moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Setelah Nonton 'Us', Sekarang Gue Parno Sama Hal-hal Ini



Temen gue ada yang ngerasa mual waktu nonton 'Us'. Tapi gue nggak merasa apa-apa. Memang sih, gue tulis di thread review kemaren kalau nonton film ini tuh berasa kayak pengen cepet-cepet keluar aja dari bioskop. Nggak betah sama atmosfer horor yang sukses bikin takut dan juga teror yang ditampilkan di layar. Tapi di saat yang sama juga tetap penasaran ingin tahu seperti apa sih akhir dari ceritanya. Nggak biasanya gue merasa takut setelah nonton film horor. Sebagai pecinta film horor dan penggemar berat boneka Annabelle, gue anti sama yang namanya parno-parno abis nonton. Tapi setelah nonton 'Us' ini, entah kenapa, gue jadi parno sama banyak hal.



emoticon-No Hopeemoticon-No Hope emoticon-No Hope



Walaupun setting-nya di Santa Cruz di Amerika sana, tapi rasanya orang-orang dengan mental dan kelakuan kayak para Tethered (kembaran jahat manusia yang berasal dari groong-gorong bawah tanah di film 'Us') bisa kita temui di mana saja di dunia ini. Kita nggak jarang kan melihat kelakuan kesetanan dari manusia yang ada di sekitar kita. Walaupun mereka bukan berasal dari bawah tanah dan mereka punya otak 100% seperti otak kita kebanyakan. Makanya gue jadi mewajarkan(?) perasaan parno setelah nonton 'Us'. Dan ini beberapa hal yang bikin gue parno menjalani kehidupan di dunia nyata sekarang:



1. Mbak-mbak pakai baju merah





Adelaide (diperankan oleh Lupita Nyong'o) merasa seperti tertekan dan mulai kena teror pengalaman masa kecilnya ketika liburan musim panas di rumah ibunya dan berkunjung ke pantai Santa Cruz. Karena gue nggak terlalu sering ke pantai selama di Jakarta, pantai nggak terlalu memberikan efek seram dan parno setelah nonton ini. Yang justru bikin parno adalah siapa yang bisa saja ditemui di pantai. Bisa saja tiba-tiba muncul mbak-mbak baju merah yang misterius dan memberikan tatapan aneh. Jangan sampai mendengar dia bicara deh, takut nanti suaranya seram dan serak-serak horor gitu.


Red, nama kembaran jahat Adelaide dalam film ini, diperankan juga oleh Lupita Nyong'o dengan akting yang brilian. Tatapannya menakutkan banget dan ini yang benar-benar bikin gue jadi takut kalau-kalau ketemu mbak-mbak pakai baju merah. Terlebih mungkin bajunya mirip-mirip kayak yang dipake sama si Red ini. Apalagi kalau mbak-mbaknya berdiri di dekat Danau Kenanga, Universitas Indonesia. Itu fix banget harus dihindari. Kalau mbak-mbak yang pakai baju merahnya berlima dan mereka joget-joget, nggak apa-apa dideketin aja. Kemungkinan mereka girlband Kpop.





2. Gunting





Benda yang satu ini hampir pasti ada di setiap rumah. Bahkan mungkin di meja kerja lo sekarang. Di banyak film horor, gunting juga selalu terlibat ke banyak adegan. Entah itu cuma sekedar adegan receh-receh sampai adegan berdarah-darah beneran yang bunuh-bunuhannya parah. 'Us' bukan film horor pertama yang menampilkan gunting sebagai alat pembunuhan dan kejahatan. Tapi harus gue akui jadi film horor pertama yang bikin gue parno sama gunting.

Masalahnya, gunting selalu ada di dekat tempat tidur gue juga karena setiap hari gue butuhkan untuk memotong kertas atau membuka bungkus plastik snack sebelum tidur. Kalau ada yang mendobrak masuk kamar kosan gue dan melihat gunting di situ, kan gue bisa gampang dibacoknya.


Serem juga.


3. Mbak-mbak pakai baju merah dan bawa gunting


Waduh... yang ini sih mendadak memenuhi pikiran gue. Sebagai anak kosan yang tinggal di ujung gang dan di lingkungan perkampungan yang terbilang sepi kalau malam; juga punya kebiasaan buka pintu kamar lebar-lebar (kamar gue di lantai 2) demi untuk membuat udara di dalam kamar adem karena nggak pake AC, gue sering ngebayangin ada orang jahat yang tiba-tiba mbrojol masuk ke kamar gue dan merampok semua isinya, lalu gue dicincang-cincang jadi potongan kecil-kecil. Sekarang, wujud orang ini jadi sangat nyata: mbak-mbak pakai baju merah dan bawa gunting.





Ketika keluarga Red muncul di 'Us', masing-masing dari mereka punya gunting dan punya mangsa sendiri-sendiri. Yaitu kembaran mereka masing-masing. Kemunculan pertama Red di halaman keluarga Adelaide juga jadi adegan yang benar-benar nempel di kepala gue dan agak traumatis. Gue suka membayangkan kalau di kejauhan, di depan gedung kosan gue yang adalah tanah kosong, di bawah keremangan cahaya lampu, ada empat orang berbaju merah yang sedang menunggu untuk membacok gue.





4. Lorong kosong stasiun bawah tanah



Tethered di 'Us' diceritakan berasal dari bawah tanah. Di awal film kita juga diberitahu lewat tulisan di layar bahwa di bawah tanah Amerika, ada banyak lorong kereta bawah tanah yang tidak digunakan. Nah, Jordan Peele menggambarkan dengan sangat jelas bahwa para Tethered ini tinggal di sana dan bertahan hidup dengan makan kelinci mentah-mentah. Lorong bawah tanah tempat Adelaide dan Red berkelahi itu juga mirip sama lorong stasiun bawah tanah. Mirip sama lorong-lorong stasiun MRT Jakarta.





Memang sih, gue bukan calon penumpang MRT yang akan menggunakan moda transportasi ini setiap hari. Jadi gue aman dari membayangkan diri gue pulang malam-malam dan berjalan sendiri di lorong kosong itu. Meski tetap saja, suasana lorong kosong begini akan membuat gue parno. Nggak suka berada di kondisi yang tidak berdaya. Kalau teriak juga siapa yang dengar. Ngeri aja wkwkwkwkwkkw.

5. Wahana rumah cermin di taman bermain



Suatu hari gue pernah ke Dunia Fantasi, Ancol, dan masuk ke rumah cermin. Untungnya rumah cermin di situ katrok banget. Kecil dan nggak ada tantangannya. Untungnya juga gue masuk rame-rame sama teman kantor. Jadi nggak akan kesasarlah kasarnya. Gue pun penasaran sama rumah cermin yang lebih bagus dari yang dipunya Dufan. Bermimpi suatu hari bisa masuk ke wahana serupa di taman bermain lain di luar negeri misalnya. Tapi setelah nonton 'Us', bye, nggak akan. NGGAK MAU LAGI.





Gue jadi inget pengalaman pertama gue masuk ke wahana Dunia Lain di Trans Studio Mall, Bandung. Itu kan hantu-hantunya beneran diperankan oleh manusia dan kru dari rumah hantu dan nyebelin. GUE TERIAK-TERIAK AHAHAHAHAHAHHAHAHHA Soalnya ada adegan di akhir di mana hantunya mendekat dan megang-megang gitu. Kan serem ya! Abis itu, gue nggak akan mau masuk ke situ lagi.


Dan, dan, gue nggak akan berani coba wahana rumah cermin di manapun setelah nonton 'Us' karena takut kena teror kembaran jahat. WKWKWKW. Takut kalau-kalau pas lagi ngeliat bayangan sendiri di cermin, bayangannya mengeluarkan senyum menyeringai padahal guenya nggak senyum. BHAY.


 



Kalian harus nonton 'Us', film yang baru-baru ini dinobatkan jadi film horor terlaris sepanjang masa.

9
34.5K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan