fahm182Avatar border
TS
fahm182
BPN Ingin Tol Jagorawi-Tol Cikampek Gratis, TKN: Sewenang-wenang, Baca UU!
Foto: Tol Cikampek (Audrey Santoso/detikcom)

Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut Tol Jagorawi dan Tol Cikampek layak digratiskan lantaran masa konsesi dua jalan tol tersebut telah usai. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menilai BPN asal bicara dan tak paham wacana yang digulirkan. 

Anggota penugasan khusus TKN Jokowi-Ma'rufInas Nasrullah Zubir menegaskan masa konsesi Tol Jagorawi dan Tol Cikampek belumlah usai. Hal itu lantaran berubahnya status Jasa Marga pada tahun 2005 selaku operator baru berubah status menjadi badan usaha yang menyebabkan masa konsesi 13 jalan tol, termasuk Tol Jagorawi dan Cikampek ikut bertambah. 

"BPN maupun Prabowo-Sandi rupanya sering sekali berwacana tanpa memperdulikan undang-undang, padahal setelah UU Nomor 38 Tahun 2004 disahkan, maka status Jasa Marga berubah, yang awalnya adalah regulator merangkap operator, menjadi hanya sebagai operator saja, maka secara otomatis hak kepemilikan 13 ruas tol yang sudah dibangun Jasa Marga beralih menjadi milik Pemerintah. Makanya baca UU," ujar Inas kepada wartawan, Jumat (5/4/2019). 

[table][tr][td]Baca juga: BPN Prabowo: Tarif Tol Jagorawi dan Cikampek Layaknya Sudah Digratiskan[/td]
[/tr]
[/table]

"Pada tahun 2004 itulah, akibat adanya undang-undang tersebut maka pemerintahan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) memberikan jangka waktu penguasaan atau konsesi kepada Jasa Marga untuk ke-13 ruas tol yang dimilikinya, yang di antaranya adalah Tol Jagorawi dan Tol Cikampek selama 40 tahun, hingga tahun 2044," sambung dia. 

Politikus Hanura itu pun menyayangkan sikap BPN yang terkesan membabi buta. Padahal, untuk menggratiskan Tol Jagorawi dan Tol Cikampek tidak bisa dilakukan dengan semena-mena.

"Tapi rupanya, demi pencitraan Prabowo-Sandi, jika terpilih akan sewenang-wenang mengambil alih jalan Tol Jagorawi dan Tol Cikampek dari Jasa Marga untuk kemudian digratiskan! Mau jadi apa negeri ini jika pemerintahan dipegang oleh Prabowo-Sandi? Bisa-bisa semua dirampas dengan alasan demi rakyat!" kata Inas. 

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandiaga menyebut paslonnya akan menghapus tarif jalan tol pada ruas tol yang telah berakhir masa konsesinya. Prabowo-Sandiaga akan mereview ruas-ruas tol mana saja yang berpotensi untuk digratiskan bila memenangkan Pilpres 2019. 


[table][tr][td]Baca juga: BPTJ Bantah Tarif Tol RI Mahal, BPN Bandingkan dengan Malaysia dan Brasil[/td]
[/tr]
[/table]

BPN lantas menyebut bahwa Tol Jagorawi dan Tol Cikampek sudah layak digratiskan. Alasannya, masa konsesi keduanya telah berakhir. 

Untuk diketahui, masa konsesi Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Cikampek yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk baru akan berakhir masa konsesinya pada 2044. Hal ini disebabkan adanya perubahan status Jasa Marga sebagai badan usaha pada 2005 lalu, sehingga menyebabkan masa konsesinya bertambah 40 tahun.

"Jika disebutkan pembandingnya tarif tol Jagorawi dan Cikampek lebih murah, kita harus melihatnya dari berbagai perspektif. Justru pada dua ruas tol tersebut sudah layak digratiskan. Kenapa justru masih diberlakukan tarif bagi pengguna jalan tol? Pertimbangannya adalah masa konsesi jalan tol Jagorawi sudah berakhir beberapa tahun lalu. Begitu juga Tol Cikampek, yang mana masa konsesinya sepertinya sudah berakhir pada tahun 2018 lalu, semestinya BUJT, pengelola jalan tol dan pemerintah menggratiskan ruas-ruas tol yang masa konsesinya sudah berakhir. Bukan malah justru tetap dikenakan tarif/biaya tol yang membebani masyarakat pengguna jalan," tutur juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga bidang infrastruktur dan pembangunan, Suhendra Ratu Prawiranegara dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4). 
(mae/elz)


PALA LU GUA GRATISIN
4
3K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan