iskrimAvatar border
TS
iskrim
Koleksi Foto Ini Menyindir (Betapa) Manusia Penghasil Sampah Terbesar Dunia


[ HT# 475 ]

Permasalahan klasik sejak (mungkin) hadirnya manusia lahir di muka bumi ini adalah limbah sampah yang mereka hasilkan. Bahkan hingga di zaman modern seperti sekarang ini yang namanya sampah masih saja menjadi momok dan sepertinya sulit di berantas hingga ke akar-akarnya.

Seperti artikel yang saya dapat dari slate dot kom ini begitu jelas menggambarkan bagaimana manusia yang katanya mencintai alamnya, buminya, berkesan hanya sebuah slogan saja. Ya, ini adalah sebuah karya fotografer Gregg Segal yang menyindir seperti apa manusia sesungguhnya bisa menghasilkan sampah tetapi tanpa daya menangani permasalah limbah sampahnya sendiri.



"7 Days of Garbage"



Dengan tema "7 Days of Garbage," Gregg Segal dalam kampanyenya berusaha menggambarkan jumlah sampah yang di hasilkan oleh manusia hanya dalam kurun satu minggu saja.


Menurut  Badan Perlindungan Lingkungan A.S (Environmental Protection Agency) rata-rata orang Amerika menghasilkan lebih dari empat pon sampah per harinya. Ternyata itu dua kali lipat jumlah yang di produksi sejak tahun 1960 dan ini baru 50 persen lebih dari jumlah sampah yang diproduksi oleh penduduk Eropa Barat.



Yang juga mengejutkan adalah menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyebutkan pada 2018, Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua dunia yang dibuang ke laut, miris memang.






Untuk menunjukkan bagaimana sampah ini berada bersama manusia Gregg Segal termasuk anak dan istrinya bersama partisipan lain dengan berbagai strata sosial dan pendidikan menjadikannya model yang dikelilingi oleh sampah mereka sendiri.

Beberapa sedikit menghasilkan sampah, beberapa lagi justeru lebih banyak menghasilkan sampah disekitar hidupnya.







Sampah yang mereka jadikan model ini adalah benar-benar sampah produk yang mereka gunakan sehari-sehari selama tujuh hari yang mereka konsumsi lalu dijadikan latar belakang foto ini.







Untuk menghasilkan foto yang realitis dan bercerita Gregg Segal melakukan pemotretan di depan halaman rumahnya dengan media alami termasuk pasir, air. "Foto saya ambil dari atas ini menjadikan foto terlihat kuat dalam konsep dan seni grafis", "Seperti sebuah sarang, yang sebetulnya adalah sampah yang mereka produksi sendiri. Siapapun yang melihat akan berfikir kembali tentang apa yang mereka konsumsi, dan sampah yang mereka hasilkan,"  kata Gregg Segal.












"Jujur beberapa partisipan tidak semuanya merasa nyaman dengan kondisi pemotretan seperti ini," "Tapi ini merupakan pengalaman sekali seumur hidup buat mereka yang bersedia berfoto dengan limbah sampah mereka sendiri," lanjut Gregg Segal. "Harapan saya foto ini membuka mata dan hati manusia karena limbah sampah yang mereka hasilkan apabila tidak bisa di daur ulang akan sangat merugikan mahluk hidup," tutup Gregg Segal.







Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur & img : mic, pinterest, slate | Sotoshop : iskrim 


Diubah oleh iskrim 04-04-2019 11:02
nona212
nona212 memberi reputasi
39
16.7K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan