Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.nona.Avatar border
TS
.nona.
Unik Loh !! Inilah Singkatan Jajanan Kuliner Di Indonesia


Makanan dan kuliner di Indonesia memang berbagai macam bentuknya, bila kamu hitung mungkin ada ribuan kuliner khas dari Indonesia.

Namun tahukah kamu bahwa sebenernya dari ribuan jajanan atau makanan khas Indonesia itu ada yang berawal dari nama singkatan. Tentu saja makanan itu pun sangat populer dan banyak di jajakan di banyak wilayah Indonesia.

Nah makanan atau jajanan kuliner apa saja yang memakai nama singkatan,


Ketoprak



Siapa yang tidak tahu makanan yang khas dari Cirebon ini dengan lontong, bihun, dan bumbu kacang memang makanan yang sangat cocok untuk di santap saat pagi dan sore hari karena rasanya yang khas, tapi tahukah kamu kalau ketoprak merupakan sebuah singkatan “ketupat dan toge di geprek”

Nah bagaimana, tentunya para penikmat ketoprak belum banyak yang tahu bukan. Tapi apanya yang di geprek ya gan emoticon-Bingung (S)



Batagor



Sudah tahu kan makanan khas dari Bandung yang paling disukai oleh banyak orang terlebih lagi oleh anak-anak sekolah, selain rasa dari bumbu kacangnya yang khas makanan ini juga mempunyai tekstur yang menarik.

Nah tapi kamu tahukah kamu singkatan dari nama makanan ini “bakso tahu goreng” itulah awal sesungguhnya dari nama Batagor yang kita kenal.



Comro dan Misro



Siapa yang tidak kenal dengan jajanan ini walau sering di jual oleh kantin sekolah jajanan Comro ini sebenarnya banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang ada pedas-pedasnya dan dapat membuat hati senang saat memakannya, kemudian kawannya misro ada rasa manis yang dihadirkan.

Tapi kamu tahukah kalau jajanan comro merupakan singkatan dari “oncom di jero” sedangkan misro adalah “amis (manis) di jero” atau manis di dalam. Itulah singkatan yang dipakai untuk menamai makanan ini agar mudah dihafal dan dikenal orang.


Cireng, Cimol, Cilor, Cilok



Makanan berbahan tepung kanji atau aci ini memang terbagi menjadi berbagai macam variasi makanan. Nah singkatan dari masing-masing jajanan ini adalah,

Cireng adalah "Aci di goreng" lalu Cimol "Aci di gemol" kemudian Cilor "Aci pake telor" terakhir Cilok "Aci di Colok" tentu saja keempat jajanan berbahan aci ini sangat digemari oleh anak-anak sekolah.


Basreng, Baskar,



Basreng identik dengan rasa yang pedas dan garing bila dimakan pun rasanya seperti kerupuk yang enak dan renyah.



Baskar identik dengan bakso bulat yang di berikan bumbu yang basah, seperti saos atau kecap dan di tusuk seperti sate.

Cemilan berbahan dasar bakso ini sempat laris di kalangan anak-anak seperti namanya yang unik, singkatan dari Basreng adalah "Bakso goreng" sedangkan Baskar "Bakso bakar".


Cuanki



Ini salah satu jajanan yang paling unik namanya, kembali jajanan dari daerah kota Bandung yang berbahan dasar bakso yang berkuah namun kecil-kecil dan lebih dikenal dengan nama Cuanki.

Pedagang keliling ini menamakan Cuanki karena singkatan "Cari Uang Jalan Kaki" wah.. Bener-bener unik ya.


emoticon-Angel

referensi tulisan


4
4.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan