msa0404Avatar border
TS
msa0404
Antara Tipografi, Kaligrafi, dan Lettering, Sekilas Mirip Ternyata Beda Gan!
Jika membicarakan mengenai tulisan yang dihias sedemikian rupa, mungkin udah bukan barang asing lagi ya Gan. Semakin kesini peminatnya pun semakin bertambah. Sebut aja tipografi, lettering, dan juga kaligrafi. Tutorial-tutorial pembuatannya pun juga bisa dengan mudah Agan Sista temukan di youtube atau media sosial lainnya.

Meskipun sekilas ketiga istilah tersebut terdengar serupa, ternyata ketiganya memiliki pengertian yang berbeda lho Gan Sis. Biar nggak salah, yuk simak thread ane berikut ini. Cekidot!



Tipografi

Tipografi merupakan ilmu tentang huruf dan tulisan Gan. Pada dasarnya merupakan teknik yang mengatur tentang penyebaran tata letak huruf dalam suatu bidang yang tersedia untuk membuat kesan tertentu dengan tujuan agar pembacanya memiliki rasa nyaman saat melihatnya sehingga para pembacanya dapat mudah dalam menerima maksud dan arti dari tulisan yang disampaikan. Biasanya dalam tipografi ini berisi tentang quotes-quotes bijak motivasi gitu Gan.



Kaligrafi

Berbeda dengan sebelumnya, kaligrafi merupakan seni tulis menulis indah namun dengan sekali gores saja. Dalam membuat kaligrafi memerlukan banyak latihan Gan Sis sehingga tangan menjadi lentur dan terbiasa karena pembuatannya yang hanya dalam sekali gores. Biasanya dalam membuat sebuah kaligrafi ini pena yang digunakan pada umumnya terdiri dari tiga macam, yaitu pena dengan ujung lebar untuk membuat huruf Gothic / Blackletter atau Italic, pena dengan ujung tajam yang fleksibel dan dapat menghasilkan tulisan copperplate, dan pena dengan ujung kuas atau juga biasa disebut dengan brush pen untuk menghasilkan huruf jenis. Seni kaligrafi tradisional banyak ditemui di negara-negara Asia Timur seperti Jepang, Cina, atau Arab. Meski begitu, kaligrafi yang dikenal sekarang adalah kaligrafi modern yang dikerjakan dengan pilihan alat yang beragam seperti yang telah disebutkan sebelumnya.



Lettering

Istilah ketiga ini merupakan seni menggambar sebuah tulisan namun dengan lebih dari satu goresan. Dalam proses pembuatannya biasanya digambar dengan menggunakan pensil terlebih dahulu kemudian di finishing dengan tinta. Sebenarnya nggak ada aturan yang baku Gan Sis dalam membuat lettering ini, Agan dan Sista bisa membuat model tulisan dengan model yang sekreatif mungkin. Selain itu juga bisa ditambah dengan gambar ilustrasi ataupun efek visual lain sesuai dengan kreativitas.


Diubah oleh msa0404 04-04-2019 09:45
orgbekasi67
minhakim20
dhinyzfrn
dhinyzfrn dan 26 lainnya memberi reputasi
27
12.8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan