travelaroundAvatar border
TS
travelaround
Ngopi di Singapura Enaknya di Mana Ya? Cek di Sini Gan!
Singapura bukan cuma bisa jadi pilihan destinasi wisata buat para pecinta belanja, atau penyuka tantangan di berbagai tempat wisata berbeda. Singapura sebetulnya juga bisa jadi surga khususnya buat para pecinta kopi kayak ane ini lah Gan kira-kira.

Bukan tanpa alasan Gan. Ngopi memang sudah jadi bagian dari tradisi dan keseharian warga Singapura sejak lama. Itu makanya jangan heran melihat banyak tempat ngopi yang tersedia di sana, mulai dari kafe modern kekinian hingga banyak kopitiam atau kedai kopi tradisional yang pada akhirnya tersebar dan memenuhi berbagai penjuru Singapura.

Itu makanya, kalau Agan lagi ke Singapura atau berencana jalan-jalan ke sana dan bingung mau melakukan aktivitas apa lagi. Mending mampir ke berbagai tempat ngopi terkenal yang satu ini dan rasakan nikmatnya ngopi dengan beragam pengalaman berbeda di Singapura.

Heap Seng Leong



Photo by misstamchiak.com


Pecinta kopi wajib datang ke kopitiam paling tua di Singapura ini. Sejak pertama kali dibuka pada tahun 70-an, kedai kopi ini tetap mempertahankan keaslian bentuknya Gan. Itu makanya jangan heran jika kamu ke sini dan hanya menemukan sebuah kedai kopi dengan penanda berupa papan nama kayu bertuliskan Heap Seng Leong di depannya. Bagian dalamnya pun benar-benar sederhana dengan meja bundar dan kursi plastik seadanya. Meski begitu melihat kesederhanaan kedai kopi ini bisa bertahan sampai sekarang tentu jadi hal yang luar biasa dan bikin para pengunjungnya semakin bertanya-tanya dan tak sabar ingin segera mencicipi kenikmatan kopi racikannya.

Salah satu racikan kopi yang terkenal dari Heap Seng Leong adalah Kopi Gu You atau bisa dibilang butter coffee. Kopi dengan tambahan mentega yang perlahan meleleh dan bercampur dengan hitamnya kopi, menciptakan sensasi rasa kopi yang lebih kental dan gurih. Biar ngopi lebih pas jangan lupa juga pesan kaya toast sebagai pendampingnya Gan. Tak hanya kenikmatan menyesap kopi legendaris, di sini Agan juga bisa menikmati kopi di tengah suasana akrab dan hangat dari para pengunjung setianya.


Photo by misstamchiak.com


Lokasi: 10 North Bridge Road, Singapore
MRT terdekat:Lavender
Kisaran harga: Harga kopi di Heap Seng Leong terbilang sangat murah dibanding harga kopi di cafe-cafe yang ada di Singapura. Agan bisa mendapatkan secangkir kopi Gu You dan kaya toast mulai di kisaran harga 2 SGD atau Rp 20ribuan doang Gan.


Nanyang Old Coffee


Photo by Andrew JK Tan/ Singapore Tourism Board


Kalau Agan mencari tempat ngopi dengan suasana oriental yang otentik di Singapura jangan lupa mampir ke Nanyang Old Coffee ini. Konsep Nanyang Old Coffee ini adalah kedai kopi tradisional di awal tahun 1940-an. Tak hanya interior, di Nanyang Old Coffee peracikan kopi pun dibuat dengan mempertahankan praktik jaman dulu mulai dari perawatan kopi, dan pengolahannya mulai dari dipanggang, ditumbuk dan diseduh dengan teknik tradisional.

Selain kopi tradisional, di Nanyang Old Coffee kita juga bisa mencicipi berbagai makanan dan camilan tradisional Singapura. Seperti kaya toast, biskuit Cina tradisional, atau dim sum.


Photo by Andrew JK Tan/ Singapore Tourism Board


Lokasi: Sejak didirikan pada tahun 2009, Nanyang Old Coffee sekarang sudah punya beberapa cabang di Singapura. Tapi untuk yang ingin ngopi sehabis eksplor chinatown bisa pilih cabangnya yang ada di :
268 South Bridge Road Singapore , Chinatown
MRT terdekat : Chinatown MRT
Kisaran Harga: Untuk kopi, Nanyang Old Coffee juga terbilang masih menawarkan harga yang terjangkau dibanding coffee shop lain di Singapura. Untuk segelas kopi dan makanan pendamping seperti kaya toast bisa dibeli mulai kisaran harga 5 SGD atau sekitar Rp 50 ribuan. Sementara untuk menu minumannya saja seperti kopi bisa dibeli di kisaran 2-3 SGD.


Chye Seng Huat Hardware


Photo by Danny Santos / Singapore Tourism Board


Bila tak ingin ngopi di kedai kopi tradisional, Agan juga bisa kok ngopi di tempat ngopi hits kekinian seperti yang ada di Chye Seng Huat Hardware ini. Coffee shop ini bisa dibilang termasuk tempat ngopi paling hits di Singapura. Banyak keunikan yang bikin tempat ini terkenal. Salah satunya ada pada bangunannya Gan. Dari depan, coffee shop ini terlihat layaknya toko biasa dengan papan nama dari kayu yang terletak di bagian luarnya. Tapi jangan salah, begitu Agan masuk ke dalam, Agan seperti di bawa ke tempat dengan suasana yang jauh berbeda dengan bagian luarnya.

Bagian dalam Chye Seng Huat Hardware dengan desain interior dan lighting yang modern bikin ngopi di sini benar-benar seperti lagi nongkrong di kafe-kafe kekinian yang digandrungi anak muda jaman sekarang lah. Bagian dalamnya juga terbagi ke dalam indoor dan outdoor. Para pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih dari sekedar ngopi di sini Gan. Ini karena pengunjung bisa melihat aksi para barista ketika meracik kopi di bar yang memang dibuat persis di tengah-tenah ruangan. Selain itu untuk pecinta kopi lainnya, Chye Seng Huat Hardware juga menyediakan pelatihan kopi dan ruangan pribadi untuk mencicipi kopi loh.


Photo by Singapore Tourism Board


Sebetulnya selain kopi, Chye Seng Huat Hardware juga menyediakan menu lain seperti roti, beer dan makanan berat lain. Cuma buat Agan yang benar-benar pecinta ngopi sebaiknya jangan lupa mencicipi kenikmatan racikan-racikan kopi mereka yang sudah terkenal itu. Maknyus.

Lokasi: 150 Tyrwhitt Rd, Lavender, Singapore
MRT terdekat: Lavender
Kisaran harga: Menu kopi di Chye Seng Huat Hardware dibanderol mulai dari kisaran harga 3SGD atau sekitar Rp 30ribuan. Sementara menu lainnya seperti desserts yang tersedia mulai dari kisaran harga 10SGD atau sekitar Rp 100ribuan.


Nylon Coffee Roasters


Photo by devlonair.blogspot.com


Pecinta kopi wajib sih datang ke tempat yang satu ini. Nylon Coffee Roaster sendiri sebetulnya bukan seperti cafe, melainkan hanya roasters saja. Jadi mereka memanggang sendiri semua biji kopinya. Pemiliknya sendiri konon katanya adalah pasangan Dennis Tang dan Jia Min Lee yang benar-benar mencintai dunia perkopian dan selalu berburu biji kopi berkualitas terbaik di berbagai tempat.


Photo by sprudge.com


Lokasi Nylon Coffee Roasters sendiri sedikit nyempil, terletak di kawasan ruko Everton Park. Tempatnya mungil . Hanya ada peti kayu di bagian luar yang jadi meja sekaligus kursi. Di bagian dalam ada beberapa kursi tapi tak banyak. Jadi kalau ngopi di sini dan nggak kebagian kursi Agan bisa menikmatinya sambil berdiri. Itu makanya tak jarang pengunjung yang datang jarang ada yang berlama-lama di sini dan memiilih untuk take away. Meski kecil tapi ngopi di sini sensasinya beda terutama karena wangi kopi yang menyeruak bikin pengunjung betah meski minum kopi hanya sambil berdiri. Selain nyicipin kopi, di sini Agan bisa ngobrol dan nanya-nanya seputar kopi atau bahkan membeli biji kopi langsung. Jangan cari cemilan atau makanan pendamping di sini karena Nylon Coffee Roaster cuma menyediakan kopi aja Gan.

Lokasi: 4 Everton Park #01-40
MRT Terdekat: Outram Park
Kisaran harga: Menu kopi yang tersedia di sini ada di kisaran harga 3 – 5 SGD atau sekitar Rp 30ribuan – Rp 50ribuan.


emoticon-Salam Kenal


Itu dia beberapa tempat yang harus dikunjungi para pecinta kopi saat berkunjung ke Singapura. Sebetulnya masih banyak kok kedai kopi atau coffee shop lainnya yang bisa kamu kunjungi selain yang sudah ane jabarin tadi. Yang jelas kalau Agan mau eksplor pasti banyak tempat ngopi baru dengan kejutan dan sensasi berbeda yang bisa kamu temukan di berbagai penjuru Singapura.

Selamat ngopi di Singapura ya Gan!


midorikusuma
midorikusuma memberi reputasi
17
11.7K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan