CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c887b74f4ae2f76af06bb3f/peneliti-tuding-saudi-sembunyikan-lokasi-asli-gunung-sinai

Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Kembali ke soal sinai... Mencari gunung horeb dan atau sinai, mayoritas arkeolog terkini tidak terobsesi mencari gunung tersebut, karena menganggap kisah tersebut ranah legenda... Ini seperti mencari lokasi atlantis versi daratan.

Soal membelah laut teberau (yam suf), berdasarkan analisa ahli sejarah dan alkitab, kisah ini adalah penggabungan dari berbagai sumber narasi, ada yang mengatakan jika itu adalah rawa-rawa, namun ada juga syair yg bercerita seakan tenggelam di lautan...dan penulis kitab kejadian menggabungkan semuanya dengan kisah membelah laut persis yang dilakukan oleh yoshua pada kisah berikutnya di sungai yordan, dan pada kisah (yang mungkin lebih tua) yakni elia membelah sungai yordan

2 Raja-raja 2:8 (TB) Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering.

Dan oleh elisa

2 Raja-raja 2:13-14 (TB) Sesudah itu dipungutnya jubah Elia yang telah terjatuh, lalu ia berjalan hendak pulang dan berdiri di tepi sungai Yordan.
Ia mengambil jubah Elia yang telah terjatuh itu, dipukulkannya ke atas air itu sambil berseru: "Di manakah TUHAN, Allah Elia?" Ia memukul air itu, lalu terbagi ke sebelah sini dan ke sebelah sana, maka menyeberanglah Elisa.
Diubah oleh gezer
Soal gunung horeb, gunung ini terakhir disinggung dalam kisah elia... Kitab ini dipercaya oleh richard friedman disusun oleh nabi yeremia..

1 Raja-raja 19:1-9, 11-13 (TB) Ketika Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia dan perihal Elia membunuh semua nabi itu dengan pedang,
maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia: "Beginilah kiranya para allah menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jika besok kira-kira pada waktu ini aku tidak membuat nyawamu sama seperti nyawa salah seorang dari mereka itu."
Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana.
Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku."
Sesudah itu ia berbaring dan tidur di bawah pohon arar itu. Tetapi tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia serta berkata kepadanya: "Bangunlah, makanlah!"
Ketika ia melihat sekitarnya, maka pada sebelah kepalanya ada roti bakar, dan sebuah kendi berisi air. Lalu ia makan dan minum, kemudian berbaring pula.
Tetapi malaikat TUHAN datang untuk kedua kalinya dan menyentuh dia serta berkata: "Bangunlah, makanlah! Sebab kalau tidak, perjalananmu nanti terlalu jauh bagimu."
Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.
Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka firman TUHAN datang kepadanya, demikian: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?"


Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

Jika gunung horeb disekitar arab ex negeri midian, maka jarak dari bersheba kira2 391km, jika orang sehat mampu berjalan 5km perjam, maka akan dicapai selama 78,2 jam, jika dalam sehari dijalani 6jam maka akan dicapai dalam 13 hari saja...

Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

Jika gunung horeb berada di semenanjung sinai, maka perjalanan akan memakan waktu sekitar 15hari jika kecepatan 5km/jam dan sehari maks 6jam berjalan kaki...

Sekalian membaca kitab yg sama, dan melihat pola2 kisah yang di copy paste ke kisah yang lain... Kisah elia berikut akan di salin dan di letakkan pada kisah abraham pada kitab2 apokrib yang muncul ratusan tahun kemudian...

Lalu firman-Nya: "Keluarlah dan berdiri di atas gunung itu di hadapan TUHAN!" Maka TUHAN lalu! Angin besar dan kuat, yang membelah gunung-gunung dan memecahkan bukit-bukit batu, mendahului TUHAN. Tetapi tidak ada TUHAN dalam angin itu. Dan sesudah angin itu datanglah gempa. Tetapi tidak ada TUHAN dalam gempa itu.
Dan sesudah gempa itu datanglah api. Tetapi tidak ada TUHAN dalam api itu. Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa.
Segera sesudah Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya, lalu pergi ke luar dan berdiri di pintu gua itu. Maka datanglah suara kepadanya yang berbunyi: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?"
Diubah oleh gezer
Quote:


asumsi waktu itu gak mutlak kan puh, karena kalo misal perjalanannya rombongan, tentu akan lebih lama lagi. belum lagi bawa ibu-ibu, kakek-nenek, dan bayi serta perbekalan lainnya.

nah kalo diarahkan ke Arab Selatan, berapa hari puh gez?
Lihat 1 balasan
Quote:


ini menarik nih puh. apalagi Arab selatan itu gudangnya spiritual di zaman pra-Islam, lebih heterogen dibanding Makkah. ada Yahudi, Nasrani Najran, pagan, dll disertai kuil-kuilnya yang serupa dengan Ka'bah (berbentuk kubus).

ane mau nanya puh bp. ente tentu udah mafhum kan kalo Arab yang digunakan Al-Qur'an adalah Arab klasik, masih anget abis peralihan dari Arab kuna. udah pernah ada belum analisis linguistik yang menginterpretasikan ayat-ayat muqaththa'at (alif lam mim, tha ha, qaf, ya sin, dll) dari asal-usul ke aksara-aksara Mesir kuno, khususnya Phoenician yang merupakan induk aksara Arab?

contoh: alif-lam-mim (Al-Baqarah: 1)

alif = berasal dari simbol/piktografi alep dalam Proto Sinai/Mesir Bawah Tua yang berarti "lembu". merupakan simbol umum bagi rumpun-rumpun aksara Phoenician yang menyerupai "tanduk lembu", dan semua bahasa Semit mengacu pada makna ini. Lane's Arabic Lexicon juga mencatut "tanduk lembu" sebagai makna leksikal dari aksara alif ini meskipun dalam aksara Arab mengalami transgresi dari simbol tanduk lembu menjadi simbol satu/esa.

alep dalam aksara Proto Sinai
Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

alap dalam aksara Paleo Ibrani
Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

lam = berasal dari simbol el di hampir seluruh kebudayaan Semit yang melambangkan "tongkat gembala". dalam aksara Phoenician disebut "lamed" El juga merupakan dewa Kanaan yang bermakna "tuhan/dewa" dan disimbolkan "kerbau". kalo dicek di Lane's Lexicon, "lam berarti lana fi bani fulanin dima'a" = kami memiliki klaim atas keturunan si anu, atau memiliki hubungan darah (memperanakkan, to blood).

lamed dalam aksara Phoenician
Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

alat gembala di Mesir kuno, tongkatnya merupakan simbol el.
Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

mim = berasal dari simbol mem dalam aksara Phoenician yang berarti "air". air merupakan alat yang dapat mengkuduskan/penyucian dalam kepercayaan orang-orang Timur Tengah. Alkitab pun menyebut roh Tuhan melayang-layang di atas permukaan air sebelum segalanya ada (Kejadian 1:2).

interpretasi umumnya, alif lam mim menunjukkan hubungan-hubungan mistik antara lembu, alat gembala, dan air, menyiratkan para dewa mengawasi dari langit.

contoh lain: ya sin (Yasin: 1)
ya = berasal dari simbol yad dalam hieroglifa Mesir yang melambangkan "tangan"/"lengan". digunakan dalam aksara Phoenician yang bermakna "milik" dari kalimat "el du YAHwi saba'ot" (tuhan pemilik segalanya). sejak itu, yah merupakan simbolisasi Yahweh, dewa agung yang diyakini masyarakat Kanaan. juga dalam aksara Ibrani, Tanakh memaknai "yah" sebagai "ehyeh asyer ehyeh" (aku adalah aku) yang merupakan leksikal dari "yod-he-ve-he (YHWH/Yahweh)", Tuhan satu-satunya yang disembah dalam Yudaisme. nama-nama nabi Yahudi juga banyak berakhiran "yah"/"yahu" yang maksudnya adalah Tuhan. contoh, Elia (Eliyahu) yang artinya "Tuhanku Yahweh". Zefanya (Tsefanyahu) yang artinya "Yahwehku tersembunyi".

sin = ini membingungkan. dalam simbol Semit menyerupai "gigi" dan disebut "syin". simbol ini dalam Ibrani (syin) meliputi unsur makna yang sama dengan dua sin di Arab, "sin" dan "syin". kemungkinan besar, ada hubungannya dengan dewi Sin (Nanna), dewi bulan Sumeria yang juga diyakini di Arab selatan (namun sebagai dewa, bukan dewi).

syin dalam aksara Phoenician
Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

interpretasi ane, ya-sin menunjukkan hubungan-hubungan mistik antara tangan dewa dan giginya, menyiratkan kekuasaan/daya cengkeram dewa. atau bisa juga kultus terhadap dewa Sin yang menyiratkan tangannya dewa Sin.

FYI
believe it or not, bahasa Arab yang digunakan Al-Qur'an (Arab klasik/aksara Hijazi) adalah formasi baru dari Arab-arab kuno (Proto Arab) yang juga merupakan aksara-aksara peralihan (musnad) di Arab selatan. sehingga untuk memahami ayat-ayat muqaththa'at adalah menelusuri kembali aksara-aksara musnad dan induk-induknya.

Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

tapi sekali lagi ini cocokologi ane aja. ane belum nemu ada pembahasan sekuler tentang ayat-ayat muqaththa'at ini. menurut mbah gimana?
Diubah oleh tyrodinthor
Quote:


jgn lupa sabean yg jg hobi nyembah dewa bulan,dewa bulan sabean =almaqah sendiri sepertinya adalah sebutan sabean utk sin/suen/nana sendiri ,juga dengan simbol sapi nya.

yeha temple yg diduga milik sabean jg bentuknya kotak

Peneliti Tuding Saudi Sembunyikan Lokasi Asli Gunung Sinai

Quote:


nah kalau aksara ane kurang paham deh,biasa baca gituan ane skip krn kurang tertarik,hehehe
Diubah oleh beritapalestina
Faktor lain yg membuat ilmuwan tidak terobsesi meneliti lokasi gunung horeb dan sinai adalah narasi dalam kitab keluaran dianggap "fiksi"... Ini seperti mencoba meneliti lokasi atlantis atau lokasi negeri2 yg dilalui oleh sungokong ketika hendak ke negeri india.

Nama firaun yg tidak disebutkan namanya membuat lebih sulit untuk meletakkan setting kisah ini pada kronologi mesir, petunjuk yg didapat hanya pada kota pi ramses, yg dibangun oleh ramses ii sekitar tahun 1292 sm.

Firaun yg paling awal disebut adalah firaun shoshenk, pada kitab 1 raja2 dan dpt terindentifikasi. Hal ini menunjukkan jika kitab raja2 menunjukkan elemen historisnya, lagi pula kitab raja2 juga memberi kita petunjuk bahwa sang penulis kitab memperoleh datanya berdasarkan naskah kerajaan.

Bagaimana dng kisah musa? Sumbernya dari mana? Ini baru menarik dibahas...
Diubah oleh gezer
Quote:


kitab raja raja dan samuel pengecualian dari seluruh perjanjian lama..seluruh tokoh historis yg ditemukan arkeolog berasal dari dua kitab tersebut

Quote:


kenangan 240.000 bangsa hyksos yg diusir pahraoh ahmose dan mungkin ditambah bumbu bumbu spiritual khas ancient near eastemoticon-Big Grin

misalnya mengenai membelah laut..tuhan melalui perantara musa membelah laut mengingatkan saya akan tiamat(dewa air laut) yg dibelah dua oleh marduk,stlh laut merah terbelah terbebas lah budak2 yahudi dalam jumlah besar.sementara stlh kematian tiamat dan kaki tangannya qingu,manusia diciptakan dari darah qingu
Diubah oleh beritapalestina
Ilmuwan maximalis moderen, seperti richard elliot friedman berhipotesis, jika kelompok lewi adalah bukan penduduk kanaan, mereka berasal dari mesir, hal itu terlihat dalam nama2 kaum lewi yg bernuansa mesir (Moses/musa/mushi, aroon, assir, merari, hofni, pinehas). Setelah paham henotheisme akhenaten di tolak di mesir (Sekitah thn 1336 sm) mereka yang menganut paham ini tersingkir, keluar dari Mesir mereka mengembara, hingga ke wilayah midian, edom dan akhirnya ke tanah kanaan.. di wilayah midian dan edom ini lah dewa yahweh diadopsi oleh mereka.

Ketika tiba ditanah kanaan, mereka menjadi guru, imam bagi 11 suku israel, awalnya para suku israel ini memiliki dewa tertinggi bernama El, dan kelompok lewi ini yg melebur Yahweh hingga sama dengan El.

Pada saat era kerajaan israel, nama2 bernuansa yahweh telah jamak pada kaum ibrani ini, era monarki ini kira2 tahun 1000sm.

Jika kaum lewi adalah kelompok elit, mengapa narasi dalam kitab keluaran, mereka adalah bangsa yang diperbudak?
Diubah oleh gezer
gue ngerasa ini hanya trik untuk mencari peziarah ya emoticon-Amazed
Quote:


yg di israel nggak toh? sama saja,cuma simbolik tapi dikomersilkan
Quote:


mungkin mau merebut peziarah, pemerintah Arab Saudi kan lagi genjar berinvestasi emoticon-Big Grin
Quote:


sudah dari zaman dulu bisnis reliji tu menggiurkan,sejarah selalu berulang bungemoticon-Malu
jejak dulu, pembahasanya menarik untuk di simak untuk orang yg awam
wah gw demen nih ngebahas agama dari sisi historisnya
maap bre blom bisa ikutan nyumbang ijin nyimeng dulu aja emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh madjezzt
Quote:


Ini sesuai dengan 7 unsur budaya universal ya.
padahal sumur zamzam juga sudah dikomersialisasi Saudi...
Quote:


Urusan ini dah lama cuma medio 2014an makin parah kerjaan bkin perusahaan packing zam zam dan jmaah haji atw umrah wajib beli yg resmi itu
Quote:


Saudara ane beli botol nya doang trus isi sendiri , tapi begitu keluar / di bandara ditahan gak boleh dibawa.
Yg boleh dibawa yang udah dalam kemasan emoticon-Big Grin
Quote:


Itu yg kumaksud ane kerja guide umrah n hj medio 2012-2016 harus nya dri jualan botol ini saudi bisa jadi kaya raya cuma korup ajah mereka ini gila gilaan
Sebenernya untuk tau lebih jelas perkara macam begini, harus diketahui dulu bahasa yang dipakai di penamaan lokasi, nama orang dll di PL, PB dan Quran.

Sebagai contoh, ane berpendapat bahwa midian itu adalah madina, miriam itu adalah maryam, jethro itu adalah yathrib, yesus itu yoshua. Dan apakah abu Lahab itu merujuk ke Abu Al Ahab, alias bapaknya raja Ahab.

Tursina yang dimaksud di quran itu bahasa arab ataukah bahasa serapan. Begitupun kalimat nama nama lain dari PL, PB dan Quran.

Dan Muhammad itu bukan nama orang
Halaman 3 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di