- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
(terbuka untuk umum) Isra Miraj dan teori relativitas (Perjalanan Waktu & Cahaya)
TS
rumondor
(terbuka untuk umum) Isra Miraj dan teori relativitas (Perjalanan Waktu & Cahaya)
Quote:
Quote:
sejarah islam mencatat peristiwa unik dan sulit dicerna akal, isra dan miraj. Secara istilah, isra berjalan di waktu malam hari, sedangkan miraj adalah alat (tangga) untuk naik. Isra mempunyai pengertian perjalanan nabi muhammad saw pada waktu malam hari dari masjid al haram mekkah ke masjid al aqsha palestina. Miraj adalah kelanjutan perjalanan nabi muhammad saw dari masjid al aqsha ke langit sampai di sidratul muntaha dan langit tertinggi tenpat nabi muhammad saw bertemu dengan allah swt. Isra miraj adalah kisah perjalanan nabi muhammad ke langit ke tujuh dalam waktu semalam. Prosesi sejarah perjalanan isra miraj nabi muhammad termaktub dalam qs. 17.al-isra :1 yang berbunyi
maha suci allah yang menjalankan hamba-nya pada suatu malam dari masjidil haram ke majidil aqsha yang kami berkahi sekelilingnya agar kami memperlihatkan kepadanya sebahagian tanda-tanda (kebesaran) kami. (qs. 17.al-isra :1)
dan tentang miraj allah menjelaskan dalam qs. An-najm:13-18:
dan sesungguhnya dia (nabi muhammad saw) telah melihat jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, di sidratul muntaha. Di dekat (sidratul muntaha) ada syurga tempat tinggal. (dia melihat jibril) ketika sidratul muntaha diliputi oleh suatu selubung. Penglihatannya tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) tuhannya yang paling besar. (qs. An-najm:13-18)
maha suci allah yang menjalankan hamba-nya pada suatu malam dari masjidil haram ke majidil aqsha yang kami berkahi sekelilingnya agar kami memperlihatkan kepadanya sebahagian tanda-tanda (kebesaran) kami. (qs. 17.al-isra :1)
dan tentang miraj allah menjelaskan dalam qs. An-najm:13-18:
dan sesungguhnya dia (nabi muhammad saw) telah melihat jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, di sidratul muntaha. Di dekat (sidratul muntaha) ada syurga tempat tinggal. (dia melihat jibril) ketika sidratul muntaha diliputi oleh suatu selubung. Penglihatannya tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) tuhannya yang paling besar. (qs. An-najm:13-18)
Quote:
rasulullah saw melihat secara langsung.
Allah ingin memperlihatkan sebagian tanda-tanda kebesaran-nya kepada rasulullah saw. Pada al quran surat an najm ayat 13 diatas, terdapat kata yaro dalam bahasa arab yang artinya menyaksikan langsung. Berbeda dengan kata syahida, yang berarti menyaksikan tapi tidak musti secara langsung. Allah memperlihatkan sebagian tanda-tanda kebesaran-nya itu secara langsung.
Mengenai pemahaman tentang isra miraj banyak kaum muslim yang masih memiliki perbedaan pandangan secara mendasar, yang terbagi dalam:
Pemahaman dgn beranggapan peristiwa isra miraj hanyalah sekedar perjalanan ruh, spiritual atau metaphor journey nabi muhammad saw tidak dengan jasad fisik. Pemahaman ini berpegang kepada surah al quran :
Qs. 17 al-isra : 60 tidak lain mimpi yang kami perlihatkan kepadamu adalah sebagai ujian bagi manusia
sebaliknya ada yang berpendapat, bahwa isra dari mekah ke baitl-maqdis itu dengan jasad atau physical journey. Sedang miraj ke langit adalah dengan ruh atau metaphor journey.
Pemahaman lain menyatakan bahwa isra miraj adalah perjalanan dengan jasad (fisik) dan dapat dijelaskan dalam ilmu yang dipahami manusia karena merupakan peristiwa nyata.
Allah ingin memperlihatkan sebagian tanda-tanda kebesaran-nya kepada rasulullah saw. Pada al quran surat an najm ayat 13 diatas, terdapat kata yaro dalam bahasa arab yang artinya menyaksikan langsung. Berbeda dengan kata syahida, yang berarti menyaksikan tapi tidak musti secara langsung. Allah memperlihatkan sebagian tanda-tanda kebesaran-nya itu secara langsung.
Mengenai pemahaman tentang isra miraj banyak kaum muslim yang masih memiliki perbedaan pandangan secara mendasar, yang terbagi dalam:
Pemahaman dgn beranggapan peristiwa isra miraj hanyalah sekedar perjalanan ruh, spiritual atau metaphor journey nabi muhammad saw tidak dengan jasad fisik. Pemahaman ini berpegang kepada surah al quran :
Qs. 17 al-isra : 60 tidak lain mimpi yang kami perlihatkan kepadamu adalah sebagai ujian bagi manusia
sebaliknya ada yang berpendapat, bahwa isra dari mekah ke baitl-maqdis itu dengan jasad atau physical journey. Sedang miraj ke langit adalah dengan ruh atau metaphor journey.
Pemahaman lain menyatakan bahwa isra miraj adalah perjalanan dengan jasad (fisik) dan dapat dijelaskan dalam ilmu yang dipahami manusia karena merupakan peristiwa nyata.
Quote:
pemahaman secara fisik (physical journey).
Isra`mi`raj, sebagai sebuah peristiwa metafisika (gaib), barangkali bukan sesuatu yang istimewa. Kebenarannya bukanlah sesuatu yang luarbiasa. Kebenaran metafisika adalah kebenaran naqliyah (: Dogmatis) yang tidak harus dibuktikan secara akal, namun lebih bersifat imani. Valid tidaknya kebenaran peristiwa metafisikasecara akal, bukanlah soal selagi ia diimani.
Didalam pemahan secara fisika banyak orang mempertanyakan ke-shahih-an isra` mi`raj; apakah mungkin manusia melakukan perjalanan sejauh itu hanya dalam waktu kurang dari semalam? . Kaum kafirpun telah menantang rasulullah seperti diberitakan dalam al quran dalam surat al-israa: 93.
atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca. Katakanlah: maha suci tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?
dan didalam hadith
ketika orang-orang quraisy tak mempercayai saya (kata nabi saw), saya berdiri di hijr (menjawab berbagai pertanyaan mereka). Lalu allah menampakkan kepada saya baitul maqdis, saya dapatkan apa yang saya inginkan dan saya jelaskan kepada mereka tanda-tandanya, saya memperhatikannya . (hr. Bukhari, muslim, dan lainnya).
Dan banyak hadith hadith lainnya.
Isra`mi`raj, sebagai sebuah peristiwa metafisika (gaib), barangkali bukan sesuatu yang istimewa. Kebenarannya bukanlah sesuatu yang luarbiasa. Kebenaran metafisika adalah kebenaran naqliyah (: Dogmatis) yang tidak harus dibuktikan secara akal, namun lebih bersifat imani. Valid tidaknya kebenaran peristiwa metafisikasecara akal, bukanlah soal selagi ia diimani.
Didalam pemahan secara fisika banyak orang mempertanyakan ke-shahih-an isra` mi`raj; apakah mungkin manusia melakukan perjalanan sejauh itu hanya dalam waktu kurang dari semalam? . Kaum kafirpun telah menantang rasulullah seperti diberitakan dalam al quran dalam surat al-israa: 93.
atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca. Katakanlah: maha suci tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?
dan didalam hadith
ketika orang-orang quraisy tak mempercayai saya (kata nabi saw), saya berdiri di hijr (menjawab berbagai pertanyaan mereka). Lalu allah menampakkan kepada saya baitul maqdis, saya dapatkan apa yang saya inginkan dan saya jelaskan kepada mereka tanda-tandanya, saya memperhatikannya . (hr. Bukhari, muslim, dan lainnya).
Dan banyak hadith hadith lainnya.
lanjutan di bawah!
nona212 memberi reputasi
1
3.1K
Kutip
9
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan