rickyferdi336Avatar border
TS
rickyferdi336
UMKM SANG PENGGERAK EKONOMI

Ekonomi dalam suatu negara itu digerakkan oleh rakyat. Ketentuan ini berlaku pada setiap negara. Pemerintah sendiri berperan dalam mengatur tentang kegiatan ekonomi tersebut. Sinergi antara rakyat dengan Pemerintah dapat menentukan arah ekonomi kita. Faktor eksternal juga turut mempengaruhi ekonomi kita, seperti kondisi ekonomi dunia. Indikator baik atau tidaknya ekonomi kita secara umum adalah tingkat pendapatan nasional kita. Tingkat pengangguran semakin kecil juga menandakan tingkat ekonomi yang baik.

UMKM sendiri adalah salah satu unit terdepan yang mampu menggerakkan ekonomi Indonesia. Sektor ini sangat menyerap banyak tenaga kerja. Disamping itu, sektor ini pun mendatangkan penerimaan pajak yang sangat besar bagi pemerintah daerah setempat. Jokowi sendiri adalah sosok yang memang sangat memperhatikan UMKM Indonesia. Sebagai mantan pelaku UMKM, Jokowi paham betul apa saja masalah yang dihadapi para pelaku UMKM kita. Salah satu solusi yang diberikan oleh Jokowi adalah dengan menyederhanakan regulasi.

Kemendag dibawah pimpinan Enggartiasto Lukita, membuka peluang ekspor bagi para pelaku UMKM kita dengan cara menandatangani perjanjian ekspor dengan beberapa negara. Tentu hal ini adalah peluang bagi rakyat Indonesia. Kita dapat mempertimbangkan UMKM sebagai mata pencaharian, sebagai sumber pendapatan. Pemda setempat harus dapat berkomitmen penuh terhadap peluang ini. Mereka dapat memberikan pelatihan bagi para warga yang ingin memulai UMKM. Sektor permodalan pun juga haruslah mendapatkan perhatian, mengingat banyaknya warga yang terkendala modal. Permasalahan lain yang umum ditemukan adalah masalah pemasaran. Tingkat produktivitas yang tinggi akan terasa sia-sia apabila produk UMKM tidak dapat dipasarkan dengan cepat. Hal ini tentu dapat menjadi perhatian Pemerintah.

UMKM sendiri dapat bersinergi dengan berbagai sektor. Misalnya dengan sektor pariwisata. Kita ambil contoh Bali, dimana di berbagai obyek wisata di Bali, kita dapat menemukan produk-produk UMKM dari warga setempat. Tidak hanya pariwisata saja, kita bisa mendorong UMKM agar dapat bersinergi dengan sektor lain. Dengan ini, tentu UMKM sangatlah tepat kita sebut sebagai penggerak ekonomi paling depan.
0
1.4K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan