arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Alasan Mengapa Malaysia Lebih Populer daripada Indonesia


Malaysia merupakan negara tetangga yang memiliki hubungan paling dekat dengan Indonesia. Maklum, Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara bertetangga yang memiliki ikatan sejarah yang kuat. Makanya dari segi budaya dan bahasa kedua negara memiliki banyak persamaaan. Walau terkenal dekat dan memiliki banyak persamaan, namun hubungan Indonesia dan Malaysia juga cukup sering mengalami konflik.

Kalau dilihat dari segi populasi dan luas wilayah, Malaysia jauh lebih kecil dibandingkan Indonesia. Namun kenyataannya dunia internasional lebih mengenal Malaysia daripada Indonesia. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Berikut adalah beberapa alasannya.

Malaysia diuntungkan dari segi nama negara


Sumber : Researchgate.net


Nama Malaysia memiliki makna yang jauh lebih luas daripada negara Malaysia itu sendiri. Malaysia yang bermakna tanah Melayu dapat merujuk negara-negara asia tenggara lainnya yang juga memiliki ras Melayu. Diantaranya adalah Indonesia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Sebelumnya Filipina juga pernah berniat memakai nama Malaysia walau akhirnya batal.

Indonesia sendiri pernah diusulkan memiliki nama yang serupa, yaitu Melayunesia. Sebenarnya nama Melayunesia jauh lebih cocok untuk Indonesia sebab mayoritas penduduk Indonesia merupakan ras Melayu. Sementara nama Indonesia yang kita gunakan saat ini memiliki arti Kepulauan Hindia.

Pariwisata Malaysia lebih maju


Sumber : Thecoverage.my


Sektor pariwisata berperan penting menaikan pamor suatu negara dikancah internasional. Negara yang memiliki pariwisata yang maju biasanya membuat wisatawan betah dan ingin berkunjung kembali ke negara tersebut. Malaysia sendiri memiliki industri pariwisata yang sudah jauh lebih maju dibandingkan Indonesia. Warga di sana memiliki kesadaran yang tinggi sehingga sangat jarang dijumpai sampah berserakan dan fasilitas yang dirusak.

Pada tahun 2018 Malaysia dikunjungi oleh 25,83 juta wisatawan mancanegara. Angka tersebut jauh diatas jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Indonesia dikunjungi oleh 15,81 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2018. Walau kalah jauh daripada Malaysia, namun Indonesia sudah mulai memiliki banyak perbaikan disektor pariwisata.

Paspor Malaysia lebih Kuat


Sumber : Thestar.com.my


Paspor Malaysia tergolong salah satu yang paling kuat di dunia. Kuatnya paspor suatu negara dihitung berdasarkan jumlah negara yang menerapkan bebas visa terhadap negara bersangkutan. Untuk Malaysia sendiri ada 157 negara di dunia yang menerapkan bebas visa dan membuat Malaysia berada diperingkat 6 dunia. Sementara Indonesia  hanya ada 70 negara yang menerapkan bebas visa dan berada diperingat 64 dunia. Bahkan paspor Indonesia masih kalah kuat dibandingkan Thailand dan Timor Leste.

Referensi :
https://nasional.kontan.co.id/news/j...an-selama-2018
https://seasia.co/2018/02/27/new-mos...ia-2018-ranked
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...nding-malaysia
Encyclopedia of European and Asian Regional Geology karya E.M. Moores, Rhodes W. Fairbridge
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
12
20.2K
207
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan