noisscatAvatar border
TS
noisscat
Saat Pendukung Jokowi Beli Lukisan Seharga Rp 2 Miliar


TEMPO.CO, Jakarta - Miliaran rupiah mengalir dalam acara lelang lukisan karya seni lintas generasi "Satu Arah untuk Indonesia Maju" di Ballroom Hotel Pullman Central Park, Jakarta pada Senin malam, 11 Februari 2019. Lukisan pertama karya seniman Kartika Affandi yang dilelang dengan harga awal Rp 100 juta, laku dengan harga Rp 2 miliar.



Lalu siapa pembelinya?
Pembelinya ternyata adalah politikus Hanura Nurdin Tampubolon. "Iya tadi saya membeli lukisan itu dengan harga Rp 2 Miliar pakai uang pribadi," ujar Nurdin saat ditemui Tempo di Hotel Bidakara, Jakarta pada Senin, 11 Februari 2019.

Proses lelang karya Kartika Affandi itu laku seharga Rp 2 miliar dalam waktu lima menit saja. Di dua menit pertama, ada penawaran seharga Rp 1 miliar. Pada menit terakhir, kemudian terjual 2 miliar.
Saat pelelangan lukisan pertama, hadir calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi. Setelah lukisan pertama dilelang, Jokowi meninggalkan lokasi acara. Selanjutnya lelang berlanjut, namun tawaran harga tak setinggi ketika Jokowi hadir.

Sampai berita ini ditulis, lelang masih berlangsung sampai lukisan ketiga dan semuanya laku di bawah Rp 1 m iliar.
Ada 73 karya dari 32 seniman lintas generasi yang dilelang dalam acara ini. Lukisan dan karya seni rupa yang ditampilkan antara lain yakni karya-karya; I Nyoman Nuarta, Goenawan Muhammad, Hanafi, Erica, Nasirun, Anton Subiyanto, Kartika Affandi, Putu Sutawijaya, Hojatul, Gusmen Heriadi, Deddy Sufriadi, dan Heri Kris. "Ini bentuk dukungan para seniman untuk Pak Jokowi," ujar Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto di Hotel Bidakara, Jakarta pada Senin, 11 Februari 2019.

Pantauan Tempo, lukisan-lukisan tersebut dibanderol dengan harga awal Rp 15-500 juta. A dapula patung karya Nyoman Nyoman Nuarta bertema 'Dignity' yang dibanderol dengan harga Rp 550 juta.

Bendahara TKN, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, acara itu tak lain digelar untuk menggalang dana kampanye untuk pasangan Jokowi - Ma'ruf. " Lukisan -lukisan para pelukis akan dilelang dan para pelukis itu menyumbangkan lukisannya untuk penggalangan dana. Banyak pengusaha kami undang," ujar Trenggono saat dihubungi Ahad malam, 10 Februari 2019.

https://nasional.tempo.co/read/11746...ga-rp-2-miliar



#Seniman Lelang Lukisan untuk Kampanye Jokowi

Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin menggelar acara lelang karya seni yang akan dipakai untuk biaya kampanye di Pilpres 2019 . Selain lelang, acara bertajuk '#01 Satu Arah untuk Satu Indonesia Maju' itu juga berisi acara pameran karya 32 seniman.
Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan lelang itu merupakan bagian dari sistem gotong royong yang selama ini diterapkan TKN.

"Seluruh penerimaan termasuk juga gotong royong dari dana malam nanti itu semua akan dilaporkan dalam rekening dana kampanye dan akan dipakai nanti," ujar Hasto di lokasi acara di sebuah hotel di Jakarta, Senin (11/2).
Hasto mengatakan dalam acara tersebut ditampilkan keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia. Kebudayaan yang merupakan satu kesatuan dengan kekuasaan.

"Pada hari ini kita bisa melihat ekspresi kebudayaan nusantara yang luar biasa yang disampaikan oleh para seniman kita, para budayawan kita membentuk tingkat keadaban kita sebagai bangsa," ujar Hasto.
Hasto menuturkan kebudayaan sebuah bangsa sangat menentukan kemajuan bangsa. Sebab, kebudayaan memberi ruang untuk nilai-nilai kemanusiaan diekspresikan.

Karya senin yang ditampilkan dalam acara ini adalah lukisan, patung, hingga kain. Seluruh barang seni itu merupakan karya dari 32 seniman yang ada di Indonesia.
"Ini sekali lagi sebagai sebuah cermin tingkat peradaban kita. Tanpa kebudayaan suatu bangsa akan mati, tanpa kebudayaan politik bagaikan di padang gurun tanpa oase," ujarnya.

Hasto mengatakan acara pameran karya seni serupa pernah dilakukan oleh para seniman pada Pilpres 2014. Ia menyebut kala itu para seniman menggelar pameran dalam rangka mendukung Jokowi.
Dukungan para seniman, kata dia, diberikan karena Jokowi memiliki kepedulian terhadap kebudayaan.

"Pada tahun 2014 yang lalu, para seniman di Museum Affandi di Yogyakarta membuat sebuah kolaborasi '2014 Kami Melukis Sebagai Bentuk Dukungan' sebuah manifesto yang sangat luar biasa bagi kepemimpinan Pak Jokowi yang betul-betul membawa nilai-nilai kebudayaan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, karya seni yang dipamerkan dan dilelang, di antaranya lukisan karya Kartika Affandi seharga Rp250 juta, lukisan karya Nasirun seharga Rp250 juta, lukisan karya Paul Hendro senilai Rp40 juta, hingga patung burung garuda karya Nyoman Nuarta yang dikabarkan telah laku terjual Rp550 juta.


Putri Affandi Dukung Jokowi

Dalam kesempatan ini, putri pelukis Affandi, Kartika Affandi menyatakan mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Kartika mengaku sikap itu merupakan konsekuensi atas dukungan yang pernah diberikannya kepada Jokowi pada Pilpres 2014.
Jokowi dinilainya adalah sosok yang luar biasa. Namun, ia tak menjelaskan secara spesifik kelebihan apa sehingga kembali mendukung Jokowi.

Kartika yang kini berusia 85 tahun hanya mengaku tak sabar mengetahui ekpresi Jokowi ketika melihat sejumlah lukisan miliknya dan sejumlah lukisan karya seniman lain.
Kartika menjadi salah satu tamu undangan dalam acara '#01 Satu Arah untuk Satu Indonesia Maju' yang digelar TKN Jokowi-Ma'ruf. Ia turut serta memajang karya lukisnya berjudul 'Membajak Sawah di Tasikmalaya'.

Lukisan berukuran 120x150 centimeter itu dilelang dengan harga awal sebesar Rp250 juta. Uang hasil lelang itu juga akan didonasikan untuk dana kampanya Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.
https://nasional.kompas.com/read/201...ampanye-jokowi



Capres nomor urut 01 Joko Widodo hadir dalam acara pameran dan lelang lukisan yang diselenggarakan oleh Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin yang digelar di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat. Tak cuma hadir, capres petahana itu bahkan turut menggoreskan sentuhan tangannya di atas kanvas yang lantas dilanjutkan oleh seorang seniman bernama Gusmen Heriadi.

Lantaran terdiri dari banyak guratan warna, lukisan itu kemudian diberi nama 'Estetika Warna' dan terjual dengan harga Rp400 juta setelah dalam pembukaan lelang dibanderol Rp80 juta.
"Dan terjual seharga 400 juta rupiah kepada kursi 32 C, selamat," kata Choky Sitohang yang memandu acara lelang, Senin (11/2/2019).

Secara terpisah, usai hadir dalam acara pameran dan lelang tersebut, Jokowi mengatakan jika dirinya memang ikut berpartisipasi dengan menggoreskan kuas cat ke beberapa kanvas lukisan kemudian dilanjutkan oleh para seniman lukis itu.


HORANG KAYAH..... GAK PERLU NGEMIS KE RAKYAT.....
Diubah oleh noisscat 11-02-2019 22:01
7
6.9K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan