CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Surat Pembaca untuk BUKALAPAK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca07d82c0cad746532b2c11/surat-pembaca-untuk-bukalapak

Korban Pembajakan Akun di BUKALAPAK

Senin, 25 Maret 2019
Pukul 19.42

Berawal dari sebuah chat ke inbox akun pelapak saya. yang isinya seperti ini

Spoiler for spoiler:

Spoiler for spoiler:



Dikarenakan saya akses melalui HP, jari saya secara tidak sengaja meng-KLIK link tersebut. Sesaat setelah klik tersebut, akun saya tiba-tiba logout secara otomatis.

Percobaan login pertama GAGAL (blum panik)
Percobaan login ke-dua GAGAL (sedikit panik)
Percobaan login ke-tiga GAGAL (panik)
Percobaan login ke-empat dan seterusnya diminta OTP, sudah di input sesuai OTP yg masuk masih juga gagal (makin panik)

Sampai akhirnya berhasil login, tapi saya sangat terkejut dikarenakan hal ini

Spoiler for Kejutan !!!:


Spoiler for #190007772468PAY:


Spoiler for #191454626958GLR:


Spoiler for #190007772473PAY:


Spoiler for #190007772478PAY:


Spoiler for Admin Chat:


Spoiler for Admin Chat:


Sadar telah menjadi korban pembajakan akun, segera saya telpon ke Call Center Bukalapak 021-50813333 (kira-kira sekitar pukul 20.00 saya berhasil hubungi CS bukalapak, namun mohon maaf saya lupa nama CS nya siapa) menerangkan kronologis kejadian se-detail mungkin dari A s/d Z

Dengan sabar nya si CS berusaha menenangkan dan meyakinkan bahwa dana hasil pembajakan tersebut aman karna masih dalam ruang lingkup Bukalapak.

Telpon sudah....
Laporan sudah dibuat... 
Dana Buka dompet saya sementara di bekukan dari aktifitas keluar dana, tapi dana hasil penjualan masih masuk aja terus tuh ke buka dompet, tapi saya ga bisa pakai walau 1 sen pun

Sesaat seteleh tutup telpon, masuk email dari tim Bukabantuan

Spoiler for email:


Selasa, 26 Maret 2019 (tidak ada perkembangan berarti)
Rabu, 27 Maret 2019 (tidak ada perkembangan berarti)
Kamis, 28 Maret 2019 (tidak ada perkembangan berarti)

Selama 3 hari tersebut saya cek email, tidak ada sama sekali info terbaru atau progress signifikan terhadap kasus saya ini. selama 3 hari itu pun saya ada beberapa kali menanyakan gimana hasil investigasinya, lalu bagaimana dengan aktifitas berjualan saya? Karna si CS meyakinkan saya untuk beraktifitas seperti biasa, sementara progress investigasi tetap berlangsung, ya sudah saya tetap berjualan seperti biasa. Dana hasil penjualan tetap masuk ke bukadompet, tapi tidak bisa saya pergunakan sama sekali

Jumat, 29 Maret 15.58 WIB

Ada email masuk, tapi saya tidak cek. Saya baru buka email tersebut tanggal 30 nya


Spoiler for email:


Spoiler for spoiler:


Spoiler for spoiler:


Yang kesimpulannya adalah... Bukalapak TIDAK bertanggung jawab terhadap musibah yang sama alami tersebut, dan menyalahkan saya selaku korban baik itu dengan sengaja atau tidak sengaja telah meng-KLIK link pishing tersebut.

Setelah mendapatkan email tersebut, saya tidak mikir lagi langsung kembali menghubungi Call Center bukalapak, yang lagi-lagi di beri harapan akan segera menuntaskan masalah ini. Namun apa daya, hari ini minggu 31 maret 2019 saya kembali mendapatkan email seperti ini

Spoiler for spoiler:


Spoiler for spoiler:


Spoiler for spoiler:


Minggu 31 Maret, Pukul 13.30an

Spoiler for spoiler:


Saya dapat panggilan telpon dari nomor tersebut, yang mengaku bernama RENO bagian Tim VVIP (klo ga salah dengar)

Percakapan pertama masuk pukul 13.36, saya minta percakapan di putus dikarenakan kualitas suara nya tidak baik

Panggilan kedua masuk pukul 13.41.. kualitas suara sudah membaik, tapi pada intinya tetap sama. Pihak Bukalapak tidak mau bertanggung jawab terhadap kejadian tersebut, dan tetap menyalahkan saya selaku korban dikarenakan meng-KLIK link pishing tersebut

Akhir kata, ini lah fakta yang terjadi dibelakang layar. Dan saya tidak tau mau mengadu ke siapa, andaikan masalah ini tidak kunjung selesai juga. Mungkin akan saya pertimbangkan tuk membawa kasus ini ke ranah hukum...

Tuk Bukalapak, ini baru langkah awal... 1 langkah saya untuk menyelesaikan kasus ini secara baik-baik, dan apabila tidak ada tanggapan di forum ini, tentu akan saya bawa lagi kasus ini ke forum lainnya. Dan tentunya akan saya pertimbangkan juga membawa kasus ini ke ranah hukum.

#uninstallbukalapak

Tambahan Informasi:
1. Mulai 25 Feb 2019, BukaDompet tidak bisa digunakan untuk transaksi
Nyatanya waktu kejadian 25 Maret 2019, saldo bukalapak saya masih bisa digunakan untuk transaksi wkkwkwkw
2. Bukalapak menyediakan fitu Beli Cepat, yang dimana tidak dibutuhkan etalase barang, resi pengiriman, dan notifikasi penerimaan barang (seandainya yang dijual Narkoba gimana?)
3. Penarikan saldo emas yang segitu mudah nya bagai membalikkan telapak tangan, hati" investasi emas di bukalapak
4. akan ditambahkan bila perlu...
Diubah oleh earfun
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh si_komo
Fix kelalaian ts dan kesalahan ts, ga bisa nyalahin bukalapak.
Jadiin pelajaran aja toh memang jari ente yang kepeleset ( sengaja atau tidak hanya ente yanv tau ).
Tim bukalapak udah sesuai porsinya, jangan kesalahan sendiri menyalahkan pihak lain.
Lihat 1 balasan
gk bs dipindah ke DANA gan?
Lihat 1 balasan
Spoiler for "SS":


kejadian klik link phisingnya tgl 25 maret ya TS? kok bukadompet dibekukan 25 februari?
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh si_komo
sy salah satu pelapak yg sering dpt modus penipuan spt itu, sy pernah klik link pishing tsb dan di arahkan ke web palsu yg menyerupai web asli bukalapak , dimana kita di suruh login.
kunci nya sih di situ , jdi gk mungkin dgn cuman klik tnp login, akun agan ke bajak, pasti ente melakukan login lewat link pishing tsb.
Quote:


benar gan, ane juga sering dapat inbox phishing. waktu pelapak klik link tsb, seharusnya bukan ter logout otomatis(CMIIW), tapi menuju ke halaman login beel palsu.

tapi memang ngeri kalau di beel, paling jelek dan rentan dibanding e-commerce lainnya.
Diubah oleh icekacang
Jangan terpaku dengan pishing atau tidak nya, kebodohan saya atau ketololan saya. Tapi soroti hal ini
1. Mulai 25 Februari dana BukaDompet TIDAK BISA MELAKUKAN TRANSAKSI, mau transaksi saldo bukadompet harus dipindahkan ke DANA

Fakta: Tgl 25 Maret akun saya dibajak, dan metode pengambilan dana nya melalui metode TRANSAKSI

2. Pencairan Saldo Emas yg terlalu mudah

Fakta: hanya beberapa x klik saldo emas langsung cair menjadi saldo BukaDompet, ini fitur investasi, bukan fitur sembarangan. Mau jual emas di pegadaian aja diminta sertifikat atau minimal struk/nota/bukti pembelian

3. Bukalapak menyediakan fitur Beli Instan, yang mana tidak diperlukan lagi namanya proses bukti pengiriman dan etalase produk yg menurut statement Bukalapak alasan fitur ini disediakan untuk para pembeli dan pelapak yg sudah mengenal dan mengetahui satu sama lain yang mana menurut logika akal sehat saya, klo sudah sama" kenal buat apa transaksi lagi di e-commerce, mending transfer langsung aja

Fakta: karna saldo bukadompet tidak bisa digunakan untuk transaksi, ternyata ada lubang besar di fitur Beli Instan ini. Si pembajak transaksi ke lapak nya memakai fitur Beli Instan tanpa harus melalui prosedur proses pesanan, pengiriman, dan konfirmasi terima layaknya transaksi konvensional. Dan menurut anda, Beli Instan ini termasuk kategori TRANSAKSI atau Bukan?

Dan apakah fitur Beli Instan ini bukannya sangat berbahaya?

- Remit transaksi langsung sukses/cair ke saldo pelapak tersebut instant tanpa jeda waktu, layaknya transfer ke sama bank.
- Tidak diperlukan adanya etalase produk
- Tidak adanya proses pengiriman dan bukti pengiriman

Saya sih monggo aja klo ada yg mengatakan saya tolol, bego karna meng klik link tersebut, tp yg jadi point utama saya adalah proses pembajakan, transaksi dan cara si pembajak mencairkan dana nya. Yg mana klo time line nya saya urut akan seperti ini

25 Maret 2019
19.42 Akun pembajak inbox link phising, dengan atau tanpa sengaja saya klik link tersebut
19.46 transaksi pembajak
19.46 transaksi pembajak
19.47 transaksi pembajak
19.47 transaksi pembajak
19.47 administrator menyatakan akun pembajak tersebut sudah di non-aktifkan
19.49 pesan administrator yg sama pada saat pukul 19.47 (ada 2 chat dari akun verified yg sama)
20.00 Setelah bersusah payah karna antrian call center, saya berhasil menghubungi CS dan mengutarakan kejadian

Lihat timeline nya, hanya beda beberapa menit? Logiskah kalau dana yg raib itu sudah berada diluar tanggung jawab bukalapak? Logiskah akun yang dibanned karna melakukan pembajakan, melakukan pencairan dana dan dibiarkan atau di loloskan?

Bukalapak tau itu akun pencuri
Bukalapak tau itu transaksi haram hasil mencuri
Tapi Bukalapak membiarkan pencairan dari transaksi haram tersebut

Itu yang jadi point utama dari sudut pandang saya.

Contih kasus di lapak lain yang mana remit transaksi penjualan dia sudah dinyatakan berhasil, dana sudah cair ke bukadompet, tapi selang seminggu kemudian remit transaksi tersebut ditarik kembali karna si pembeli komplain. Itu 1 minggu, saya hanya hitungan menit dan bukalapak menyatakan tidak dapat berbuat apa"

LOGIS ?????????

Diubah oleh earfun
Quote:


Quote:


timestampnya ga nampak gan. kayaknya itu sampai level mili detik. tp yg nampil hari doang.
tp ya itu sih, kalo cuma modal link udah bs takeover berarti salah di BL.
tp kalo agan login dari link phising, yg salah agan. perlu perbaikan dari BL kalo ada device baru login, kita dpt notif

Lihat 1 balasan
Gini aja buat TS nya,

1. Ini murni kesalahan ts -- karena terkena phising
2. TS melakukan pelaporan (Dimana sudah terjadi transaksi yang dilakukan pelaku
3. Pelaku udah transaksi sukses, dana udah dicairkan pelaku
4. Bukalapak membekukan bukadompet agan, agar tidak ada lagi transaksi berikutnya yg dilakukan penipu (langkah sudah tpat)
5. masalah transaksi yang sudah terjadi, karena dana pun mungkin sudah keburu di cairkan /diambil oleh penipu, bukalapak tidak bisa mengamankan (karena hanya bukadompet agan saja yang dilakukan) -- ridhokan dana yg 2,5 jtann itu....
6. berdasarkan sop bukalapak, dimana kelalaian user bukan tanggungan bukalapak
7. ga hanya bukalapak, dimana kalau kelalaian user, semua marketplace jg mana mau brtanggung jawab
8. bukalapak sudah melakukan sesuai prosedurnya.

ksalahan BL : adalah ketika TS mnelponnya danmemberikan statemen "Dengan sabar nya si CS berusaha menenangkan dan meyakinkan bahwa dana hasil pembajakan tersebut aman karna masih dalam ruang lingkup Bukalapak."
dimana CS ini sebenernya brtaruh akan kecepatan penipu utk mencairkan dananya.... yang sebenarnya udah ga bs terselamatkan....

harusnya statemennya kejam dikit aja, maen jujur, "dana yg udah keambil penipu, ridhokan ya pak.... " >> hrsnya seperti itu
Diubah oleh secondtimer
Lihat 1 balasan
Buat agan" yang masih gagal paham saya jelaskan sekalia lagi

BUKALAPAK pada tanggal 25 FEBRUARI 2019 menyatakan bahwa SALDO BUKADOMPET
"TIDAK BISA DIGUNAKAN LAGI UNTUK TRANSAKSI"

Saya sudah tes sendiri
ikutan SERBU ga bisa
Beli Token ga bisa
yang bisa HANYA beli paket PUSH, PROMOTED PUSH, dan perpanjang Akun Premium (ketiga ini saya tes bayar via BUKADOMPET = BISA

Lantas caranya supaya bisa transaksi gimana? pindahkan saldo BukaDompet KE DANA

Kasus saya ini terjadi tanggal 25 MARET 2019, sudah 1 bulan semenjak kebijakan BukaDompet tidak bisa digunakan transaksi. Tapi ternyata??? akun saya jebol dan metode yang digunakan si pembajak ini adalah TRANSAKSI dengan menggunakan layanan BELI INSTAN (yg belum ngerti apa itu BELI INSTAN baca lagi yang sudah saya jelaskan diatas)

Note: Sebelum kejadian ini saya ga tau apa itu yang namanya BELI INSTAN, tapi setelah tau dan paham, pantas aja jadi metode favorit para MALING. Lihat kasus" yang terjadi sebelum saya ini, semua kode transaksi yang berakhiran "PAY" itu adalah transaksi BELI INSTAN

di satu sisi bukalapak bilang BUKADOMPET TIDAK BISA TRANSAKSI, tapi bukadompet saya bisa jebol dengan cara TRANSAKSI

Yang masih muter" aja di Link Phising lebih baik minggir, saya ga perlu diskusikan hal tersebut. Yang perlu saya diskusikan disini justru setelah nya
1. Kenapa BukaDompet bisa dipakai untuk TRANSAKSI?

2. Fitur BELI INSTAN, apa ini ga terlalu bahaya? klo alasan bukalapak mengadakan fitur ini karna si pembeli dan penjual sudah saling kenal, ya transfer aja langsung dari rek ke rek, ngapain pula ribet pake e-commerce segala

3. Gampang banget mencairkan saldo buka emas, saya pernah investasi reksana di bukalapak, pencairan hasil investasi aja itu butuh 2 hari kerja dan langsung masuk ke rekening yg sudah di daftarkan tidak bisa melalui BukaDompet. Ini kita ngomong INVESTASI loh ya, walaupun itu saldo buka emas saya hasil dari pembelian otomatis (potong hasil penjualan per transaksi) 1rb 2rb 3rb dst

4, Klo memang BL niat, itu pelaku di depan mata dia kok. Lihat timeline transaksi pembajak dan kapan akun tersebut di banned
ibarat rumah lu kemalingan, polisi lagi posisi otw ke rumah lu jarak 50 meter, lu liat itu maling papasan dengan polisi, lo teriak "PAK ITU MALINGNYA" tapi si polisi bukannya ngejar tu maling malah tetap datang ke rumah lu dengan alasan, "Saya bagian proses laporan pak, bagian pengejaran ada tim yang lain"


Klo Elu kemalingan, ada gunanya ga lo mikirin

"Oh knapa ga gw kunci stang ya"
"oh kenapa ga gw kunci disc ya"
"oh knapa ga gw pake kunci rahasia ya"

Yang perlu dipikirin itu
- Modus maling nya seperti apa?
- Gimana cara kerja nya?
- Gimana cara dia bawa hasil curiannya?
- Kemana dia bawa tu barang?
- Penadah nya siapa?

Temen gw kejadian
- Kunci Stang = UDAH
- Kunci rem disc = UDAH
- Kontak rahasia = ADA
- Dirantai + gembok segede gaban ke pagar besi rumah nya

mau tau hilang nya gmana?

ITU MOTOR diangkut beserta PAGAR BESI rumah nya


Jadi bukan masalah KUNCI nya, tapi yang namanya APES mau bilang apa?
Diubah oleh earfun
Informasi Penutupan BukaDompet

Kepada seluruh pengguna Bukalapak, baik pembeli maupun pelapak, kami mengumumkan bahwa BukaDompet tidak lagi bisa digunakan untuk belanja Marketplace dan Virtual Product di Bukalapak mulai tanggal 25 Februari 2019.

Metode pembayaran yang bisa digunakan untuk belanja di Marketplace dan Virtual Product di Bukalapak hanya meliputi:

1. DANA

2. Credits

3. Virtual Account

4. Transfer Bank

5. Gerai (Mitra Bukalapak, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, DANDAN, POS Indonesia)

6. Kartu Kredit atau Debit

7. Internet Banking (BCA Klikpay, Mandiri clickpay, Mandiri e-cash, CIMB Niaga)

8. Cicilan Tanpa Kartu Kredit (Kredivo, Akulaku)

9. OneKlik BCA

Bagi para pengguna Bukalapak yang masih mempunyai saldo BukaDompet, saldo tersebut bisa dicairkan ke rekening (minimal Rp25 ribu) ataupun dipindahkan ke DANA (minimal Rp10 ribu).

Kunjungi halaman BukaBantuan untuk mencairkan saldo BukaDompet ke rekening atau melakukan top up saldo DANA dari BukaDompet.

Baca juga informasi sebelumnya mengenai perubahan BukaDompet menjadi saldo Bukalapak yang meliputi saldo DANA dan Credits.


Kepada seluruh pengguna Bukalapak, baik pembeli maupun pelapak, kami mengumumkan bahwa BukaDompet tidak lagi bisa digunakan untuk belanja Marketplace dan Virtual Product di Bukalapak mulai tanggal 25 Februari 2019

Akun gw di jebol 25 Maret 2019, TRANSAKSI memakai BUKADOMPET yang katanya ga bisa untuk transaksi. So????


Diubah oleh earfun
okee skr ane ngerti skr TS memandang kemana....
jd skr tunttutan dari TS nya ini udah beda prmasalahannya....
skr TS mempermasalahkan sistemny di BL, dan saaya rasa juga ada bagusnya BL memperhatikan ini...

ternyata parah jg sistem BL nya yang dimanfaatkkan penipu. DImana seharusnya BL tetap pada KOMITMEN nya seharusnya BukaDompet Tidak bisa digunakan lagi untuk transaksi apapun semenjak 25 FEB --
Dan di bukalapak ini ternyata ada fitur "BELI INSTAN" dimana disini dimanfaatkan oleh penipu dimana saldo bukadompet masih bisa digunakan.
Yang kedua tentang invstasi bukaemas,memang sebaiknya ada jeda dalam klaim proses cair atau apalah, karena jujur, sistem yg terlalu maen cept jg ga baik.... dibuat aja 1x24 jam dan wajib kaya otp / vrifikasi tambahan... ini jg bagus untuk pencairan ke bank.... jgn trlalu cpet supaya si maling pun ga bs cpet2 cairin duit....

NOTE : jangan bahas " bukalapak tidak bertanggung jawab atas kelalaian user" nya tapi bagaimana sistem bukalapak banyak celahnya....
Awalnya terus terang gw marah semarah-marah nya, sampe gw anj*ng in tuh CS dan Tim VVIP nya. Tapi setelah melihat kasus" yang lain, yang ternyata modus nya mirip", dan kerugian gw dibandingkan mereka "tidak seberapa" akhirnya gw putuskan tuk nerima, ini musibah, duit gw udah hilang entah kemana dan BL ga mau tanggung jawab. ya sudah mau gimana lagi?

Tapi.... untuk masalah celah keamanan ini gw ga kan tinggal diam, bakalan gw blow up terus sampe pihak BL menyatakan minta maaf dan mengakui bahwa ada celah besar yang bisa menimbulkan dampak kerugian jauh lebih besar dari apa yang sudah gw alami saat ini.
disini TS udah betul, bukalapak harus menjelaskan, kenapa fitur bukadompet yg seharusnya sudah tidak bisa dipakai untuk transaksi kok tiba-tiba bisa digunakan pembajak untuk transaksi, andai saja fitur ini benar-benar sudah tidak bisa untuk transaksi pembelian, kemungkinan dana TS masih aman,
Hai agan Earfun, mohon maaf atas kendala yang agan alami ya.

Kami cek agan melakukan klik link phising, dimana jika agan melakukan klik link tersebut dalam keadaan sengaja atau tidak sengaja, maka berarti agan sudah memberikan ruang kepada pemberi link phising tersebut untuk mengetahui data-data akun agan.
Penting bagi agan untuk memastikan kembali pihak yang memberikan pesan/chat/sms/ atau pesan lainnya kepada agan adalah akun resmi Bukalapak. Serta mohon kesediaan agan untuk memahami cara bertransaksi dan panduan keamanan Bukalapak dengan mengakses https://panduan.bukalapak.com/ dan https://www.bukalapak.com/panduan_keamanan.

Kami informasikan bahwa Bukalapak tidak pernah memberikan program/promo/hadiah/dan sebagainya melalui chat atau media sosial dan menggunakan link selain Bukalapak. Informasi mengenai hal tersebut dimuat pada halaman resmi Bukalapak, halaman komunitas, newsletter, maupun e-mail resmi Bukalapak. Oleh karena itu, jika menemukan program/promo/hadiah dan sebagainya yang bukan melalui linimassa resmi Bukalapak, agan seharusnya dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Kembali pada kendala agan tersebut, link yang agan akses tidak ada kaitannya sama sekali dengan program/promo/hadiah/dan sebagainya di Bukalapak, link tersebut merupakan link phishing (link pembajakan) yang bertujuan mencuri data rahasia akun agan (e-mail, password, dan lain-lain) agar dapat diakses. Dengan agan mengisi form pada link tersebut, maka agan telah memberitahu data-data penting akun agan yang seharusnya tidak boleh diberikan kepada pihak manapun.

Setelah agan melakukan klik phising tersebut, akun agan dalam penguasaan penipu tersebut dan penipu tersebut melakukan transaksi beli instan, dimana pembayaran beli instan tersebut masih dapat di lakukan dengan menggunakan Bukadompet.
Dengan sangat menyesal, kami menginformasikan bahwa dana agan tidak dapat kami bantu amankan dan kami bantu kembalikan dikarenakan saat laporan agan masuk, dana telah digunakan oleh pihak pelaku sejumlah Rp. 2.564.262 sejak 25 Maret 2019 pukul 19:46 WIB.

Terkait dengan sistem pada Bukalapak yang menjadi fokus agan setelah nya, dapat kami informasikan bahwa untuk sistem pada Bukalapak sudah sangat-sangat aman dan tidak dapat dengan mudah untuk di retas maupun disusupi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun untuk kasus agan tersebut, penipu menggunakan metode Link Phising seperti yang telah kami jelaskan diatas.

Kami memohon maaf tidak dapat membantu agan lebih atas permasalahan yang agan alami. Hal ini terkait dengan kondisi dan ketentuan yang ada, yang mana hal-hal yang berkaitan dengan kelalaian pengguna adalah di luar tanggung jawab Bukalapak.

Bukalapak hanya dapat melakukan tindakan yang masih dalam kewenangan, yaitu menonaktifkan akun-akun milik pelaku dan memblokir nomor yang digunakan oleh pelaku
Ke depannya, kami menghimbau agan untuk selalu mengikuti aturan atas transaksi yang dilakukan pada Bukalapak.

Semoga ke depannya tidak terulang kembali kejadian-kejadian seperti ini dan jika agan merasa ragu, bisa infoin kepada kami kalau memang ada transaksi atau hal yang jangal selama bertransaksinya di Bukalapak pasti kami dan rekan-rekan lainnya akan siap membantu.

Bisa hubungin kami disini di BukaThread : https://kask.us/iyKgp
Fanpage Resmi Facebook : Bukalapak
Twitter: @BukaBantuan
Instagram: @bukalapak

Salam hangat
Customer Support

emoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
OK memang TS nya lalai.

TAPI, BL klaim kalau mereka menyediakan platform yg aman. Apa sudah maksimal?

- Bukadompet beberapa kali gagal dapet izin dari OJK. Yg lain udah dapet loh termasuk shopeepay, OVO, Gopay, Dana dst. Penasaran juga apa yg bermasalah. Dan udah jelas2 gak berizin kenapa masih operasional bukadompet nya? Bukannya BL patuh hukum banget ya? Dikit2 kan ancam user yang dituduh nakal dilaporin ke pihak berwenang.

- Bukadompet seharusnya nggak bisa buat transaksi jenis itu tapi ternyata bisa.

- Link via chat banyak dipake buat nipu, kenapa gak dicegah dg misalnya, sensor otomatis segala jenis link. Atau kasih peringatan otomatis seperti kalo ada nomer HP di-share via chat. Atau bolehin share link oleh akun tertentu, kalo akun user biasa non verified apalagi akun baru, janganlah bisa share link. Ini hal2 sederhana, yang kalo masih gak ada di BL, ya brarti BL nya males atau gak kompeten.

Quote:


Quote:



jadi untuk pembayaran beli instan masih bisa menggunakan bukadompet pada saat itu dan apakah sekarang masih tetap bisa?
apakah karena lupa dinonaktifkan? karena jika memang benar bukadompet tidak bisa membayar harusnya tanpa terkecuali...

menarik ini
Lagian apa sih pentingnya fitur BELI INSTAN? coba penasaran gw, dari sekian ratus viewer thread ini. Ada yang pernah menggunakan? atau setidak nya tau bahwa ada fitur tersebut? Gw terus terang klo bukan karna adanya kasus ini, ga akan tau itu ada fitur bernama BELI INSTAN tersebut.

Jaman kaskus dulu, Rekber terlahir karna adanya rasa tidak percaya antara Buyer dan Seller. Ketika ada masalah besar pada sistem Rekber (yang sangat terkenal dahulu akun panda hitam) muncullah e-commerce besar berbasis PT yang sedikit demi sedikit mulai memulihkan kepercayaan publik terhadap sistem Rekber ini.

Eh ini malah balik ke jaman batu, BL menyediakan fitur BELI INSTAN dikarenakan agar memudahkan transaksi antara Buyer dan Seller yang sudah saling percaya atau mengetahui satu sama lain. Kalo memang buyer dan seller sudah saling kenal, logika gw mengatakan transaksi langsung dari Rek ke Rek adalah solusinya, ngapaim juga mesti transaksi di e-commerce

LINK Mengenal Beli Instan Bukalapak

Beli instan adalah metode pembelian barang atau jasa yang belum ada pada lapak, Pembeli dapat membayar barang atau jasa dengan BukaDompet ke pengguna Bukalapak lain melalui tombol Beli Instan pada profil pengguna yang dituju dan tombol Beli Instan pada halaman BukaDompet. Beli instan dapat digunakan untuk membayar barang yang dikirimkan dengan kurir pribadi, Cash on Delivery, atau pun membayar jasa dengan menggunakan BukaDompet. Minimal harga barang atau jasa yang dapat dibeli dengan beli instan sebesar Rp100,-. Sedangkan harga maksimal barang atau jasa yang dapat dibeli dengan beli instan sebesar Rp1.000.000,-. Uang pembayaran transaksi menggunakan beli instan akan langsung diteruskan ke pelapak.

Di bawah ini adalah penjelasan perihal fitur Beli Instan:

Cara Beli Instan
1. Diskusi dengan sesama pengguna Bukalapak tentang harga barang dan jasa yang akan diperjualbelikan.
2. Diskusi metode pengiriman barang yang akan digunakan apakah dengan kurir pribadi, Cash on Delivery, atau tidak memerlukan pengiriman.
3. Jika harga dan metode pengiriman telah disepakati, buka halaman BukaDompet dan tekan tombol Beli Instan, atau ke halaman pengguna profile yang ingin dibayar, lalu klik tombol Beli Instan.
4. Masukkan username atau nomor telepon pelapak.
5. Masukkan harga barang atau jasa yang akan dibayar
6. Masukkan nama barang seperti warna dan jumlah barang yang akan dibayar.
7. Pastikan saldo BukaDompet pembeli cukup.
8. Masukkan password pembeli.
9. Klik Bayar dengan BukaDompet.
10. Jika berhasil melakukan pembayaran, pembeli akan mendapatkan email pemberitahuan

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
Q: Bagaimana tracking pengiriman jika melakukan Beli Instan?
A: Pembeli dapat menghubungi langsung pelapak terkait tracking pengiriman, karena sistem Bukalapak tidak ada tracking saat melakukan Beli Instan.

Q: Apakah ada ongkos kirim jika melakukan transaksi pembelian dengan Beli Instan?
A: Ada atau tidak adanya ongkos kirim tergantung jenis barang atau jasa yang diperjualbelikan.

Q: Bagaimana jika ada ongkos kirim pada transaksi?
A: Pembeli dapat memasukkan ongkos kirim yang telah disepakati pada harga total.

Q:Bagaimana jika terjadi pelanggaran atau masalah dalam pemesanan barang?
Bukalapak tidak bertanggung jawab atas kejadian apapun yang terjadi setelah pembayaran berlangsung.

Amazinggggggggggggggggg... emoticon-Ultah
Lihat 3 balasan
Quote:


menurut ane kasus ini buntu sih....

minimal bl jg mnyadari celah mana yg sering digunakan penipu...

@utk TS kalo mau up terus bs ke fanpage FB e comerce shitposting, disitu adminnya suka konten konten beginian .... emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di