternya bernama dr. Yunada (gelarnya ga apal gan), dan ane segera meluncur ke tekape, bersama istri.

Di tekape Sabtu tgl 28/04/2018 sekitar jam 16-17 WIB (nggak lihat jam).
Pertama ane dipanggil perawatnya gan, trus masuk ngadep dokternya. Kemudian ditanya tanya ama dokternya seputar keluhan ane.
Setelah itu ane diperiksa ama dokternya, disuruh tiduran, lepas celana panjang kemudian CD diturunin sampe sebatas dengkul, ane disuruh posisi miring ngadep tembok (mleding, bhs jawa). Dokter ama perawatnya meriksa di belakang ane, istri agak jauhan duduk di kursi juga ngelihat dan diterangin ama dokternya tentang kondisi 'belakang' ane.
Setelah diperiksa ane kemudian diterangkan oleh dokternya, apa yang terlihat diluar, bahwa ada dua benjolan di deket anus dan kemungkinan ada wasir di dalam juga. Dibilang kemungkinan karena pemeriksaan detail susah dilakukan karena (mungkin) akan menyakitkan pasien gan. Dokter sih bilang kalo mau diambil tindakan (operasi) bisa dilakukan saat itu juga, tapi kalo nggak juga gpp. Ane sendiri sudah manteb dari rumah mau operasi akhirnya ane bilang operasi saja.

Pra tindakan:
Menyelesaikan urusan administrasi, kemudian briefing sebentar tentang apa yang terjadi saat operasi dan apa yang harus dilakukan dan yang tak boleh dilakukan pasca operasi.

Tindakan:
Disuruh berbaring miring seperti pada saat diperiksa, kemudian ane dibius biar tidur gan, dengan cara disuntik di punggung tangan. Kemudian daerah sekitar anus pun di anestesi (ane gak kerasa pada saat anestesi di sekitar anus tetapi pada pra operasi sudah diterangkan).
Saat tindakan tidak terasa apapun karena ane tidur, bangun bangun tindakan sudah selesai tapi posisi perawat masih di belakang ane, mungkin lagi nyelesain tindakan.
Dokter sudah duduk di kursinya, sambil cerita cerita sama perawatnya.
Oh ya selama operasi, istri ane juga nungguin dan ngeliat prosesnya gan.

Pasca tindakan:
Ane turun dari bed operasi, kemudian jalan ke arah kamar istirahat/ pemulihan (ane lupa jalan sendiri atau dituntun), kemudian di kamar istirahat masih ngelanjutin baring baring karena masih terasa agak ngantuk efek bius.
Sekitar jam 17.30 WIB ane paksain untuk melawan ngantuk karena ane yakin semakin lama baring di situ efek anestesi di anus akan semakin berkurang dan anus akan normal kembali yang artinya akan terasa sakit. Saat itu juga ane + istri pamitan pulang sambil diwanti wanti kalo ngantuk di jalan diminta menepi untuk istirahat.

Nyetir pulang ke rumah:
Oke, akhirnya ane nyetir pulang ke rumah (jarak sekitar 40 km an) tidak ada kendala ngantuk di jalan gan, kendalanya hanya laper karena ane terakhir kemasukan karbohidrat jam 11.00 siang tadi. Akhirnya ane mampir swalayan dan istri turun beli roti buat ganjal perut dimakan sambil jalan. Habis itu mampir masjid buat sholat Maghrib gan, dan emang benar tebakan ane, anestesi sudah mulai menghilang dari anus, sehingga anus mulai terasa panas dan cenut cenut.
Singkat kata sekitar 1 jam ane dah sampe rumah, mampir ke rumah mertua karena anak anak ane titipin di situ dan kemudian pulang.

Malam pasca operasi (28/04/2018)
Sempat agak nervous karena lama sekali nggak ngerasa kebelet pipis gan, cuman ane jadi ingat bahwa setelah operasi tadi ane sempat pipis di klinik sebelum pulang, jadi ane yakin gak akan ada masalah dengan pipis (soalnya sempat baca baca ada yang kesulitan pipis pasca operasi gan).
Anus tambah panas dan cenut cenut, dah gitu istri ane yang tadi diterangin timing minum obatnya lupa lagi, mulai minum obatnya malam itu atau besoknya. Untung ane punya no WA nya mbak e yang di klinik, jadinya ane tanyain kapan mulai minum obatnya, dan jawabnya 'malam ini'. Okelah, akhirnya ane minum obatnya dan berangsur angsur panas dan cenut cenutnya hilang gan.
Untuk malam pertama ini yang dominan masih rasa panas dan cenut cenut, sedikit sekali rasa nyeri, tetapi obat anti nyeri sungguh sangat membantu.
Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 3
Nyeri = 1

Hari pertama (29/04/2018).
Hari minggu gan, istri sama anak ane yg kedua pergi piknik ke semarang dan ane ditinggal di rumah ditemani anak pertama ane, umur 11 tahun.
Pagi jam 07 anak ane beli soto dibungkus, trus ane makan soto dan minum obat. Rasa di bawah sana masih standar gan, ga sakit banget.. masih seperti semalam, tapi nyerinya agak nambah dan panasnya berkurang.
Masalah pipis sudah solved, semalam bisa pipis dan pagi tadi pun bisa.
Sholat juga bisa melakukan gerakan sempurna sholat tanpa keluhan, jalan, duduk, rebahan, bisa semua tanpa masalah.
Agak siang panggilan alam ke belakang terasa, stress juga mengingat pasti sakit sekali karena ada luka 'disitu'. Tapi yaudah karena udah kebelet banget, dudukin aja di kloset (ane ga biasa pake kloset duduk tapi diwanti wanti menggunakan kloset duduk pasca operasi, jadinya pake kloset duduk).. diluar dugaan, ternyata minimal sekali rasa sakit di b*ol pertama pasca operasi ini (sakit sih sakit, tapi tidak seperti yang dibayangkan).
Jadi plong gan, urusan pipis dan b*ol tanpa masalah. Setelah b*ol ane obatin lukanya gan, pake betadine dan salep kemudian ane rendam anus ane di air es, pake semacam ember kecil yg dapet dari klinik.
Siangnya udah bisa jamaah dhuhur di masjid deket ane yg jaraknya sekitar 200 meteran, jalan kaki gan.
Sampe malam tidak ada masalah juga.
Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 2
Nyeri = 2

Hari kedua (30/04/2018)
Rasa panas dan cenut cenut perlahan digantikan rasa nyeri gan.
Obat jalan terus, mbungkusin barang buat kirim kirim juga bisa dilakukan pelan pelan (ane jualan online gan), pipis dan b*ol sudah normal walaupun setelahnya meninggalkan rasa nyeri yang agak dahsyat.
Saat sholat ashar nyobain ke masjid naik motor, aduh nggak banget deh, masih nyeri dan linu apalagi pas kena jalan yang bolong bolong.. berarti belum nyaman naik motor.
Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 2
Nyeri = 3

Hari ketiga (01/05/2018).
Sempat salah skenario di pagi ini, karena telanjur kebelet b*ol sebelum minum obat nyeri, jadinya nyeri banget setelah b*ol. Tapi habis b*ol ane makan trus minum obat nyeri gan, jadi agak tertolong.

Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 1
Nyeri = 4

Hari keempat (02/05/2018)
Hadeeeh salah skenario lagi, belum makan belum minum obat sudah kebelet b*ol lagi.. hasilnya nyeri plus linu nya menjadi.
Habis b*ol baru makan dikit + minum obat nyeri, agak tertolong.
Hari keempat ini nyeri nya agak lebih meningkat. Trus darah juga masih ada, masih pake pembalut juga.

Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 1 (hanya saat setelah b*ol saja).
Nyeri = 5


Hari kelima (03/05/2018)
Tumben perasaan dulu biasanya b*ol cuman sehari sekali, kok pasca operasi malah jadi sehari dua kali.
Mana obat antu nyeri yg satu nya udah habis lagi (obat nyerinya dikasih dua macam gan, yg satu kecil coklat, satu lagi agak besar).
Hari ini dua kali juga b*ol nya, nyeri nya juga tambah kerasa.. mungkin karena efek radang juga. Sampe saat ini masih pake pembalut gan, dan ada bekas merah merah nya di pembalut walau tidak begitu banyak.

Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 1 (hanya saat setelah b*ol saja).
Nyeri = 6

Hari keenam (04/05/2018)
Masih b*ol dua kali juga pagi dan siang ini, masih nyut nyutan dengan skala sama dengan kemarin.

Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 1 (hanya saat setelah b*ol saja).
Nyeri = 6

Hari ke tujuh (05/05/2018).
Obat habis semua, tinggal pereda nyeri saja yg masih ada, hari ini jadwal kontrol.
Pagi udah b*ol dua kali juga, dengan rasa yang mulai menurun dibanding hari sebelumnya.
Siang berangkat kontrol, jam 16 an masuk ke ruang dokter, ditanya tanya sebentar trus cek ke tekape, cek luka nya "Bagus kok", kata dokter.. tapi setelah itu anus ane dicolok pake jari nya dokter... ADUUUH.. rasanya melebihi sakit pasca operasi, walaupun setelah dokter bilang anus normal (tidak ada penyempitan), agak terobati sedikit.. Setelah kontrol, pulang setir sendiri .. tapi rasa bekas dicolok pak dokternya belum hilang, masih sangat nyeri.. akhirnya ga kuat, di jalan ane minum obat anti nyeri yg barusan dikasih ama dokter.
Sampe rumah masih sangat nyeri, tapi kemudian malah b*ol lagi, hadeeh baru akhirnya efek obat bekerja.. agak mendingan.

Untuk skala sakit (skala 1-10).
Panas + cenut cenut = 1 (hanya saat setelah b*ol saja).
Nyeri = 5
(Tapi pasca dicolok dokter bisa skala 6-7 an)

Hari ke delapan (06/05/2018)
Hari ini belum b*ol, rasanya sangat nyaman sekali sampe siang ini (jam 14.00).

Skip.. skip.
Di minggu kedua ini masih pake pembalut dan minum obat anti nyeri.
Trus hari sabtu (12/05/18) kontrol lagi, ama dokternya dicolok lagi untuk dimasukin obat anti nyeri, tapi kali ini gak begitu sakit.

Masuk minggu ketiga (13/05/18)
Kebetulan udah masuk puasa juga, obat udah habis semua, tinggal obat salep oles.
Trus masih pake pembalut juga karena cairan radang masih keluar dari bekas operasi.
Darah sudah ga ada, beol udah ga nyeri (skala nyeri 1), aktivitas udah mulai normal, tapi tahan dulu.. jangan angkat angkat berat dulu.

Masuk minggu keempat (20/05/18)
Udah sebulan aja, udah sangat lebih enak tapi tetap harus jaga pola makan, perbanyak buah dan dua hari sekali sebelum tidur ane minum obat pelunak feses.
Di bekas operasi masih keluar cairan radang terutama sehabis b*ol, trus bekas operasi juga kadang gatel hehehe mungkin karena proses sembuh.

Bersambung ya gan..
Diubah oleh veedee 28-05-2018 03:38
anaherlinda123
tien212700
tien212700 dan anaherlinda123 memberi reputasi
5
42.2K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan