CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
PLN Kasih Diskon, Apakah Sudah Waktunya Kita Beli Motor Listrik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6e4877b41d3051cd197f83/pln-kasih-diskon-apakah-sudah-waktunya-kita-beli-motor-listrik

PLN Kasih Diskon, Apakah Sudah Waktunya Kita Beli Motor Listrik?

PLN Kasih Diskon, Apakah Sudah Waktunya Kita Beli Motor Listrik?


Belakangan ini, keberadaan motor listrik semakin sering terlihat di jalanan komplek atau pun jalanan umum. Namun, kebanyakan masih dipakai oleh ibu-ibu untuk membeli sayur atau mengantar anaknya yang masih TK ke sekolah.

Namun, sepertinya tren motor listrik akan menjadi kenyataan. Apalagi PLN berniat untuk memberikan diskon untuk pelanggannya yang memiliki kendaraan listrik.

Seperti yang dilansir dari detikOTO, Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman mengatakan, diskon ini ditargetkan rilis pada akhir bulan ini atau awal Maret 2019.

"Kalau bisa akhir bulan ini kita keluarkan, mudah-mudahan 1 Maret bisa," katanya di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Syofvi menjelaskan, diskon penggunaan listrik akan diberikan ke pelanggan yang memiliki kendaraan listrik. Diskon ini berlaku pada pukul 22.00 hingga pukul 04.00. Pada waktu tersebut sering dipakai untuk pengisian daya kendaraan listrik

Sementara, diskon untuk tambah daya diberikan untuk pelanggan yang memiliki mobil, motor dan kompor listrik.

"Pertama, diskon kalau kalian nge-charge jam 10 malam sampai 4 pagi. Kedua, diskon tambah dayanya kalau punya mobil listrik jauh lebih besar dibanding kamu hanya punya motor listrik, atau kompor induksi, tapi kita mau izin dulu sama Pak Jonan. Tapi direksi sudah sepakat," terangnya.

Soal besaran diskon, Syofvi belum bisa memaparkan secara rinci. Dia hanya bilang, untuk diskon penggunaan listrik tak sampai 50%.

"Nggak nyampe lah masa 50%, kalau tambah daya sampai 50%," ujarnya.

Sementara, untuk tambah daya diskonnya bisa sampai 50% terutama untuk pemilik mobil listrik. Pemberian diskon tambah daya ini bakal bertingkat.

Gimana Gan? Tertarik beli motor listrik?

Sejauh mata memandang ada sekitar tiga motor listrik yang menarik perhatian, yaitu:

1. VIAR Q1


PLN Kasih Diskon, Apakah Sudah Waktunya Kita Beli Motor Listrik?



Viar Q1 sudah dijual di Indonesia. Ketika diluncurkan, Viar mengumumkan harga Q1 tak sampai Rp 20 juta, tepatnya Rp 16,2 juta.

Viar Q1 menggunakan sistem penggerak listrik dari Bosch. Motor sanggup menjelajah sampai 60 km sekali baterai terisi penuh.

Dari motor listrik bertenaga 800 watt itu, motor bisa berlari dengan kecepatan sampai 60 km per jam. Baterai Viar Q1 mengusung baterai ion lithium dengan siklus pengisian antara 600-800 kali. Kapasitas baterai mencapai 2 KwH dengan waktu pengisian sampai penuh antara 5-7 jam.


2. GESITS


PLN Kasih Diskon, Apakah Sudah Waktunya Kita Beli Motor Listrik?


Sementara motor listrik lainnya, Gesits, menggunakan baterai ion lithium sehingga dapat menempuh jarak hingga 80-100 km untuk sekali pengisian baterai penuh dengan waktu pengecasan 1,5 hingga 3 jam.

Dari sisi top speed, Gesits dapat melaju hingga 100 km/jam atau setara motor berkapasitas 125 cc. Soal harga, Gesits takkan jauh lebih mahal daripada roda dua bermesin 125cc saat ini. Sebagai informasi, motor konvensional sekelasnya saat ini dibanderol sekitar Rp 16-20 jutaan.

3. LINCAH


PLN Kasih Diskon, Apakah Sudah Waktunya Kita Beli Motor Listrik?


Lincah menggunakan baterai Lithium ion yang memiliki konsep two bank, masing-masing baterai memiliki 1 kwh yang dapat menempuh jarak hingga 60 km dengan satu kali pengisian memakan waktu hingga 3-4 jam.

Lincah dapat mencapai top speed 70 km/jam. Tenaga setara dengan motor berkapasitas 100 cc.


Sumber
Diubah oleh aksibelacinta
buset itu gesit seriusan ngecasnya cuman butuh 1,5 - 3jam?
HP sony jadul ane kalahh emoticon-Ngakak
enak nih, bisa bantu go green juga emoticon-Big Grin
boleh juga
blm waktunya, karena nggak ada anggaran duitnya
diskonnya pasti cuma buat promoin motor listrik ja, biar pada beli. giliran udah banyak naikin harga.
baterai ion lithium relatif umurnya bukannya cuma 2 tahunan ya.. kira2 worth ga ya kalo hrs ganti2?
kalo tempat ngisinya kaga ada percuma ,,, mati dijalan berabe...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di