Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

teguhsatria89Avatar border
TS
teguhsatria89
Boots atau Sneakers yang Bagus Buat Daki Gunung?
Boots atau sneakers? Mungkin agan pernah bingung soal ini waktu mau jalan-jalan ke gunung. Masalahnya, yang namanya jalan-jalan ke gunung nggak sembarangan jalan-jalan, tapi agan mesti ngadepin trek yang nanjak. Udah gitu ya, model jalanannya juga nggak mulus kayak pas lagi ke mal, tapi banyak rintangannya, kayak batu-batu tajam, ranting-ranting, dan banyak lagi.

Spoiler for Daki Gunung:


Mau milih yang mana aja sih, sebenernya selalu ada enak dan nggak enaknya. Kalau pake boots, kaki terjamin aman banget, dari goresan, benturan, dan macem-macem, deh! Tapi, namanya juga kaki kita diapit rapat gitu, pastinya gerakan jadi kaku dan nggak terlalu bebas. Nah, kebebasan ini bisa agan dapet dari sneakers. Jeleknya, sneakers ini modelnya low cut, jadi kurang oke buat perlindungan kaki. 

Coba kita bedah deh, lebih dalem boots vs sneakers ini buat ngedaki gunung. 

1. Ringan vs berat
Ini sih semua orang udah tahu, ya. Sneakers mah pasti lebih ringan daripada sepatu boots. Nggak usah pake nimbang, diliatnya aja udah jelas. Sepatu boots dengan paddle tinggi dan sol yang lebih tebal udah kebayang beratnya. Karena lebih berat, otomatis pake sepatu boots lebih bikin kaki capek daripada sneakers.
Ada juga sepatu boots yang bisa dibilang ringan banget, kayak Lowa Renegade GTX Mid, tapi tetep aja ya, kaki kurang bebas geraknya. Coba cek aja di situsnya www.lowaboots.com. 

Spoiler for Lowa Renegade:


2. Breathibility : Low vs High
Sepatu boots itu biasanya lapisan anti-airnya, kayak Gore-tex, dibikin lebih tebel karena lebih diperlukan pas ngedaki lintasan ekstrim yang suhunya juga lebih ekstrim. Akibatnya,  bagian dalam kaki jadi lebih panas. Kalo suhu luar dingin sih, malah enak jadi anget gitu, tapi kalo pas panas, siap-siap kaki kegerahan. Nah, kalo sneakers, breathibility-nya lebih tinggi, jadinya pas dipake pasti lebih adem. Wajar sih, namanya juga buat sepatu lari. Kalo breathibility-nya nggak bagus, bisa jamuran deh itu kaki!
Ada juga sih, sneakers yang malah breathibility-nya kurang bagus, karena lebih fokus ke lapisan anti air kayak Salomon X Ultra 3 GTX dan The North Face Ultra 110 GTX. Kalo mau pake sneakers buat daki gunung, dua merek ini oke banget. Tapi karena impor harganya selangit, Gan!

Spoiler for Salomon X Ultra:


3. Fleksibel vs Kaku
Seperti yang ane barusan bilang, sneakers kan lebih banyak berfungsi buat sepatu lari, otomatis juga bahan sepatunya dibikin lebih fleksibel. Sebaliknya, sepatu boots yang paddingnya tinggi dan lapisan luar sepatunya tebel bikin kaki nggak bebas bergerak. Buat medan-medan pendakian terjal, ini menolong banget karena ngebantu kaki mengendalikan geraknya.  

4. Safety
Lapisan luar sepatu boots biasanya jauh lebih tebel dari sneakers, jadi mau ngapa-ngapain pake sepatu boots jadi lebih aman. Kalo sneakers kan lebih fokus ke ringan dan fleksibelnya, jadi bahannya dibikin lebih tipis. Apalagi karena padding engkelnya rendah, mata kaki dan pergelangan kaki cenderung kurang aman. Coba kalo padding engkel yang tinggi banget kayak Laarz Madril yang standar militer, safetynya terjamin banget, Gan!

Mau liat sepatu outdoor standar militer? Nah, main-main aja ke situsnya: www.laarz.id. Ini sepatu boots yang safetynya terjamin, tapi harga masih bersahabat. Rada mahal dibanding sneakers lokal? Kalo diliat dari fitur-fiturnya yang menjamin keamanan kaki agan masih wajar, kok.

Spoiler for Laarz:


Intinya, sneakers sama sepatu boots ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sneakers, yang khusus buat trail ya, bisa juga sih buat naik gunung, tapi di medan-medan pendakian yang nyantai. 

Masalahnya, kalo mau naik gunung, menurut ane sih, safety itu yang utama. Apalagi, perbekalan buat naik gunung itu banyak banget, kan? Pasti agan bakal bawa beban berat banget. Sepatu boots lebih mumpuni Gan, buat nopang berat ini, jadi nggak ngebebanin kaki. Aman juga buat pinggang dan punggung agan, lho! Makanya, ane tetep ngerekomendasiin sepatu boots sekalian karena lebih aman buat kaki agan yang wajib dilindungin! 

Agan sendiri lebih suka pake sneakers atau sepatu boots pas daki gunung? Sharing di sini pengalaman agan-agan, ya!
Diubah oleh teguhsatria89 11-03-2019 13:24
1
2.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan