Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seamenclubAvatar border
TS
seamenclub
Unpredictable life
Setelah lama jadi SL, akhirnya, ....
Ini kali sebenarnya rewrite trit ane yang dlu. " Seafarer love, hope and faith ". Cuma ane tulis ulang karena mulai dari nol. Jadi terpaksa ngubah judul. Tapi intinya ke sana juga koq. Jadi maap kalo ada typo,salah kamar, ato kesalahan ane lainnya di mari.
Sebenarnya ane bingung mau mulai dari mana, ane masih newbie gan. Kalo ada suhu, momod ato mimin yang berkenan membimbing ane ke jalan penulisan thread yang benar, ane welcome bingit gan. Perlu di ingat bahwasanya segala nama ane samarkan guna melindungi nama baek orang2 di sekitar ane.tapi tanpa mengurangi segala sesuatunya, rangkaian kejadian lika-liku hidup ane sebagai seafarers. Posisi gw sekarang gw lagi kapal dalam perjalanan ke port selanjutnya. Gw bakalan update setiap kali gw nyandar. Karena gw nungguin wifi gratisan. He..he..maklum wifi kapal bikin jebol. Paketan sejam kena charge $4. Segala sesuatu yang ane tulis di sini based on thr true story of my life. Not her,his or even then. So this absolutely real!!
Setelah pusing ,bingung dan guling2an kesana kemari buat nyari inspirasi judul thread pertama ane ini.akhirnya ane putuskan judul thread ini :
Unpredictable life
So here we are…
Masa kecilku
Sebut saja dwi. Gw anak ke2 dari 2 bersaudara. Gw lahir di kota kecil di bawah lereng gunung kembar. Sejak kecil bokap nyokap gw dah pisah. Karena satu dan lain hal yang sampe detik ini gw ga tau kebenaran sesungguhnya. Jadi dari kecil gw hidup dan dibesarkan oleh kakek nenek gw.
Masa kecil gw ga semenarik anak2 lainnya. Kalo ada lagu yang pas buat mengekpresikan mas kecil gw , mungkin punya nya Last child “diari depresi”. Iya dari kecil gw hidup berkekurangan. Dan kakek nenek gw mendidik gw secara militer. Bayangin aja anak usia sekolah dasar kelas 2 udah di biasain ngambil air di sumur depan rumah. Trus di bawa ke kamar mandi yang letaknya di belakang rumah. Dan itu bak mandi tingginya 1,5 meter. Abis bantuin cuci piring dan ornamen dapur lainnya seperti panci,penggorengan dll. Waktu itu gw ngeluh setengah mati sama Tuhan. Rasanya ga adil sekali. Di luar sana anak2 lainya bisa hidup berkecukupan harta dan kasih sayang. Sementara gw di sini menderita sedemikian rupa. Tapi detik ini kalo gw ingat itu semua. Satu yang ada di benak gw “ rencana Tuhan indah pada waktuNya. Ya.. Kalo gw ga nglewatin itu smua. Gw ga akan jadi pribadi yang sekuat ini.
Fyi semenjak nyokap pisah ama bokap. Nyokap gw terpaksa pergi merantau ke arah barat. Bukan nyari kita suci bareng shun go kong ya…Cuma beliau mesti kerja sekedar jadi buruh pabrik buat nyukupin kebutuhan kedua anaknya. Gw ama abang gw. Sedangakan bokap gw??? Ga tau ngilang krmana. Dari kecil gw di doktrin sama kakek nenek gw kalo bokap gw bukan orang yang baik. Dia tega nelantarin gw dan abang gw. Juga ninggalin nyokap gw buat pergi nikahin wanita lain. Dan di akhir dari kalimat doktrin kakek nenek gw selalu bilang “bokap lw dah mati di tabrak mobil”.
Gw yang dari kecil haus kasih sayang kadang ga kuat ngadepin semua ini. Tapi gw dari kecil di ajarin bahwasanya temen curhat terbaik itu “Tuhanmu”. Karena dengan curhat kepadaNya. Secara ga langsung kita sudah berdoa. Karena menurut gw hakikat doa itu adalah percakapan kita dengan Tuhan kita.
Dari sd, smp , smu ga ada yang menonjol dari hidup gw. Gw tumbuh jadi pribadi yang tertutup,minder dan ga percaya diri. Semua itu di dukung dengan kondisi ekonomi gw yang bisa di bilang berkekurangan. Gw selalu jadi langganan telat bayar spp, buku dan keperluan sekolah lainnya. Bahkan kas kelas pun gw selalu ga bayar. Di saat yang lain ke sekolah bawa bekal uang saku 500 – 1000. Gw Cuma bisa pegang duit 100-200 aja. Ga jarang gw di kejar2 guru ataupun bendahara kelas gara2 telat bayar buku maupun iuran kelas. Urusan cinta???? Jauh banget. Gw bahkan ga pernah punya temen deket cewek. Temen sekelas asal tau nama aja. Makanya sampe detik ini gw ga pernah yang namanya menghadiri acara reunian.
Karena ga ada yang menarik dan hanya berisikan penderitaan hidup gw. Mending gw skip aja ya bagian masa kecil dr sd sampe smp ini.
Memasuki masa smu. Yang kata orang masa indah masa sma. Buat gw sama aja. Nothing special. Di sma gw memasuki masa puber kali ya…mulai lirik sana sini. Cuma tetep aja ga ada keberanian meski Cuma sekedar negur temen cewek gw. Di sma gw mulai sedikit nakal. Kenapa gw bilang sedikit. Karena bentuk kenakalan gw Cuma sekedar bolos sekolah. Cabut ke rental ps. Gtu aja…gw ga kenal yang namanya miras,narkoba ataupun sejenisnya. Boro2 buat beli gtuan. Uang saku ke sekolah aja gw cuma 1000 perak. Tahun 1997an duit segitu Cuma cukup buat beli soto 1 sama gorengan 2 plus es teh. Kadang kalo ada keperluan mendadak sementara kiriman nyokap lewat wesel belom nyampe. Ya…jaman itu masih pake wesel pos. Gw terpaksa jual barang2 bekas. Kayak buku2 bekas. Koran bekas yang gw kumpulin hasil meminta2 ke temen2 gw. Ada sih rasa malu terbersit. Takut ketahuan temen sekolah. Soalnya meski halal. Namanya anak muda masi mikir gengsi. Takut di bully sebagai pemulung. Makanya gw jual nya ngumpet2. Barang2 gw masukin tas sekolah gw. Dandan rapi. Sore2 kluar rumah biar di kira les ke primaga** atau neu*** 😁 . Padahal tujuan gw ke pengepul pemulung. Jual barang bekas kiloan. Luamyanlah bisa buat nambah uang jajan.
Fyi sebenarnya dari kecil gw udah dapet ortu asuh. Itu bantuan dari gereja tempat ane Ibadah tiap minggu. Jadi waktu gw kelas 2 sd. Ada tuh bule2 misionari dari amrik mau bantuin anak2 ga mampu di tempat gw. Jadi gw ma beberapa temen sebaya ane di ambil fotonya. Trus di baw tu foto ke amrik. Di tawarin ke gereja 2 .kali aja ada jemaat sono yang tertarik mau jadi ortu asuh. Kebetulan gw dapet satu kluarga yang baek bener. Tiap bulan doi kirimin 20 dollaran. Jaman sgtu udah ckup banyak. Cuma ma yayasan gereja di saranin Cuma sebagian aja yang bisa di pake. Sisanya di tabung buat masa depan. Dan bener aja. Ketika gw lulus sma. Gw ambil tu duit. Ga banyak juga skitaran 5 jtan lah.
Dari kecil gw di doktrin sama kakek nenek gw. Menurut mreka hidup itu simple.sekolah yg pinter. Lulus sma merantau ke jakata. Kerja jafi buruh pabrik. Ngambil kpr rumah. Abis lunas rumah ambil kreditan motor, syukur2 mobil. Abis lunas baru nikah. Itu dah di jalani oleh hampir smua anggota keluarga dari pihak nyokap gw. Smua hidup di jakarta dan skitarnya. Anggapan orang2 kampung. Mrrka udah sukses.
Tapi sesudah gw lulus sma. Darah muda gw berontak. Gw ga mau ngikutin tradisi konyol. Gila aja kerja gaji umr. Ngambil kpr 15 th. Kreditan kendaraan 5 th. Brapa lama tuh gw kalo mau nikah? Udah keburu tua kali. Makanya berbekal duit hasil tabungan gw slama ini yang Cuma 5 jtan. Gw nekat mau kuliah. Otomatis rencana gw di tentang keluarga besar gw. Berbagai sodara mencoba nasehatin gw. Cuma nyokap gw diem aja. Beliau tau gw anaknya keras. Kalo punya keinginan mesti tercapai gimana caranya. Waktu itu Cuma leway telpon, nyokap Cuma bilang “ ibu takut ga bisa biayain kamu”. Dengan pede gw bilang “ buk, slama ini kita hidup berkekurangan menurut pandangan kita, tapi Tuhan selalu mencukupkan.dengan seijinNya dan restu dari ibu. Aku yakin aku bisa lalui itu semua”.
Akhirnya luluh juga hatinya. Hari itu di berikanlah restu buat gw kuliah. Gw yakin gw bisa kuliah sambil kerja. Dan kota tujuan gw udah bulat “ jogja”. And here...the story just begin...
Diubah oleh seamenclub 18-12-2018 11:57
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan