Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

ยฉ 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lolokbuaya87Avatar border
TS
lolokbuaya87
tekink menyepuh mengeraskan pisau
What up agan semua nubie numpang lewat.. salam hormat pada senior semuanya.. moga2 ane di terima dengan baik.. langsung aja senior ane mau berbagi penglaman singkat nih.
Ane punya hobi bikin pisau and peralatan tajam dari baja lainnya. Bengkel alias prapen (dikampung ane tempat atau tungku blacksmith di sebut prapen) letaknya di pekarangan dan peralatan ane yg sederhana banget (tar di tread lain ane ajak senior semu ngelihat peralatan ane). Ane udh hampir 2th nyalanin hobi ini (ane sebut hobi karena hasil karya ane gak pernah ane rupiahin, kalo ada yg suka ane kasi cuma2).. nah dari sekian banyaknya tahap2 dalam pengolahan logam ini ada namanya proses menypuh.. proses nyepuh adalah proses pendinginan baja yg masih panas ke media tertentu, bisa air atau minya dll.. nah.. ini pengalaman ane nyepuh baja biar senior bisa ngasi pendapat buat pemula ini..
1. Pertama kali ane nyoba ane nyepuh pisau dapur buatan ane spesifikasi bahannya dari gunting rumput bekas, pisaunya tipis panjang kira2 12cm lebar 3cm. Ane sepuh pake minyak goreng bekas (nemu di dapur kayaknya bekas gorengan ikan teri emak di dapur๐Ÿ˜‚) ane bakar tuh dibtungku (ane tungku arang bos) sampe merah bata and celupin seketika ke minyak goreng. Keluar api minyaknya karena panas dari pisaunya. Hasilnya lumayan bagus tapi pas di pake ternyata kurang keras atau tajem istilahnya masih lunak besinya, menurut senior semua gimana?.. kurang nya apa?.. apa bahannya yg jelek atau suhunya atau media minyaknya??..
2. Lelah dengan hasil minyak ane coba keluar dari zona nyaman, ahirnya ane coba nyepuh pake air. Berlajar berdasarkan pengalaman ane liat di youtube and ane beranikan diri meski banyak yg mehawatirkan bilah bisa retak bahkan pecah kalo salah mempertimbangkan suhu dan pencelupan nah ini riwayatnya gan.
a. Ane bikin pisau dapur biasa, spesifikasi panjang lebar hampir sama kayak pendahulunya, bedanya adalah bahan yakni per daun bekas (loaknya bilang pick up lama keluaran 80an, wihh kayak era musik pop lawas aja pake keluaran pikir ane), seperti biasa ane bakar agak merah dan celupin ke air, coosss ane celupin sekali and ane tahan di air, udah berdebar ane takut krack tapi waktu tak lihat wihh.. sukur masih bagus gak krack alias retak.. tapi kegembiraan ane hilang setelah dipake kurang lebih 3bln sama mbah ane.. ane ketemu pisau itu lagi bagai reunian bapak dan anah dan kondisinya, perut si pisau alias bagian tajemnya tuh entah kenapa kok bisa ilang, maksud ane tuh pisau berubah bentuk perutnya cekuk ke dalem, tafsir ane karena sering dipakai makanya bisa cekung gitu padhal ane nuat tu lurus, asumsi ane kayaknya kurang panes suhunya, menurut agan gimana?, apakah ini karena bahanya?.
b. Langsung aja kali ini ane buat sesuatu yang gak nyangka ane bisa bikin dengan peralatan sederhana ane.. kali ini ada tiruan dutch klewang, ya walaupun mendekati cuma 70% karena ane baru belajar jadi garapan ane gak begitu halus, spesifikasi panjang kurang lebih 47 cm lebar 5cm pangkal ujung sama, tebal ane lupa gak ngasi penggaris kira2 se tebal bahannya karena ane gak rubah sama sekali dari tebal bahan asli, bahan per daun bekas 80an sebelumnya, ane sepuh pake sedikit olesan garam di bladenya alias bagian tajemnya (ane sering lihat lokal pande pake garem asumsi ane bisa lebih tajem hasilnya), trus ane bakar agak panes ane olesn air garam sampe garamnya nempel merata di bagian tajemnya ujubg kepangkal, ane bakar lagi and cosss.... ane velupin ketika udah merah dikit dan hasilnya gak ada retak ane gembira๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„... tapi semua berubah saat negara api menyerang, ane asah tu kelwang pake asahan batu dan eng ing eng burnya ya tuhannnn... ane coba tebasin ke bambu, blade nya bengkak-bengkok asumsi ane kayaknya masih lunak, oke ane sepuh lagi kali ini metidenya sama tapi tempo manesinya ane lamain, trus cosss ane celupin klewang bandel ini ke air kaya nyelupin sebelumnya (ane nyelupin kayak nyepuh katana bang, langsung cosss gak diangkat sampai dingin), dan kretek bluppp!!!... suara yang gak asik kedengeran di telinga ane, pelan pelan ane lihat, yaaaahhhhh kalong kampret gan pecah dia, waduh sirna sudah perjuangan ane 5hari bikin, but ane coba tes ketajaman wah tajem nih cuma hasilnya rapuh ane pukulin sedikit udah compang, tapi buat ngirs mantap nih.. asumsi ane lagi nih ya gak tau sama pendapat senior, kayaknya si baja per nih terlalu stress (bukan gila lho) karena penurunan suhunya terlalu drastis sialnya ane celup sekali doang dan gak ane angkat, trus sisa capek di sepuh kemarin mungin juga nyebabin, nah yang masih misterius si air garam ini buat apa coba??๐Ÿ˜•๐Ÿ˜• ane make tapi gak ngerti... coba deh senior para blacksmith dan pandai besi semua ngasi saran buat refernsi pengetahuan ane...
Nah.. sekian dulu agan semua, pengalaman nyepuh ane, masih ada kok yang lain mulai dari nyepuh oake oli dan lumpur juga ada ane bakal bahas di diskusi berikutnya, ane mintak permakluman dari senior2 semua kalo tulisan ane masih kaku and banyak salah, maklum ini yang pertama, jangan di ambil hati. Ane ucapin terimakasi buat senor2 yang udh mau nyimak tulisan ane yang panjang bin lebar ini.. di ahir kata ane ucapin terimakasi buat kalian semua.. Arigatou bosqu
tata604
tata604 memberi reputasi
2
22K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan