silviaaa444Avatar border
TS
silviaaa444
Dari Hobi Cosplay Hingga Untung Rp 80 juta per bulan. Kok Bisa?
Peluang usaha bisa datang darimana saja, tak terkecuali dari sebuah hobi. Apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh, hobi yang agan miliki bisa juga jadi sebuah pundi-pundi yang menghasilkan uang lho. Nggak terkecuali dari bidang hobi apapun.

Jika dilihat, setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada yang suka nulis, nonton film, koleksi piringan hitam, bercocok tanam, dan lain-lain. Semuanya juga bisa jadi peluang usaha lho agan jika mau jeli dan serius. Salah satu hobi yang mau ane bahas di sini adalah hobi mengikuti cosplay. Hasilnya nggak main-main lho, setiap bulannya bahkan bisa mencapai puluhan juta. Wow!



 Dari kecintaannya mengikuti cosplay semasa kuliah, sosok bernama Adi ini seolah terarahkan pada peluang usaha ini. Hanya berawal dari iseng untuk kesenangan pribadi, namun ternyata hasil karyanya malah diminati oleh komunitas-komunitas lain, karena dunia cosplay ini memang sangat terkait dengan komunitas.

Sekitar tahun 2009, saat itu masih jarang sekali ada orang yang bisa membuat kostum cosplay sehingga Adi memutuskan untuk membuatnya sendiri. Tapi semakin lama semakin banyak komunitas yang mendengar kabar jika ia bisa membuat kostum cosplay. Dari sinilah ia mulai dicari. Kemudian pada tahun 2011 pun Adi berpikir untuk menekuni dan melebarkan sayap usahanya, lalu ia pun membuat toko online bernama DeiMaru. Saat itu usahanya sedikit terhambat, karena selain memiliki usaha cosplay, Adi merupana seorang mahasiswa dan karyawan. Maka komplain dari beberapa konsumen pun bermunculan karena keterbatasan waktu yang dimililki oleh Adi.



Pada Januari 2015, Adi memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan sebuah perusahaan dan merektut tiga orang sebagai tim inti untuk mengembangkan usahanya. Menariknya, dalam merintis usahanya ini, Adi mengaku tidak mengeluarkan modal sama sekali. Karena ia menggunakan sistem down payment (DP) dari costumer yang melakukan pemesanan. Uang tersebut kemudian digunakan oleh Adi untuk pembelian bahan. Keuntungan yang diperoleh pun ia kelola untuk membuat toko offline di Bekasi. Nah mungkin ini bisa dijadikan sebagai salah satu tips untuk sukses menjalankan bisnis pribadi ya gan, yaitu pintar-pintar mengelola keuangan!



Ternyata Adi nggak hanya menjual kostum untuk cosplay aja nih gan. Rupanya ia juga menjual beberapa produk lainnya, seperti jaket hingga action figure. Omzet bulanan usaha yang diawali dari hobi ini pun lumayan banget. Rata-rata ia bisa mendapatkan Rp 80-an juta dengan kurang lebih penjualan 300 item yang terjual.

Pada akhirnya tujuan dari bisnis ini adalah bekerja sambil melakukan hobi sehingga yang dikerjakan pun terasa menyenangkan. Jadi gimana, apakah agan juga tertarik untuk mengkomersilkan hobi yang dimiliki?

Sumber:
https://finance.detik.com/solusiukm/...p-80-jutabulan
1
3.8K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan