ontooohodAvatar border
TS
ontooohod
(SHARE Sederhana) Mengapa Properti (tanah atau bangunan) dan Aset Susah Laku
Mengapa properti (tanah atau bangunan) agan yang akan dijual sulit sekali lakunya? Padahal properti atau aset itu berada di tempat strategis, prospektif, punya nilai jual dan daya tawar bagus. Terus, properti agan sudah diiklankan pada agen properti terpercaya dan berkualitas, tetapi masih saja sulit laku. Malah sudah banting harga tetap tak banyak yang minat. Bahkan sudah berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun, belum juga laku. Apalagi ketika agan akan menjual properti itu lantaran terdesak alias kepepet, butuh sekali.

Ada lagi contoh kasus lain. Properti atau aset yang akan dijual sudah banyak yang minat, sudah banyak yang nawar, malah ada yang sudah memberi tanda jadi dan siap transaksi tetapi ujug-ujug batal karena berbagai alasan yang sulit dicerna akal. Nah, apa sebabnya properti yang hendak dijual sulit sekali laku?

Mungkin agan-agan, para sesepuh sudah mengerti, tapi sekedar sharing-sharing sederhana. Kalau tidak karena faktor misalnya kemahalan alias harganya tidak sesuai, atau tidak prospektif, mungkin ada faktor penyebab lain yang diluar logika. Percaya ga percaya, bisa jadi disebabkan faktor x alias faktor mistis. Bisa jadi karena :
  • Properti yang akan dijual dihuni makhluk-makhluk halus yang betah banget sehingga enggan keberadaannya terusik oleh aktivitas manusia.
  • Bisa jadi karena sihir, semacam guna-guna yang menyebabkan properti sulit laku


Karena penyebabnya ulah makhluk halus (jin, dedemit, dll), mungkin agan-agan yang ga terlalu ngeh masalah supranatural sering atau paling tidak pernah mendengar ada properti yang nampak angker sulit laku walaupun sudah banting harga.

Dan kalau penyebabnya dari faktor sihir (semacam guna-guna), bisa jadi itu karena dilatari ulah sesorang yang punya niat jelek, iri, hasud, dengki, sehingga seseorang itu mengguna-gunai properti agar susah laku. Katakanlah sesorang itu minta bantuan dukun, paranormal atau istilahnya minta bantuan orang pintar untuk mengguna-gunai supaya properti itu sulit laku. Motifnya ya bisa jadi karena sengketa, persaingan usaha, atau ada hal lain. Misal juga, ada seseorang yang mengincar properti agan, terus dia minta bantuan orang pintar untuk mengguna-gunai agar properti agan susah laku, tidak laku pada siapapun, lalu supaya properti itu harganya jatuh, dan malah diarahkan supaya dijual pada sesorang itu dengan harga dibawah standar. Bisa juga motifnya menyangkut perebutan warisan, misalnya antara si ahli waris a dengan si ahli waris b, dimana si ahli waris a meminta bantuan orang pinter untuk menggunai-gunai properti warisan agar tidak jatuh ke tangan si ahli waris b.

Modus guna-guna pada properti bisa beragam. Ada yang membuat properti nampak seram dimata pembeli dan orang-orang, sehingga calon-calon pembeli merasa enggan atau takut untuk membelinya. Ada yang mengguna-gunai dengan menghalang-halangi, caranya misalkan ketika menyurvei, si calon pembeli dibuat tidak suka dengan properti yang diminatinya. Ada saja halangan yang membuat transaksi pending atau batal. Yang lebih ekstrem, modusnya setiap calon pembeli dibuat ada saja halangan sehingga gagal membeli properti yang ditawarkan. Malah lebih radikal ada contoh kasus si pembeli yang tiba-tiba sakit, bahkan ada yang meninggal sebelum transaksi jual beli properti deal. Ngeri kan?

Jadi, kalau ingin diperlancar atau supaya lebih mudah cepat laku itu properti harus dibagaimanakan? Ya diusahakan, istilahnya semacam diruwat. Pengertian ruwat itu bisa berarti dibersihkan dari penghalang-penghalan yang membuatnya sulit laku. Penghalang itu tentu saja faktor diluar logika, sebut saja faktor mistis/supranatural. Kalau agan sendiri tidak bisa atau tidak tahu caranya, ya bisa minta bantuan seseorang yang bisa melakukannya, katakanlah semacam paranormal, dukun atau sering disebut dengan “orang pinter”.

Ada berbagai teknis yang bisa ditempuh pada pelaksanaan ruwatan dalam rangka mengusahakan agar properti yang akan dijual cepat laku. Itu tergantung pilihan pribadi masing-masing. Ada yang memakai cara-cara ruwatan tradisonal, atau sesuai aliran dan cara si orang pinter itu, ada yang dengan cara-cara Islami. Ada juga yang memakai ritual atau prosesi semisal menyediakan sesajen, mengubur kepala hewan-hewan tertentu. Pilihannya, tergantung agan yang punya properti.

Bagaimana kedudukan orang pinter/paranormal yang membantu alias mensareatkan mempermudah urusan penjualan properti? Apa sama posisinya dengan makelar? Mungkin saja fungsinya hampir serupa dengan makelar, baik makelar ataupun orang itu prinsipnya sama-sama membantu mempermudah penjualan. Bentuk kerjasama, teknis dan prosedurnya tergantung kesepakatan masing-masing. Penentuan profesional fee, semacam balas jasa, prosentase, itu pun tergantung kesepakatan masing-masing, antara si empunya properti yang akan dijual dengan seseorang yang membantu meruwat alias membantu memperlancar proses penjualan properti.

Percaya ga percaya, dan pilihan ada ditangan si empunya properti. Sepertinya menyisihkan sebagian biaya untuk jasa mepermudah proses penjualan properti sekaligus membersihkan penghalang agar properti yang akan dijual lancar lakunya cukup sepadan bukan?

Manusia hanya bisa berencana dan berusaha, toh Tuhan yang menentukan hasilnya.

ecluides
ecluides memberi reputasi
3
10.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan