LordFariesAvatar border
TS
LordFaries
TKN Bantah Jokowi Sewa Konsultan Politik AS Stanley Greenberg


Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menegaskan sang capres tidak menggunakan jasa konsultan asing, Stanley Greenberg. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mempertanyakan soal konsultan asal Amerika Serikat itu sebagai konsultan Jokowi saat pemilu.

"Saya mengikuti dua periode Pak Jokowi nyalon, 2014 dan 2019 ini ya. Saya tidak pernah mendengar atau melihat ada konsultan asing yang menjadi konsultan Pak Jokowi," ungkap Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Selasa (5/2/2019).

Karding juga meminta pihak Prabowo-Sandiaga mengecek benar-benar informasi soal hal ini. Ia meragukan validnya data mengenai Stanley sebagai konsultan Jokowi.

"Perlu dicek berita yang menyampaikan itu, jangan-jangan juga hoax. Jangan-jangan editan. Oleh karena itu dibuat untuk sekedar mengaburkan isu soal konsultan Rusia yang dipakai Prabowo, jadi untuk semacam mengalihkan isu," tutur Karding.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade mengirimkan website lembaga konsultan politik Amerika Serikat, The Political Strategist. Salah satu kontributor yang disebutkan dalam website itu adalah Stanley Bernard Greenberg. Website itu pun mengulas sedikit biografi Stanley yang diketahui merupakan ahli strategi politik yang merupakan mitra pendiri di Greenberg Quinlan Rosner Research (GQR), sebuah perusahaan riset dan kampanye politik yang bermarkas di Washington D.C dan berafiliasi erat dengan Partai Demokrat.

The Political Strategist merinci sejumlah daftar klien Greenberg sebagai penyurvei dan ahli strategi politik. Beberapa di antaranya merupakan pemimpin negara yang namanya cukup terkenal, seperti Presiden AS Bill Clinton, Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Wakil Presiden AS Al Gore, Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Senator sekaligus eks Menlu AS John Kerry, Kanselir Jerman Gerhard Shroder hingga Presiden RI Joko Widodo.

Isu mengenai Stanley Greenberg merupakan konsultan Jokowi juga pernah muncul dalam Pilpres 2014. Namun hingga saat ini, belum ada bukti Jokowi menjadi klien Stanley.

Karding meminta agar masyarakat bijak dalam mengolah informasi mengenai persoalan semacam ini. Ia mengingatkan, bukan baru kali ini saja Jokowi diserang dengan fitnah atau hoax.

"Sebenarnya isu penggunaan konsultan asing oleh Pak Jokowi bahkan Jokowi menggunakan konsultan Yahudi itu sudah berlangsung sejak 2014 lalu. Dan itu diulas sedemikian panjang oleh salah satu media yang mengatasnamakan Islam, kalau tidak salah VOA Islam, dan ternyata itu sebuah hoax," kata politikus PKB itu.

"Saya kira masyarakat jangan mudah terpengaruh oleh produksi hoax, khususnya oleh media-media yang tidak jelas integritasnya, oleh orang-orang yang sengaja menebar hoax sebagai salah satu strategi politiknya. Sekali lagi kita sudah tahu arahnya seperti apa, misinya seperti apa," tambah Karding.

Sebelumnya Andre Rosiade mempertanyakan kebenaran Stanley Greenberg sebagai konsultan politik Jokowi. Ini lantaran muncul nama Jokowi sebagai salah satu klien Greenberg dalam website The Political Strategist.

"Kami mendapatkan informasi. Apakah ini benar? Kami tunggu klarifikasi Pak Jokowi," kata Andre.

"Kami tidak ingin melakukan tuduhan. Supaya tidak berkembang, tidak jadi fitnah, maka kami bertanya, apakah bener Pak Jokowi pernah jadi klien saudara ini sesuai yang ada di website," lanjut politikus Gerindra tersebut.

https://m.detik.com/news/berita/d-4415155/tkn-bantah-jokowi-sewa-konsultan-politik-as-stanley-greenberg

Biar seru ah.... emoticon-Big Grin
Diubah oleh LordFaries 05-02-2019 18:05
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.5K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan