Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
Begini Wujud Benda Sehari-hari di Zaman Dulu


Hy gan.

Sekarang jutaan jenis benda pernah digunakan orang-orang di dunia,hal itu dilakukan untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan mereka.Beberapa benda juga cukup esenial perannya dalam kehidupan,kita contohkan smartphone,tanpa smartphone rasanya tak bisa.

Beberapa benda pun kian berubah wujudnya seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi yang cukup pesat.Beberapa benda bahkan berubah 180 derajat,jika kita melihat wujud saat awal dia ada,sungguh tak bisa kita duga bahwa itu adalah banda yang kita gunakan sekarang.

Berikut adalah beberapa wujud benda saat awal ditemukan dibandingkan dengan wujudnya sekarang.


1. Televisi

Spoiler for TV:

Quote:

Televisi memulai produksi massalnya di Jerman pada tahun 1934.Sebuah kotak kayu besar dengan layar yang kecil serta kualitas gambar yang masih kabur,dulu TV yang diproduksi bisa dilepas hingga US$ 445 ,harga tersebut setara dengan US$ 7,000 ( Rp 98.000.000 ) harga saat ini.

Bentuk dan harga TV zaman sekarang dengan zaman dulu memang cukup kontras,sekarang TV dengan berbagai teknologi layar dan bentuknya yang simpel bisa agan dapatkan di toko elektronik seluruh dunia dengan harga yang tak semahal TV dulu.Hmm.


2. Kacamata

Spoiler for Kacamata:

Quote:

Kacamata pertama di dunia tidak dibuat untuk melindungi mereka dari pancaran sinar matahari langsung,tetapi untuk menghindari mereka dari "Kebutaan Salju".Penduduk zaman dulu membuat kacamata sepenuhnya dari kayu,tulang atau benda tak transparan lainnya dan membuat sedikit celah sempit untuk visibilitas.

Kacamata ini membantu mereka agar dapat melihat saat terjadi refleksi cahaya yang menyilaukan pada permukaan salju yang tebal.

Namun sekarang,kacamata tak begitu,bentuk dan fungsinya juga beragam,mulai dari melindungi dari cahaya matahari,membantu penglihatan hingga untuk penunjang penampilan.


3. Kamera Digital

Spoiler for Kamera Digital:

Quote:

Saat agan jalan-jalan atau melihat suatu peristiwa,kamera adalah alat yang wajib ada untuk mengabadikan berbagai momen penting.Kalau agan hidup di zaman dulu pada tahun 1975 dimana kamera digital mempunyai berat hampir 4 kg dan dilengkapi dengan kaset film dan ditenagai oleh 16 baterai.Bayangkan betapa beratnya.

zaman dimana kamera digital masih belum berkembang pesat seperti sekarang,mengabadikan momen penting adalah hal yang ribet.Sekarang,kemana saja agan pergi,kamera pasti ada dikantong,dan soal kualitas gambar juga top,iya top layaknya kamera digital.


4. Mesin Cuci

Spoiler for Mesin Cuci:

Quote:

Mesin cuci pertama kali dipatenkan pada tahun 1851.Dan bentuknya lumanyan merefleksikan bentuk dari mesin cuci modern,namun zaman dulu mesin cuci mesti dioperasikan dengan tenaga manusia.Dan mesin ini mampu mencuci 10-15 baju sekaligus dalam sekali operasi dan tenaga utama mesin itu adalah 10 ekor keledai.

Sekarang,kalau ingin cuci baju,mudah.Tak harus pakai tenaga keledai.


5. Alat Bor

Spoiler for Alat Bor:

Quote:

Sekarang,urusan nge-bor memang bukan perkara sulit,itu sangat mudah bahkan tenaganya cukup besar.

Berbeda saat awal ditemukan pada pertengahan abad ke-19,pengoperasiannya harus mengandalkan kekuatan fisik yang prima.


6. Jaket Pelampung

Spoiler for Pelampung:

Quote:

Sekarang,menggunakan berbagai alat transportasi seperti pesawat dan kapal pasti keberadaan pelampung sangatlah penting,bahkan tak ada kapal dan pesawat yang tak dilengkapi jaket pelampung.

Berbeda dengan dulu,keberadaan pelampung dianggap tidak penting karena mengganggu pergerakan.Iyasih,dilihat dari foto,jaket pelampung zaman dulu cukup ribet.


7. Sepatu Roda

Spoiler for Sepatu Roda:

Quote:

"Sepatu roda" pertama eksis di tahun 1743,namun bentuknya cukup berbeda dengan sepatu roda sekarang,bahkan sepatu roda pada zaman itu hampir tak mungkin dioperasikan.


8. Kalkulator

Spoiler for Kalkulator:

Quote:

Kalkulator saat awal ditemukan (disebut Aritmometer) hanya bisa menjalankan empat fungsi dasar,dan tingkat keakuratannya ditentukan oleh keakuratan orang yang melakukannya.

Kalkulator sekarang sudah cukup komplit fiturnya,kita contohkan saja kalkulator scientist yang punya cukup banyak fungsi.


9. Alat Monitor Bayi

Spoiler for Monitor Bayi:

Quote:

Zaman ini sang ibu bisa memonitor bayinya dengan alat semacam kamera dengan format audio dan video.Bahkan ketika ibu berada di ruangan lain,ia tetap bisa memantau bayinya.

Dulu,fungsi alat ini juga sama dengan sekarang namun terbatas,dulu hanya sebatas audio dan ibu tak boleh berada jauh-jauh dari sang bayi dan itu cukup rumit kalau dibandingkan dengan sekarang.


10. Hard Drive

Spoiler for Hard drive:

Quote:

60 tahun yang lalu,hard drive pertama diperkenalkan kepada publik.Berat mereka hampir 7kg dan hanya mampu menyimpan 5 MB data.

Sekarang harddisk sudah cukup kecil bahkan hanya beberapa ons,mungkin tak sampai dan mereka bisa menyimpan hingga 1 terabite data!bahkan sekarang tak perlu hard disk lagi,kita cukup menyimpan seluruh data di Cloud drive,simpel.


Demikian beberapa wujud benda saat pertama kali diluncurkan,mungkin kita tak akan mengenali kalkulator di zaman dulu karena bentuknya yang cukup berbeda.Perkembangan teknologi juga membuat kehidupan sehari-hari semakin mudah.Lihat saja dulu untuk mengoperasikan mesin cuci perlu 10 ekor keledai,dan itu ribet kalau kita bandingkan dengan sekarang.

Saleum.





Sumber Referensi : Sini

23
14.4K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan