KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Bikin Galau dan Baperan, Cuma 6 – 8 Partai Saja yang Bakal Menduduki Kursi DPR RI

Pemilu tinggal menghitung hari. Sebagian orang mulai berdebar-debar karena telah berjuang lahir batin untuk kesuksesan pesta demokrasi rakyat Indonesia tersebut. Terutama para caleg. Sejak tahun lalu mereka sudah mempersiapkan segala hal agar dipilih rakyat. Tanggal 17 April 2019 nanti penentuannya.
 
Beberapa lembaga telah melakukan survei terkait tingkat keterpilihan atau ketertarikan publik dalam memilih (elektabilitas) partai politik pada pemilu 2019. Mereka menggunakan metode survei ilmiah yang bisa dipertanggung jawabkan. Biasanya hasil survei mendekati ketercapaian sebenarnya.
 
Partai manakah yang paling banyak dipercaya masyarakat Indonesia untuk menjadi wakil mereka? Berikut hasil survei dari CSIS, Indikator, Charta Politika Indonesia, dan LSI.  
 
Centre for Strategic and International Studies (CSIS) melakukan survei pada 15-22 Maret 2019 di 34 Provinsi Indonesia. Jumlah sampel 1.960. Besaran margin of error sekitar 2,21% pada tingkat kepercayaan 95%. Berikut hasil survei yang menunjukkan elektabilitas partai politik pada Pemilu 17 April 2019 nanti. 

Quote:


Survei dari lembaga bernama Indikator juga menempatkan PDIP di posisi teratas. Survei tersebut berlangsung pada 22-29 Maret 2019. Sampel sebanyak 1.220 orang WNI yang memiliki hak pilih. Sampel ditetapkan dengan cara multistage random sampling. Margin of errorsekitar 2,9%, tingkat kepercayaan 95%. Berikut hasilnya.

Quote:

 
Lembaga lain yaitu Charta Politika Indonesia pun mempublikasikan hasil survei Pemilihan Legislatif 2019. Survei dilakukan pada rentang waktu 19 - 25 Maret 2019 secara langsung melalui tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur di 34 provinsi Indonesia. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error sebesar 2,19% dan tingkat kepercayaan 95%. Hasilnya sebagai berikut.

Quote:

Hasil survei yang diperoleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) juga mirip dengan tiga lembaga sebelumnya. Survei LSI dilakukan pada 18 Maret sampai 26 Maret 2019. Metode pengambilan sampel multistage random sampling. Total responden 1200 yang memiliki hak pilih dengan model pengambilan data wawancara tatap muka. Margin of errorsekitar 2,8%.
 
PDIP masih menempati posisi teratas diikuti oleh Gerindra, dan Golkar. Partai Demokrat dan PKB berada di urutan selanjutnya. Persentase lengkapnya sebagai berikut.
 
Quote:

Terkait dengan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold(PT) sebesar 4% untuk menduduki kursi DPR RI, kurang dari setengah total jumlah partai peserta pemilu yang partai yang akan melenggang ke Senayan Jakarta. Suara partai yang kurang dari 4% akan dinyatakan hangus. Namun hal itu hanya berlaku untuk DPR RI saja. Tidak berlaku untuk caleg DPRD di provinsi dan kabupaten/kota.
 

Sebagian orang percaya, ada pula yang tidak percaya dengan hasil survei lembaga. Bagaimana dengan Agan dan Sista, percaya nggak dengan hasil survei di atas? Apakah partai pilihan Agan dan Sista berhasil melaju ke Senayan? Semoga nanti nggak jadi galau dan baperan apabila partai politiknya gagal ke Senayan, ya.




Sumber tulisan dan foto
Sumber karikatur














Diubah oleh Kokonata 09-04-2019 04:54
0
1.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan