CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Sharing atau Konsul Seputar TBC yuk!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012451937/sharing-atau-konsul-seputar-tbc-yuk

Mantan Pasien TBC Masuk Dong :)

Tampilkan isi Thread
Halaman 73 dari 83
Quote:


Udah beberapa kali dicek dahaknya dipuskesmas katanya negatif gan . Aku saja bingung , jadi kepikiran sekeluarga
Quote:


Pernah dibronkoskopi gak? Klo gak pernah bisa jadi sisa lukanya dulu dari dalem paru. Klo tes dahak negatif brarti udah nggak terdeteksi bakteri tbcnya tapi ada juga kasus yg false negatif, ada tes tb lain yg lebih akurat kaya tb blood test (gold tb test) dan genXpert tapi mahal atau ada jg tes darah yg menghitung jumlah tingginya sel darah akibat adanya inflamasi dlm tubuh (saya lupa namanya tesnya). Klo mau lebih tenang lagi bawa ke dokter spesialis paru aja biar nggak kepikiran.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Kalo mempercepat penyembuhan penyakit dalam tuh nggak ada yg cepet gan kecuali jika YME menghendaki. Apalagi organ paru2, proses penyembuhannya secara ilmiah emang lama. Ditambah lagi bakteri tbc itu bandel. Ada sebuah penelitian di Indonesia klo ga salah di RS Cipto deh, pasien yg kena TB diminumin obat yg first line tb treatment itu dan juga konsumsi vitamin D dosis tinggi untuk melihat apakah pengobatan bisa menjadi lebih efektif dibandingkan mereka yg cuma minum obat saja. Mengejutkan hasilnya, obat tb + vit D itu penyembuhan menjadi lebih cepat dan efektif paling lama 6 bulan, sedangkan yg tanpa vit D itu bisa 9 bln treatment. Ada sourcenya di google waktu itu baca in English. Berjemur gan. Vit D yg paling mudah diserap tubuh itu berjemur di matahari. Dulu sebelum obat TB ditemukan, semua pasien di phototherapy atau di jemur dibawah matahari dan atau di bawah sinar UV buatan.
Quote:


Belum pernah dibronskoskopi gan , kayanya emang harus dibawa kespesialis paru deh .
Ada yg pernah sembuh atau masih dalam tahap penyembuhan TB paru boleh berbagi pengalaman donk.
Atau juga melalui WA 081270692518
1 mau nanya agan agan ada yg uda sembuh terus kambuh?

2. terus bagi yang uda sembuh biasanya konsumsi apa aja biar kesehatan tetap fit


Quote:


saya uda sembuh bang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


Quote:


sama gan aku juga ada maag itu yg buat bingug maag atau tb karena maag juga mempengaruhi paru paru gan
disini yg masih pengobatan ataupun mantan pengidap tbc atau mengerti tb dan berdomisili daerah medan bisa dong buat grup wa


Quote:


kalo aku dibantu minum habbatus sauda gan sama perbanyaj minum air putih dan jangan lupa okahraga ringan ya gan selama 15-30 menit sehari gan
tanya donk..
untuk tes IGRA atw tes lain'y untuk tbc kelenjar yg pakai bpjs adakah.??
RS mana ya.??

krn saya selesai pengobatan tp tidak ada tes pemeriksaan apapun..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:



Iya saya tau tidak semua RS..
mangkan'y saya tanya RS yg bisa pake bpjs..

Tes IGRA itu, tes kayak apa ya.??
itu buat liat hasil tb kelenjar negatif postif kan.??
Klo biaya dokter'y berapa.??
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mau tanya dong, ane udah bulan ke-5 minum OAT, trus barusan 3 hari lalu bisa kena demam lagi itu gapapa kah? Terakhir demam sebelum dikasih OAT sih, selama 5 bulan ini gapernah demam. Trus untuk batuk kapan sembuhnya ya, udah 8 bulan batuk. Batuknya tidak ada dahak dan jarang2 batuknya.
Agan2
mau nanya yg kena tbc kelenjar sering sakit kepala sebelah gitu gk?
selama saya kena tb kelenjar saya kok ngerasa sering sakit kepala kiri saya gitu ya; belikat saya juga kaya sering kerasa panas kaya encok gitu. kalo belikat saya kerasa panas pegel kepala saya juga kerasa sakit gitu.
apa karena saya kurang olahraga yah?
saya udh jalan pengobatan bulan ke 4 skrg. saya cuma minum obat warna kuning aja tanpa obat2 tunjangan lainnya; vit b yg dokter kasih juga kadang suka lupa saya minum; apa bener sebaiknya konsumsi selain vit b sm vit d juga?
gimana ya saya butuh masukan.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

U

Gan saya pengidap TB kelenjar sedan dlm pengobatan skrg bulan ke 6.. luka biopsi saya blm kering sempurna.. nah yg saya tanyakan biasanya luka biopsi TB kelenjar sembuh nya brp bulan ya gan?
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kalo untuk masalah vitaminnya gmn ya gan? ada vitamin tambahan lain gk? soalnya saya cuma dikasih obat yg kuning aja gan.
terus sering kerasa kaya engap gitu tp bukan asma, dada.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
untung kaskus ada sharing penyakit beginian, sebulan ane berobat di klinik jakarta barat alesan dokter macem2:
radang tenggorokan
kurang vitamin
gejala bahkan tipes

setelah wara wiri karena kesombongan ane sama pengobatan puskes terabaikan baru deh coba,karena kata temen saran murah masuk rumah sakit rujukan dr puskes dan ane coba, karena bener ga betah sama penyakit ane yang tiap hari klo kumat demam tinggi,batuk, apalagi klo bangun pagi klo dahak kering ga kluar g enak bngt di tenggorokan.
nah langsung aja tuh ke puskes hari senin, ane pake BPJS dan ternyata BPJS ane mati non aktif diakhir bulan, padahal disitu tertera gratis kelas 1 di kartunya, setelah dr situ ane bingung disuru ke kantor bpjs, ywd ane g hiraukan dlu yg penting penyakit ane, ane ikutin prosedur tes darah di lab puskes, hasil di kasih tau ke dokter, kata dy ini normal kok g kenapa2, ane bingung tuh padahal kondisi fisik lemah dengan BB naik turun dari 52 ,sekarang 50.60, nah keluarga nyuru rontgen paru2 karena batuk gw gak ilang2, akhirnya dokter nyaranin dah tuh cek dahak, setelah ke lab disuru bawa tempat A&B yang A dahak hari ini dan B dahak pagi hari atau sewaktu bangun tidur, dan kesokan harinya ane dateng bawa sample dahak B pas nyampe puskes kata org lab "besok dateng lagi jam 10:00 untuk cek hasilnya, boleh langsung pulang"
ya allah... gw mikir sampe segitu pelayanan puskes selama 2 hari itu ga obat satupun yg gw terima dr puskes, proses berhari2, untuk semtara yah gw pake andelan apotik, antibiotik sm paracetamol, 10mnt keringet ilang tuh yg namanya munyung tp tetep batuk ada trus.
nah... keesokan harinya baca hasil tuh, baru ketahuan deh tuh, dokter bilang positiv TBC sontak kanget bngt gw,bengong, umur 26 kaya gw udh ada penyakitan mana blm merid 😫, gw pasrah deh udh kehendak allah lagian semua akan kembali kepadaNYA.

udh hampir sebulan ini ane ga kerja izin sakit yg mereka tau tipes, bos paling g suka liat karyawan sakit yg bisa nular, sempet konsultan sm dokter puskes dy bilang sih, bakalan cover kl ane di pecat karena penyakit ane, ini hari ke 2 ane minum obat.
semoga aja ane ga ada meriang2 apalagi males2an lagi dengan obat ini, karena ane batuk dahakpun g adad darahnya. itu aja yg bisa ane sharing, dan untuk penyebab penyakit ane masih bingung drmn dan di lingkungan blm ada kabar yg terjangkit.
Quote:


tetap semangat gan minum oat ny cuma sebentar kok 6 bulan emoticon-Smilie ane malah lebih muda dr ente kena penyakit ini emoticon-Frown

tp alhamdulilah dah stop oat ny emoticon-Big Grin

kena karna lingkungan ane ada 2 org yg ngidap ama keluarga dari ortu saya juga ada jadi resiko pun tinggi
Quote:


banyak pertanyaan yang mw ane tanya sama mantan nih 😆
intinya masalah penyakit selagi dikasih kesehatan alhamdulillah klo engk anggap aja cobaan qt...

kan ane cuma dikasih obat 1 macem aja tuh... obat merah... itu kira2 penyakit demam tinggi hilang diberapa hari/minggu

trus banyak yg bilang minum susu bahkan kelapa muda yg ane tau netralin tubuh trus efek obat merah hilang dong?


kok yg ane baca post org rata2 dahak dan darah sedangkan ane hanya dahak tanpa darah berarti ga parah/gejala atau apa yah

maklum masalah penyakit serius seumur2 baru paling parah dan parno
Halooo salam kenal semua. Saya wanita usia 21 tahun 1bulan. Divonis dokter terkena tb paru dan baru menjalani pengobatan 2minggu.

Saya mau tanya, untuk efek samping obat itu biasanya dirasakan setelah berapa lama minum obat ya? Karna dari hari pertama minum obat saya tidak merasakan efek samping apapun, tp ketika masuk 2minggu kok dada dan punggung saya terasa nyeri, kepala keliyengan, jantung berdebar dan juga merasa cemas selama kurang lebih setengah jam. Apakah ini efek samping obat atau bukan ya?

Mohon infonya ya, atau barangkali ada juga disini yg merasakan hal sama seperti saya? Terimakasih.
Halaman 73 dari 83


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di