Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wowonwaeAvatar border
TS
wowonwae
Bagaimana Jika Pemerintah Menutup Akses Internet? Mari Tengok Afrika!
Tak Ada Facebook, Twitter atau Watsapp?
emoticon-Hammer2


Yup, kondisi itu kini menjadi semakin umum di beberapa negara Afrika. Pemerintahan-pemerintahan di sono kini secara berkala mematikan internet atau memblokir platform media sosial.

Yah, gak asyik dong...! emoticon-Entahlah


Sudan contohnya, sekarang memiliki akses internet terbatas gara-gara aksi protes anti-pemerintah yang sedang terjadi, begitu pula dengan pihak berwenang di Zimbabwe.

Para pegiat digital sih mengharapkan bahwa hal tersebut hanyalah tindakan sensor semata, sayangnya pemerintah setempat bersikeras bahwa pemutusan jaringan internet justru dapat membantu terjaganya keamanan.

Spoiler for gambar:


Menurut Access Now ( sebuah kelompok pemantau independen), pada tahun 2018 ada 21 contoh shutdown (pemutusan akses jaringan) internet parsial atau total. Sebelumnya, tercatat 13 shutdown pada 2017 dan 4 shutdown di 2016.

Pantai Gading, Kongo, Chad, Kamerun, Sudan, Ethiopia, Mali, Nigeria, dan Sierra Leone telah membatasi akses internet tahun lalu.

Kini seolah menjadi tren global di benua Afrika jika melihat data pada 2018, ada 188 penutupan. Sedang di 2017 ada 108 penutupan dan 75 penutupan pada 2016.

Jadi bagaimana sih sebetulnya cara pemerintah di Afrika menutup atau memblokir internet dalam prakteknya?
:monggo


MEMBLOKIR AKSES

Spoiler for Memblokir Akses:


Dapatkah service providers menolak?

Spoiler for Dapatkah?:


Ketika akses ke internet telah dimatikan sepenuhnya, sebetulnya masih ada sih beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.
emoticon-Stick Out Tongueencet

Metode yang paling umum digunakan adalah penggunaan jaringan pribadi virtual (VPN - Virtual Private Numbers). VPN akan mengenkripsi jalur data, sehingga menyulitkan penyedia layanan untuk memblokir akses ke situs terbatas.


Pemerintah juga bisa lho memblokir VPN, beruntungnya mereka cenderung tidak akan melakukannya karena akan sangat merepotkan diplomat asing dan perusahaan besar yang menggunakannya.
:goyang

Beberapa pemerintah Afrika yang memutus jaringan internet umumnya beralasan karena munculnya berita-berita palsu (fake news) yang kerapkali diunggah secara online.Tetapi para analis politik dan tokoh oposisi menganggap tindakan pemerintah tersebut sebetulnya ditujukan untuk menekan kelompok yang kritis terhadap pemerintah, yang sering berorganisasi dengan media sosial Facebook dan WhatsApp.

Quote:


Makanya bersyukurlah kita di Indonesia agan dan aganwati sekalian.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Coba kalau internet diputusin, kita para kaskuser juga bakalan stress kali!
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Cape d...emoticon-Hammer2
Yuk kita syukuri kebebasan bermedsos dan berselancar di dunia maya dengan positif, jangan bikin hoax, jangan mengunggah video yang berbau sara, jangan memposting trit yang mengadu domba persatuan bangsa. Dan terakhir tentunya janganlah melempar bata.



Terimakasih agan-aganwati sekalian, semoga informasi ini bermanfaat. Good night...met bobo' manis - mimpi indah, jangan insomnia!
:tepar


Sumur :
Olah kata pemikiran sendiri
Informasi dari bbc.com
Gambar : internet society.org, silverbirdtv.com
Diubah oleh wowonwae 01-04-2019 13:59
23
13.8K
210
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan