- Beranda
- Komunitas
- Regional
- Karesidenan Kediri
(share info & serba serbi) Otomotifnya Cah Kediri
TS
verrgiel
(share info & serba serbi) Otomotifnya Cah Kediri
share info dan serba serbi otomotif kaskuser regional karesidenan kediri
thread ini meliputi hal-hal otomotif milik kaskuser regional kediri
-variasi ( modifikasi )
-permesinan ( engine )
-info setiap merk2 kendaraan roda 2 / roda 4
thread ini meliputi hal-hal otomotif milik kaskuser regional kediri
-variasi ( modifikasi )
-permesinan ( engine )
-info setiap merk2 kendaraan roda 2 / roda 4
Quote:
dimohon untuk tidak ngejunk di thread ini
info :
Spoiler for info:
Quote:
Original Posted By GusRobert►Matur terengkiyu juragan, sudah dtunjukkan jalan yang lurus
semoga trit lebih rame karena meng global isasi
share pengalaman:
Barusan vario ane nabrak, setelah tanya sana sini, dengan pertimbangan bagus murah & ori, ketemu tempat ciamik:
1. kenteng P.Dar
Depan lap. burengan barat Rs baptis (aris motor kentengin kesini) betulin skok & T bengkok Rp 50rb (di Aries dibandrol Rp 90rb an)
2. Cat spet psng sticker
corekan gg hotel insumo ketimur mentok utara jln, spet 3 macam warna di 10 tempat motor, Rp. 40rb an, bisa nego, cocok buat blantik permak dagangan, biaya dikit, tampilan melejit
3. Sticker film
Banana sticker, skitar STM Uziel, pilihan & corak banyak, dulu murah, skrg smkin rame mulai agak mahal
4. spare part ori Honda (AHM)
selatan pasar Minggiran timur jalan depan ahass motor
lampu reflektor vario Rp 120rb(digalaxi Rp 145rb), bisa pesan cepat tanpa DP +- 1minggu datang ( di Aries motor harus DP 50%, +- 1 bln)
5. Happy motor
barat pasar grosir ngronggo utr jln, 1 set striping vario ada yg KW 1 Rp 55rb (ori +- Rp 150rb), spart part lumayan lengkap, harga bisa nego
semoga trit lebih rame karena meng global isasi
share pengalaman:
Barusan vario ane nabrak, setelah tanya sana sini, dengan pertimbangan bagus murah & ori, ketemu tempat ciamik:
1. kenteng P.Dar
Depan lap. burengan barat Rs baptis (aris motor kentengin kesini) betulin skok & T bengkok Rp 50rb (di Aries dibandrol Rp 90rb an)
2. Cat spet psng sticker
corekan gg hotel insumo ketimur mentok utara jln, spet 3 macam warna di 10 tempat motor, Rp. 40rb an, bisa nego, cocok buat blantik permak dagangan, biaya dikit, tampilan melejit
3. Sticker film
Banana sticker, skitar STM Uziel, pilihan & corak banyak, dulu murah, skrg smkin rame mulai agak mahal
4. spare part ori Honda (AHM)
selatan pasar Minggiran timur jalan depan ahass motor
lampu reflektor vario Rp 120rb(digalaxi Rp 145rb), bisa pesan cepat tanpa DP +- 1minggu datang ( di Aries motor harus DP 50%, +- 1 bln)
5. Happy motor
barat pasar grosir ngronggo utr jln, 1 set striping vario ada yg KW 1 Rp 55rb (ori +- Rp 150rb), spart part lumayan lengkap, harga bisa nego
Quote:
Original Posted By kayyanutz►kumat sepi ne
wingi pas mini gath sedikit disinggung tentang pemasangan AE dan projector lamp.kalau untuk AE tidak perlu merubah kelistrikan jadi tetap setia pada arus AC .
nah beda cerita lek arep gawe HID projector itu harus pake acara ganti aliran , yaitu dari AC menjadi DC (DisConect )
ok, sing pensaran tentang opo kui DC(fullwave) utowo pie carane ngrubah AC => DC, iki tak kuot soko postingane om gajah gendut monggo disimak:
wingi pas mini gath sedikit disinggung tentang pemasangan AE dan projector lamp.kalau untuk AE tidak perlu merubah kelistrikan jadi tetap setia pada arus AC .
nah beda cerita lek arep gawe HID projector itu harus pake acara ganti aliran , yaitu dari AC menjadi DC (DisConect )
ok, sing pensaran tentang opo kui DC(fullwave) utowo pie carane ngrubah AC => DC, iki tak kuot soko postingane om gajah gendut monggo disimak:
Spoiler for fullwave:
hmm.. ada pertanyaan lagi mengenai fullwave. sebenernya ane agak males buat jawab dan menjelaskan. soale udah ada tridnya sendiri di serba serbi kelistrikan ato di trit kiprok.
apa itu fullwave ? fullwave adalah menggunakan seluruh kemampuan generator (kl di motor stator alias spul sama magnet alias rotor), untuk menangani seluruh beban kelistrikan di kendaraan melalui bantuan regulator/rectifier alias kiprok dan aki.
jadi yang nyuplay listrik harusnya adalah dari spul dan kiprok, bukan dari aki.
dalam beberapa kondisi, putaran spul dan kiprok tidak mampu memberikan supply listrik yg diminta. sementara tugasnya akan diambil alih aki (jika V kiprok < V aki, gak ada pengisian, strum diambil dari aki). misal kondisi idle.
dg sistem pengisian/tenaga listrik fullwave ini, pengisian akan dilakukan terus menerus tiap putaran mesin. makanya ngisinya cepet banget dan gede pulsa arusnya. kalo sistem half wave, setengah lebih energi generator ente terbuang sia2 ke massa. jadi mending dipakai semua toh. wong ngangkat 90watt total aja masih mampu (meski aki std 5A).
kalo udah diubah fullwave, maka tinggal mindah semua beban lampu yg AC menjadi DC. pas kontak on, lampu ikutan melotot
yg suka pulang malem, ga perlu ngebut biar sinar lampu terang. ato gak perlu malem2 bikin brisik nyalain mesin biar ada penerangan pas mau ngambil kunci rumah di dalem tas
dan yg plg enak, ga perlu sering2 ganti bohlam
tegangan yg duterima bohlam relatif stabil. gak kayak pas sistem AC, terang redup berulang2 yg bikin filamen cepet gosong.
gak perlu ane jelasin teori panjang lebar, ini ane copas dari tulisan ane ndiri juga
ati2. BW Killer biar agak jelas.. .klik biar tambah gedeeeeeeeeeee.
cara bikin FW nya kayak gini,
1. siapkan kunci T8, lepas karter kiri dan soket2 kabel dari spul/pulser. Lepas solderan kawat ground sepul.
2. cari kabel seukuran 18/16 AWG dengan serabut tembaga warna perak/silver. jangan yg tembaga murni (gampang putus). kerik kawat ground yg barusan dilepas sampe mengkilat (kalo masih burem, isolatornya blm ilang). sambung kabel baru tsb (di gambar warna biru) dengan kawat yg dilepas, solder yg kuat. semua sambungan kabel dan kawat, harus diisolasi bakar/heatshrink, agar tidak leleh karena panas mesin.
3. usahakan kabel sambungan ini sangat rapat nempel di gulungan spul. kalo longgar, bisa2 lepas. kalo lepas doang ga masalah. kalo lepas, trus kena putaran magnet, alamat ancur kelistrikannya bisa juga agar nempel dilem pake lem gasket ato lem silikon hi temp. lem ini di bengkel bejibun, harganya murah.
4. tarik keluar karter kabel barunya (hrs bikin lobang kecil di karet firewall kabel, biar kabel baru bisa ikutan nongol). kabel baru harus ikut jalur kabel spul asli dalam karter. biar ikut dijepit dan gak kluar dari jalur.
5. lepas kabel kuning dari soket spul, tekuk dan isolasi yg rapat.
6. pasang karter kiri dan sambungkan kembali soket2 kabel.
7. lepas sikring(fuse), lepaskan soket kiprok dari kiprok, lepas kiproknya dan simpan baik2.
8. lepaskan skun/terminal dalam soket kiprok ori. ambil soket kiprok tiger, susun spt gambar 3. cari tempat buat naruh kiprok tigernya, usakahan nempel rapat ke rangka/chasis biar cepet adem.
9 pasang sikring. periksa kembali sambungan2, sesuaikan dengan wiring yg ane kasih. coba nyalain kontak dan lampu tanpa mesin nyala. kalo bisa lanjut langkah berikutnya.
10.nyalakan mesin, ukur tegangan aki di berbagai macam RPM dalam kondisi lampu nyala dan mati. catat perubahannya.
11. kalo tegangan aki pas mesin nyala dibawah 12.5 aki akan tekor. harusnya di RPM tinggi, tegangan aki mencapai <15V. boleh diatas 15V tapi jangan lebih dari 16V (ini beban max tegangan yg mampu diterima aki, diatas itu, sel2 akan rusak).
12. selesai.
aki yg ane pakai aki GS MF Calcium 5A bikinan AS*RA, udah ane pakai 4 tahun (2 minggu kemaren wafat setelah lama bertugas). selama ane pakai gak pernah tekor. juga pernah ane pake lampu tembak tambahan hella rally seri berapa yak.. lupa, pake bohlam 100W. ane pakai jalan2 selama kurang lebih 2 jam gak tekor juga akinya (kondisi lampu stdf 35/35W nyala, lampu senja+rem nyala, tambah lagi lampu tembaknya jg nyala ). electric starter masih jreng. padahal semua kelistrikan motor ane bikin full dc.
FAQ
Q : nah. itu bikin FW dengan menggunakan tiger sbg kiprok/regulatornya. kalo pake regulator ori punya thunder? vixion? RCP? merek aftermarket lain?
A: bisa.
Q: caranya?
A: tinggal pasang aja.
Q: kok gitu seh ane ga ngerti masangnya gimana.
A: jangan cengeng. sediain dulu part-nya baru tanya lagi jalur mana dipasang kemana dll.
Q: jd hrs ada part2nya dulu ?
A: yup. kelistrikan adalah ilmu fisika bukan kebatinan barangnya ada dulu, baru tanya yg ini dipasang kemana yg itu dipasang kemana. kalo ente ga ada barang tapi trus bertanya, ntar ane kasih jawaban mesti mrembet ke yg lain2, padahal ente liat barangnya aja lom pernah........
Q: pelit banget bagi2 ilmu.
A: justru ane plg ga bisa pelit ilmu. ane selalu berbagi, dg catatan yg mau dikasi ilmu niat bener buat belajar. bukan sekedar no action ask only kalo ente ga ane paksa belajar, ente gak akan pernah bisa. ane akan paksa ente untuk mengetahui part2nya, cara pasangnya, penjelasan mengapa begini dan begitunya belakangan. kalo penjelasan datang duluan, 90% hasilnya no action ask only banyakan minta matengan, ga mau berusaha dulu. ane pinginnya kita bisa maju bersama2, saling berbagi dan bisa menikmati hasil karya kita sendiri dg perasaan bangga. "wah... ternyata ane bisa juga bikin motor ane jadi lebih bagus dg tangan ane sendiri..."
sumber
apa itu fullwave ? fullwave adalah menggunakan seluruh kemampuan generator (kl di motor stator alias spul sama magnet alias rotor), untuk menangani seluruh beban kelistrikan di kendaraan melalui bantuan regulator/rectifier alias kiprok dan aki.
jadi yang nyuplay listrik harusnya adalah dari spul dan kiprok, bukan dari aki.
dalam beberapa kondisi, putaran spul dan kiprok tidak mampu memberikan supply listrik yg diminta. sementara tugasnya akan diambil alih aki (jika V kiprok < V aki, gak ada pengisian, strum diambil dari aki). misal kondisi idle.
dg sistem pengisian/tenaga listrik fullwave ini, pengisian akan dilakukan terus menerus tiap putaran mesin. makanya ngisinya cepet banget dan gede pulsa arusnya. kalo sistem half wave, setengah lebih energi generator ente terbuang sia2 ke massa. jadi mending dipakai semua toh. wong ngangkat 90watt total aja masih mampu (meski aki std 5A).
kalo udah diubah fullwave, maka tinggal mindah semua beban lampu yg AC menjadi DC. pas kontak on, lampu ikutan melotot
yg suka pulang malem, ga perlu ngebut biar sinar lampu terang. ato gak perlu malem2 bikin brisik nyalain mesin biar ada penerangan pas mau ngambil kunci rumah di dalem tas
dan yg plg enak, ga perlu sering2 ganti bohlam
tegangan yg duterima bohlam relatif stabil. gak kayak pas sistem AC, terang redup berulang2 yg bikin filamen cepet gosong.
gak perlu ane jelasin teori panjang lebar, ini ane copas dari tulisan ane ndiri juga
ati2. BW Killer biar agak jelas.. .klik biar tambah gedeeeeeeeeeee.
Spoiler for spull:
cara bikin FW nya kayak gini,
1. siapkan kunci T8, lepas karter kiri dan soket2 kabel dari spul/pulser. Lepas solderan kawat ground sepul.
2. cari kabel seukuran 18/16 AWG dengan serabut tembaga warna perak/silver. jangan yg tembaga murni (gampang putus). kerik kawat ground yg barusan dilepas sampe mengkilat (kalo masih burem, isolatornya blm ilang). sambung kabel baru tsb (di gambar warna biru) dengan kawat yg dilepas, solder yg kuat. semua sambungan kabel dan kawat, harus diisolasi bakar/heatshrink, agar tidak leleh karena panas mesin.
3. usahakan kabel sambungan ini sangat rapat nempel di gulungan spul. kalo longgar, bisa2 lepas. kalo lepas doang ga masalah. kalo lepas, trus kena putaran magnet, alamat ancur kelistrikannya bisa juga agar nempel dilem pake lem gasket ato lem silikon hi temp. lem ini di bengkel bejibun, harganya murah.
4. tarik keluar karter kabel barunya (hrs bikin lobang kecil di karet firewall kabel, biar kabel baru bisa ikutan nongol). kabel baru harus ikut jalur kabel spul asli dalam karter. biar ikut dijepit dan gak kluar dari jalur.
5. lepas kabel kuning dari soket spul, tekuk dan isolasi yg rapat.
6. pasang karter kiri dan sambungkan kembali soket2 kabel.
7. lepas sikring(fuse), lepaskan soket kiprok dari kiprok, lepas kiproknya dan simpan baik2.
8. lepaskan skun/terminal dalam soket kiprok ori. ambil soket kiprok tiger, susun spt gambar 3. cari tempat buat naruh kiprok tigernya, usakahan nempel rapat ke rangka/chasis biar cepet adem.
9 pasang sikring. periksa kembali sambungan2, sesuaikan dengan wiring yg ane kasih. coba nyalain kontak dan lampu tanpa mesin nyala. kalo bisa lanjut langkah berikutnya.
10.nyalakan mesin, ukur tegangan aki di berbagai macam RPM dalam kondisi lampu nyala dan mati. catat perubahannya.
11. kalo tegangan aki pas mesin nyala dibawah 12.5 aki akan tekor. harusnya di RPM tinggi, tegangan aki mencapai <15V. boleh diatas 15V tapi jangan lebih dari 16V (ini beban max tegangan yg mampu diterima aki, diatas itu, sel2 akan rusak).
12. selesai.
aki yg ane pakai aki GS MF Calcium 5A bikinan AS*RA, udah ane pakai 4 tahun (2 minggu kemaren wafat setelah lama bertugas). selama ane pakai gak pernah tekor. juga pernah ane pake lampu tembak tambahan hella rally seri berapa yak.. lupa, pake bohlam 100W. ane pakai jalan2 selama kurang lebih 2 jam gak tekor juga akinya (kondisi lampu stdf 35/35W nyala, lampu senja+rem nyala, tambah lagi lampu tembaknya jg nyala ). electric starter masih jreng. padahal semua kelistrikan motor ane bikin full dc.
FAQ
Q : nah. itu bikin FW dengan menggunakan tiger sbg kiprok/regulatornya. kalo pake regulator ori punya thunder? vixion? RCP? merek aftermarket lain?
A: bisa.
Q: caranya?
A: tinggal pasang aja.
Q: kok gitu seh ane ga ngerti masangnya gimana.
A: jangan cengeng. sediain dulu part-nya baru tanya lagi jalur mana dipasang kemana dll.
Q: jd hrs ada part2nya dulu ?
A: yup. kelistrikan adalah ilmu fisika bukan kebatinan barangnya ada dulu, baru tanya yg ini dipasang kemana yg itu dipasang kemana. kalo ente ga ada barang tapi trus bertanya, ntar ane kasih jawaban mesti mrembet ke yg lain2, padahal ente liat barangnya aja lom pernah........
Q: pelit banget bagi2 ilmu.
A: justru ane plg ga bisa pelit ilmu. ane selalu berbagi, dg catatan yg mau dikasi ilmu niat bener buat belajar. bukan sekedar no action ask only kalo ente ga ane paksa belajar, ente gak akan pernah bisa. ane akan paksa ente untuk mengetahui part2nya, cara pasangnya, penjelasan mengapa begini dan begitunya belakangan. kalo penjelasan datang duluan, 90% hasilnya no action ask only banyakan minta matengan, ga mau berusaha dulu. ane pinginnya kita bisa maju bersama2, saling berbagi dan bisa menikmati hasil karya kita sendiri dg perasaan bangga. "wah... ternyata ane bisa juga bikin motor ane jadi lebih bagus dg tangan ane sendiri..."
sumber
khadik dan 4 lainnya memberi reputasi
5
72.8K
Kutip
3K
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan