Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

far18Avatar border
TS
far18
PESAN TERPENDAM MAHASISWA DROP OUT

Orang bijak pernah mengatakan `carilah ilmu setinggi-tingginya`, tapi ane belum pernah dengar ada orang bijak berkata `koleksilah ijazah sebanyak-banyaknya`. Kalimat barusan hanya istilah bahwa sebenarnya pendidikan selalu menjadi prioritas, baik pendidikan formal maupun informal. Tapi kali ini ane akan berbagi pesan terpendam ane sebagai mahasiswa yang drop out atau tidak menyelesaikan pendidikan kuliah sampai lulus wisuda dan dapat ijazah. Check this out :
1.       Ane Senang
`Waduh gila ya ini orang, ga lulus kuliah malah senang`. Bukan dalam konotasi negatif ya gan, ane memang bahagia dan bangga pernah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi selama 4 tahun walaupun memang tidak ada bukti (ijazah) bahwa ane pernah kuliah. Nilai IPK ane pun tidak buruk yaitu 3,4 , ya ane senang punya pengalaman, channel, ilmu di bangku kuliah dan beberapa bisa ane terapkan sekarang di dunia kerja. Hah? Ga lulus tapi udah kerja? Yuk lanjut dibaca.
2.       Ane sedih
Ya tidak bisa dipungkiri, dalam lubuk hati ane pasti ada perasaan sedih, ane ga bisa bahagiain ortu yang pengin banget lihat anaknya wisuda, mengecewakan teman-teman yang selalu tanya kapan wisuda, dan yang paling sedih ane cukup direndahkan oleh orang-orang sekitar dan teman-teman kuliah dulu. Tapi itu semua belum seberapa dibandingkan usaha ane dalam menjalani hidup, karena kebanyakan dari mereka tidak tahu perjuangan yang ane alami sampai sekarang. Jadi ane tetap bersemangat untuk terus jalan walaupun orang-orang terus datang dan pergi.
3.       Ane punya alasan
Terserah kalian mau bilang ane banyak alasan lah atau bilang aja malas lah, terserah. Keputusan ini tidak dipikirkan dalam satu malam, ane selalu berkaca tentang tiga faktor saat akan mengambil keputusan, yaitu kemampuan, kemauan, kebutuhan. Dimana kemampuan ane saat itu tidak mendukung, baik dari ekonomi, sosial, spiritual. Kemauan ane untuk dapat ijazah pun tidak terlalu besar, bagi ane pendidikan itu perlu, tapi ijazah itu ga penting-penting banget sehingga ane pribadi pun ga terlalu butuh ijazah dan pada waktu itu ilmu yang ane serap selama 4 tahun sudah cukup tanpa harus buang waktu menyusun tugas akhir.
4.       Ane beruntung
Sekarang ane sudah bekerja di bidang marketing. Sedangkan teman ane yang sudah lama lulus masih terus chat ane tanya lowongan kerjaan. Seperti kata orang bijak, kuliah itu penting, tapi tidak cukup. Yang paling penting itu apa yang akan dilakukan setelah kuliah. Kalau kita kurang persiapan, link ga ada, kita akan kerepotan sendiri nantinya.
5.       Ane bersyukur
Pada akhirnya ane tidak pernah mengeluh, ane paham sekali bahwa jalan hidup seseorang itu tidak pernah sama. Dan yang bisa membuat kita bertahan saat ada badai adalah selalu bersyukur dengan keadaan kita sekarang. Percayalah kalau kita senantiasa bekerja keras dan terus berdoa niscaya kita akan cepat mencapai apa yang kita impikan.
Jadi apakah disini ane mengajarkan kalian untuk sama-sama drop out? Sama sekali tidak. Adik-adik sekalian, apa yang ane alami pastinya berbeda dengan apa yang kalian alami. Kalau kalian merasa bisa untuk lulus, itu lebih bagus, artinya kalian bisa bertanggungjawab. Tapi tanggungjawab kalian tidak hanya sampai situ, selanjutnya kalian harus bisa menanggung beban terhadap gelar yang kalian miliki setelah lulus, itu yang lebih penting.






anasabila
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.3K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan