Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

haykalpAvatar border
TS
haykalp
Data Mining
Data Mining penerapannya dalam bidang bisnis
Pada saat ini perkembangan kegiatan bisnis semakin pesat. Seiring dengan ketatnya persaingan dibidang usaha penjualan, contohnya usaha penjualan alat tulis. Para pengusaha dituntut untuk melakukan pelayanan optimal terhadap para konsumennya agar mendapat kepuasan saat membeli barang. Seperti yang dilakukan oleh toko guna menarik minat para konsumen dilakukan dengan cara memberi harga yang lebih murah dari toko lain. Pada saat ini toko membutuhkan manfaat dari data mining untuk menentukan letak barang yang nantinya bermanfaat sebagai bahan pertimbangan konsumen sebelum membeli.

Di atas disebutkan data mining, lalu apakah data mining tersebut?

Data Mining adalah proses penemuan pola, ekstrasi, dan eksplorasi secara otomatis atau semiotomatis terhadap data dalam jumlah yang besar. Hasil dari data mining dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang akan datang.
Data Mining mempunyai fungsi yang penting untuk membantu mendapatkan informasi yang berguna serta meningkatkan pengetahuan bagi pengguna. Pada dasarnya, data mining mempunyai empat fungsi dasar yaitu:

1. Fungsi Prediksi. Proses untuk menemukan pola dari data dengan menggunakan beberapa variabel untuk memprediksikan variabel lain yang tidak diketahui jenis atau nilainya.
2. Fungsi Deskripsi. Proses untuk menemukan suatu karakteristik penting dari data dalam suatu basis data.
3. Fungsi Klasifikas. Klasifikasi merupakan suatu proses untuk menemukan model atau fungsi untuk menggambarkan class atau konsep dari suatu data.
4. Fungsi Asosiasi. Proses ini digunakan untuk menemukan suatu hubungan yang terdapat pada nilai atribut dari sekumpulan data.

Pada saat ini penjualan alat-alat tulis, dari hari ke hari semakin pesat terutama saat awal masuk sekolah. Dengan berbagai macam alat-alat tulis yang beredar di pasaran, jelas akan mempengaruhi perilaku konsumen untuk memilih berbagai macam alat tulis yang ditawarkan oleh penjual. Oleh karena itu, toko alat tulis membutuhkan pengelolaan yang baik terutama pengelolaan barang. pemilik toko dapat merancang kampanye pemasaran dengan cara menata letak barang sesuai dengan jumlah barang yang paling banyak terjual.
Menentukan letak barang digunakan aplikasi data mining. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi yang mengelompokan serta mencari pola dari penjualan barang yang sering muncul bersamaan menggunakan aplikasi data mining dengan algoritma Apriori. Dengan dibangunnya aplikasi ini akan dicari sebuah pola dari penjualan barang dengan nilai di atas rata-rata dari satu bulan yang nantinya akan digunakan sebagai acuan menentukan letak barang.

Menurut opini saya data mining sekarang ini penerapannya dalam bisnis yang khususnya dibahas saat ini adalah toko alat tulis sangat dibutuhkan karena cara kerja data mining adalah dengan menemukan pola pembelian alat tulis, dengan ditemukannya pola tersebut konsumen tidak perlu khawatir dengan kekurangan stok alat tulis. Pola tersebut dapat pula menentukan alat tulis yang sering dibeli oleh konsumen. Dengan diketahuinya alat tulis yang sering dibeli penjual bisa menentukan letak alat tulis tersebut ke tempat yang mudah dilihat konsumen.

Dengan data mining diharapkan memudahkan dan menguntungkan berbagai pihak dalam melakukan kegiatan bisnis.

Referensi : 

1. Purwiambodo, Rega. 2017. Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Penjualan Alat-Alat Tulis dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Simki.unpkediri.ac.id, diunduh pada 19 Maret 2019.
2. https://www.kajianpustaka.com
3. http://gsbipb.com
1
220
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan