Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jepanghebatAvatar border
TS
jepanghebat
Jokowi: Indonesia Negara Besar, Masa Urusan Ekspor Kalah Sama Tetangga
Solo - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Sragen menemui para pelaku usaha pertanian. Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta salah seorang warga maju ke atas panggung untuk berdialog.

Awalnya Jokowi meminta warga yang memiliki tempat penggilingan padi untuk naik ke atas panggung. Beberapa orang terlihat ingin maju ke depan.

"Gadah (punya) penggilingan? Oke maju sini. Satu saja, jangan dua, satu cukup," kata Jokowi di GOR Diponegoro, Sragen.

Jokowi lalu berdialog dengan pemilik penggilingan padi di Jenar, Sragen, Endang. Beberapa orang lain juga dipanggil untuk mewakili penjual pupuk dan petani.

Dalam dialog itu, Jokowi menyampaikan pentingnya modernisasi peralatan pertanian. Presiden tidak mau kalah dengan negara-negara tetangga.

Jokowi mengajak pemilik penggilingan padi tidak lagi menjemur padi di jalan dan pelataran. Tempat penggilingan padi harus memiliki mesin pengering.

"Ini sudah bertahun-tahun masa akan kita terus-teruskan. Setuju mboten? Yang setuju tunjuk jari," kata Jokowi disambut para peserta yang mengacungkan jari telunjuk.

Jokowi kemudian juga mewacanakan agar setiap tempat penggilingan padi memiliki alat pengemasan. Setiap daerah bisa membuat kemasan dan merek beras sendiri.

"Di kecamatan apa diberi merek apa, di kecamatan lain diberi merek apa. Setiap penggilingan punya mesin pengemasan, setuju mboten? Yang setuju tunjuk jari," tanya Jokowi yang kembali disambut acungan jari telunjuk para peserta.

Jokowi mengaku tidak ingin tertinggal dengan negara-negara tetangga di bidang pertanian dan bidang lainnya. Dia mengajak petani meninggalkan pola-pola lama.

"Kita ini negara besar, masa kita kalah dengan tetangga kita urusan ekspor, urusan investasi, kalah dengan Malaysia, kalah dengan Singapura, Filipina, kalah dengan Thailand, kalah dengan Vietnam. Kalau kita diam tidak mau mengubah, bisa kalah dengan Laos, kalah dengan Kamboja," tutupnya.

https://m.detik.com/finance/berita-e...-sama-tetangga

iki piye to pak, bapake presiden yo
1
1.5K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan