dodypratama91Avatar border
TS
dodypratama91
Suka Memotret Langit Di Malam Hari? Gunakan Tips-tips Ini Supaya Fotonya Menawan!
Siapa sih yang gak pernah terpesona sama keindahan alam? Keindahan alam itu bisa bikin kita takjub loh sama semua isinya, termasuk keindahan yang muncul di langit pada malam hari saat bintang-bintang muncul meramaikan kegelapan. Terkadang, pasti kita punya keinginan untuk mengabadikan pemandangan langit malam tersebut ke dalam sebuah foto, kan? Sekali-sekali, cobalah wujudkan keinginan tersebut tanpa berpikir takut hasilnya jelek atau apa lah.

Sekarang, kita bisa loh memotret langit dan bintang-bintangnya di malam hari hanya bermodalkan kamera smartphone. Mau tau gimana caranya? So, check this out!

Gunakan fitur manual mode
Spoiler for :

Untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna, kita membutuhkan bantuan dari fitur kamera smartphone yang mempunyai mode manual. Dikarenakan kondisi malam hari itu gelap dan jarak dengan bintang-bintang juga jauh, jadi kita sangat membutuhkan fitur ini demi hasil foto yang maksimal.


Jangan lupa pastikan kalau di smartphone kita ada pengaturan ISO, shutter speed dan white balance-nya supaya cahaya dari bintang bisa tertangkap.

Tapi sih, kalau kita pake smartphone secanggih OPPO R17 Pro, kita sudah gak perlu pake manual mode lagi deh. Karena smartphone ini sudah dilengkapi fitur Ultra Night Mode yang didukung teknologi Smart Aperture yang otomatis mengatur bukaan lensa f/1.5 dan f/2.4 dan AI-Ultra Clear Engine yang mampu mengatur komposisi warna, kontras, serta pencahayaan pada hasil foto. Smartphone ini cocok banget buat kalian yang suka photography, terutama night photography.

Spoiler for :



Pilih tempat yang jauh dari polusi cahaya
Spoiler for :

Kendala utama saat akan menangkap cahaya bintang di angkasa adalah polusi cahaya yang ada di dekat kita. Kalau kita mengambil gambar dari tempat yang penuh dengan cahaya, maka sensor kamera akan sulit menangkap cahaya bintang di langit.

Camping bersama teman, bisa jadi salah satu cara untuk hunting foto langit dan bintang yang cantik di malam hari. Keadaan seperti ini membuat bintang akan mudah terlihat. Yang penting langitnya harus cerah, supaya bintangnya gak ngumpet!


Gunakan tripod
Spoiler for :

Foto langit yang kita ambil dengan kamera smartphone, akan menggunakan kemampuan long exposure, yaitu lensa kamera bisa menangkap cahaya dengan waktu yang lebih panjang. Jadi, kalau smartphone gerak sedikit saja, bisa membuat foto kita blur dan gagal!

Lengkapi dengan filter foto
Spoiler for :

Setelah kita berhasil memotret langit dan bintangnya, kita bisa melengkapi foto tersebut dengan menambahkan filter pada foto supaya terlihat lebih cantik. Kita bisa mengatur kontras, warna, dan detail foto dengan aplikasi pengedit foto yang dimiliki.

Jadi, sudah tertarik untuk foto langit di malam hari belum? Kalau sudah, yuk atur jadwal, cari waktu luang yang kira-kira cuacanya bagus.

Diubah oleh dodypratama91 07-02-2019 03:41
nona212
nona212 memberi reputasi
1
5.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan