Haloo agan dan sistah semuanya.
Olahraga yang menyenangkan ada banyak, salah satunya adalah dengan bersepeda. Dalam kesempatan ini ane akan memberikan sedikit review sepeda tercinta ane (ceilee) yang ane beri nama si Bluwy, dikarenakan warna nya yang biru bercampur sedikit putih. 
Baiklah, pertama-tama kenalan dulu nih sama si Bluwy, yang ane beli pada tahun 2016 lalu. Saat itu ane sedang “horny” banget supaya punya sepeda (maklum terakhir kali punya sepeda adalah saat ane umur 5-6 tahun
). Nah, suatu ketika ane sedang iseng-seng cari di O*X, ketemulah si Biru satu ini. Tanpa banyak pikir, ane pun langsung mengontak si owner Biru ini dan bergegas melakukan transaksi, dan DONE! 
Oke, Bluwy ini adalah sepeda merek pabrikan dalam negeri yakni Wimcycle seri Hotrod 1.0 , memanglah seri ini bisa dikatakan sudah cukup lama diproduksi dan beredar, namun jangan salah, speknya boleh diadu.
Sebagai sebuah sepeda gunung (mountain bike/ MTB), Bluwy ini memiliki spesifikasi yang boleh diadu punya.
FRAME
Quote:
Quote:
Sebagai sebuah part yang paling besar dan menarik perhatian dari sebuah sepeda, pemilihan bahan baku frame sepeda perlu sekali diperhatikan. Nah, Hotrod 1.0 punya ane ini memiliki frame Alloy Hydroforming 6061 yang lumayan kuat dan cukup ringan, sehingga tidak mudah penyok namun tetap nyaman jika diajak riding dalam jarak menengah hingga jauh. Selain itu, pemilihan warnanya juga sangat apik, kombinasi biru tua-biru muda dan sedikit sentuhan putih (pada nama) dan hitam membuat Hotrod 1.0 ini terlihat simple namun tetap keren dan memiliki kesan berkelas.
CRANKSET
Quote:
Quote:
Part satu ini berfungsi untuk menahan guncangan saat agan riding dalam melewati medan terjal. Karena dasarnya adalah sepeda MTB, maka Hotrod 1.0 ini dilengkapi Crankset Suntour XCT yang bisa disetting dalam keadaan on atau off. Pengalaman ane, jika disetting dalam keadaan on (diindikasikan oleh warna hijau) maka akan berfungsi untuk menyerap goncangan sehingga tetap nyaman dikendalikan. Dan jika disetting dalam keadaan off (diindikasikan dengan warna merah) maka Crankset tidak akan berfungsi, dan setting ini sebaiknya diterapkan pada jalan mulus beraspal yang tidak banyak halangan di jalannya (seperti kerikil atau lubang jalan) ataupun pada tanjakan yang cukup ekstrem pada jalan aspal , sehingga roda akan terasa lebih ringa saat dikayuh yang berakibat agan dan sista juga tidak akan terlalu capek saat bersepeda.
FRONT dan REAR DERAILLEUR
Quote:
Quote:
Nah, part ini ibaratkan gigi pada motor, dan part ini sangat penting. Pabrikan Wimcycle mempercayakan bagian FD Hotrod 1.0 ini pada sebuah produk yang pasti agan dan sista kenal luas, yak apalagi kalau bukan Shimano, tepatnya Shimano Altus FD-M190A 3 Speed dan bagian RD nya dengan Shimano Altus RD-M280 8 Speed . Ini artinya, agan dan sista akan bisa merasakan sensasi 8 x 4 = 32 kecepatan yang berbeda!
Pengalaman ane, yang paling stabil (jika dikendarai dalam jalan biasa hingga sedikit bergelombang) yang paling nyaman adalah kombinasi gigi FD = 2 dengan RD = 3/4/5. Namun, jika agan dan sista menapaki jalan tanjakan ekstrem (lebih dari 30 derajat misalkan) maka kombinasi yang dapat membuat kaki dan betis agan tidak mengeluarkan terlalu banyak tenaga adalah FD = 1 dan RD=1/2. Beda lagi jika di jalan turunan dan agan sista lagi ingin mengebut, kombinasi FD = 3 dan RD = 5/6 menjadi pilihan yang tepat, dan rasakan kekuatan angin menyelimuti agan sista! 
TIRES
Quote:
Quote:
Ban si Bluwy ane ini masih original lho, yakni Kenda Koyote yang cukup bagus dalam mencengkeram jalanan.
Waktu itu ane beli pada kisaran harga 1500K Rupiah, mungkin sekarang sudah sedikit turun. Maka kesimpulannya adalah, sepeda ini sangat Best Buy untuk kelas menengah! Part yang ditanam juga bukan kaleng-kaleng, Trust Me!
Sekian review singkat dari ane, semoga dapat membantu agan dan sista sekalian, dan mulailah bersepeda ria!
Sumber Tulisan : Pengalaman Pribadi
Sumber Foto : Pribadi