Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pulangrumahAvatar border
TS
pulangrumah
Mata Jadi Merah Mantul Cahaya di Dalam Foto, Kenapa ya?

Salah satu cara untuk mengabadikan sebuah momen adalah dengan memotretnya. Apalagi kalau momen tersebut merupakan momen yang penting. Hmmm, tapi pernah nggak sih Gan Sis setelah melihat hasilnya bagus apa nggak, eh ternyata dalam foto tersebut mata Agan Sista berubah warnanya menjadi merah.


Kira-kira disebabkan oleh apa ya? Karena kesalahan teknis penggunaan kamera, ada makhluk yang mengganggu, atau kenapa ya? Padahal kalau dipikir-pikir, untuk membuat foto tersebut kita udah menggunakan dengan kualitas yang tinggi.

Hmmm ternyata kedua hal tersebut nggak ada hubungannya, alias kualitas kamera nggak ada pengaruhnya dengan hasil foto mata merah ini Gan Sis! Mata yang berubah warna menjadi merah ini terjadi karena adanya hubungan antara pupil mata dengan intensitas cahaya di tempat foto tersebut diambil.


Pupil mata yang berubah warna menjadi merah dalam foto ini disebut dengan Red Eye Reduction atau reduksi mata merah yang disebabkan oleh cahaya yang membuat adanya refleksi pada retina mata dan mantulkan pembuluh darah pada retina. Nah, cahaya yang mengenai mata, apalagi kalau foto diambil dengan sinar flash akan membuat bukaan pupil mata menjadi lebih lebar dan mengakibatkan mata kita akan menjadi merah di foto.

Tapi pernah nggak sih saat Agan Sista melihat hasil sebuah foto, satu-satunya yang matanya berubah jadi merah cuma Agan Sista aja, sedangkan yang lainnya normal-normal aja. Kok bisa ya??? Tapi ini bukan disebabkan oleh adanya kutukan kok hehehe tenang, nggak ada hubungannya sama amal ibadah juga Gan Sis!

Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang membuat salah satu orang menjadi bermata merah dalam sebuah satu frame foto sedangkan yang lain enggak.


Pertama, mungkin aja temen-temen Gan Sis dalam sebuah foto berdiri pada posisi yang tepat misalnya aja sedikit menyamping sehingga sinar flash nggak langsung memantulkan cahaya ke arah mata mereka. Kedua, teman-teman Gan Sis yang matanya nggak merah mungkin disebabkan karena mereka memiliki epitel atau jaringan yang melapisi kornea mata yang lebih tebal. Karena fungsi epitel yang lebih tebal dapat menyerap cahaya yang dipancarkan oleh flash kamera sehingga hasilnya nggak mantul Gan Sis. Atau ketiga mungkin bisa jadi karena jarak antara orang dengan kamera dan sinar flash lebih jauh dan bisa jadi ada sesuatu yang menghalangi refleksi cahaya.


Jadi, jangan panik ya Gan Sis kalau di dalam foto mata kalian menjadi merah. Hal ini nggak ada hubungannya sama yang klenik kok hehehehe. Dan sekarang kalau dalam hasil foto matanya merah pun juga bisa diedit kok Gan Sis! Atau coba manfaatin mode buat ngurangi pantulan cahaya pada mata di kamera Agan Sista.


cor7
bang.didot
nona212
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
7.5K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan