Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
Perkembangan dunia fashion hiphop dari awal 70-an sampai awal abad ke-20. sekarang?




@CERITAKITAUNTUKSELAMANYAemoticon-Malu

Quote:




Akhir-akhir ini, mungkin terjadi sekitar 3 tahun terakhir, terjadi sedikit perubahan di dunia musik Indonesia, menurut pengamatan gw pribadi. Selera musik ini terjadi sedikit pergeseran karena banyak hal, salah satunya adalah populernya musisi-musisi baru seperti Younglex, dan yang paling booming Rich Brian (Rich Chigga), dengan genre Hip-Hop mereka. Kepopuleran mereka sekitar 3 tahun yang lalu jadi bukti kalau Genre Hip-hop bukan lagi sekedar genre minoritas di negara kita. Rich Brian, yang salah satu videonya viral ditahun 2016, bahkan berhasil menarik lebih dari 82 juta penonton di industri musik mamarika. Waktu itu Rich masih berumur 17 tahun dan baru mengungah video rap pertama tahun 2015, bre.

Bahas sejarahnya dulu deh ya. Hipho adakah sebuah gerakan dan budaya seni yang kata berawal dari New york tahun 1970-an. Banyak elemen yang mendukung sebuah musik hiphop, 4 diantara elemen tersebut adalah Rap, B-Boy, Grafiti, dan turntablism (gaya vokal berirama). Budaya hiphop menyebar ke komunitas urban dan suburban di amerika serikat dan akhirnya sampai lah ke negara kita.

Selain tentang Rap, B-boy, Grafiti, dan gaya vokalnya, Hip-hop juga menghadirkan inspirasi baru dibidang fashion. Sejak tahun 1970-an tercatat banyak evolusi fashion dunia hip-hop bre. Awalnya para hip-hoper ini akan berkumpul di pantai memakai topi bucket, rantai emas, sama kalung plat nama. beberapa perusahaan pakaian olahraga seperti Le Coq Sportif, Adidas dan merk lain merajai pasaran untuk style hip-hop diawal tahun berdirinya.



Setelah beberapa lika-liku dan banyak kejadian didunia Hip-hop, style gangster (topi bucket + kalung rantai) yang terinsipirasi dari budaya genk Amerika, gaya Hip-hop berkembang dan mulai masuk kearah black pride dan socially conscious hip-hop. sampai akhir 80-an, artis-artis hiphop seperti Public Enemy, Eric B And Rakim, Brand Nubian, Main Source, Queen Latifah, KRS-one mulai mengembangkan gaya-gaya Afrika dan memulai pergerakan black nationalist seperti Black Phanters. Seragam ini mirip seragam semi militer dengan dominan warna hitam dan ditambahkan anting-anting khas door-knocker.



Trend berikutnya dari dunia hip-hop dan mungkin paling mencolok ditahun 2000-an adalah ghetto. Ghetto adalah trend fashion yang menunjukkan kekayaan dan banyak dipopulerkan oleh bintang hiphop dipertengahan 90-an dengan mengenakan pakaian-pakaian mewah.

Berikutnya adalah tren hip-hop yang paling mencolok, yang bahkan melampaui periode bling Courvoisier yang membingungkan pada awal tahun 00-an karena mencolok. Dengan gaya yang menunjukkan kekayaan ekstrem, pada pertengahan tahun '90 -an bintang hip-hop terbesar mulai mengenakan pakaian yang semakin mewah. Sean Combis (Puff Daddy) mengubah trend ini sedikit dan berhasil merubah trend ghetto menjadi trend fashion yang mendunia. Tetapi Dia, Snoop Dog, Notorius BIG, dan 2-PAC mulai tertarik dengan tampilan gangster sekolah Al Capone yang menguunakan topi fedoras dan bowler, jas double-breasted, serta sepatu kulit buaya.



Setelah identik dengan konsep "Pamer", fashion hiphop terlihat lebih sederhana setelahnya. Dengan mengunakan jas dan seragam disertai low-slung baggy jeans, snapback, work boots, puffer jacket, dan sportwear, trend hiphop berubah. Trend ini dipopulerkan oleh klan Wu-Tang, Missy eliot and other, Later on, Dirty South Rapper dengan menambahkan do-rags dan atasan ala basketball.

Fashion, sama seperti yang lain, akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Untuk sekarang, Kalau se-pengamatan gw yang minim informasi tentang dunia hip-hop, fashion dunia hip-hop Indonesia masih merunut pada fashion-fashion yang ada di luar, belum ada yang bikin satu gebrakan baru. Semoga diwaktu depan nanti bakal lahir hip-hoper andalan yang bisa mengharumkan nama negara kita.

Walaupun beberapa dari kita masih menganggap dunia hip-hop sebagai dunia "kelam" tapi sedikit-banyak dunia hip-hop jelas mempengaruhi perkembangan musik di negara kita.

Buat sekarang gw pamit dulu, lain waktu kita bahas tema ini lebih lanjut.
Bye! emoticon-Smilie


Quote:








3
6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan