KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a87e4d1a997572268b4568/klik--komunitas-livina-kaskus----part-5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

Tampilkan isi Thread
Halaman 286 dari 346
Balasan post herman7103
Quote:


untuk GL AT ukuran paling aman nerjang banjir dengan kedalaman brp ya?
click to download
Assalamualaikum
livina sv manual 2015 harus turun mesin krn indikator oli nyala terus padahal udah dibersihkan sampai 2x di jasmin, selain jasa, part yang diganti apa aja ya om nantinya?
Quote:

Apa maksudnya mendesis? . Setahu saat AC Mobil hidup memang ada bunyi yg setahu saya bunyi engage system AC dan setelah mobil di bawa jalan AC Mobil saya stel di putaran angka 1 atau 1 klik kedua tombolnya sudah terasa dingin di depan.
Seandainya bunyinya desis dan AC sampai harus stel ke angka 2 atau 3 baru terasa dingin bisa jadi
ada 2 hal yang menyebabkan suara mendesis saat AC hidup.
1. karena jumlah freon berkurang banyak
2. karena kinerja expasion valve yang sudah kurang baik kerjanya atau mampat. .
Selain itu, suara bising AC bisa juga dari motor fan, hal ini terjadi karena motor fan sudah aus.

untuk GL AT ukuran paling aman nerjang banjir dengan kedalaman brp ya?

Pengalaman saya selama ini yg aman bagi saya pribadi lewati banjir maksimal 1/2 dari tinggi ban saja walau ada pendapat lain yg bilang bisa lebih tinggi dari itu karena intake grand livina cukup tinggi.

Tips mobil saat lewati banjir
bila terpaksa harus melalui jalan dengan kondisi tersebut.
1. Pertama, menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, karena mobil yang ada di depan juga dapat berfungsi sebagai patokan atau tanda, sebagai ukuran seberapa tinggi genangan air yang dilalui selain itu anda dapat cepat mengantisipasi jika ada lubang besar.
2. Bawalah mobil Anda dengan kondisi kecepatan terjaga atau konstan tidak pelan juga tidak kencang, sebab jika dipacu pada kecepatan tinggi beresiko memunculkan ombak atau riak air yang justru dapat masuk ke ruang pembakaran mobil via filter udara dan berpotensi bikin mogok.
3. Posisikan gigi transmisi di gigi rendah, untuk tipe otomatis (L) atau (1) untuk manual. Pasalnya beban kerja mesin lebih berat ketika melewati banjir.
4. Anda tidak perlu khawatir, air masuk ke dalam saluran knalpot atau saluran gas buang, sebab selama mesin masih hidup, air yang masuk tersebut terdorong keluar.
5. Jangan memainkan pedal gas terlalu dalam saat mobil melawati jalan banjir. Kenapa? Karena filter udara semakin kuat menyedot udara sehingga berpotensi mengisap air.
6. Hindari berhenti di tengah banjir. Karena saat mobil berhenti, air akan terus bergerak dan pergerakan kendaraan dari arah lain memunculkan riak air dan memungkinkan permukaan air naik sampai ke ruang mesin.
7. Setelah melewati genangan, jangan langsung untuk tancap gas. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin. Untuk itu, lakukan mengerem kecil berulang kali hingga terasa menggigit kembali.
8. Untuk mobil dengan transmisi manual, usahakan tidak menginjak pedal kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa? Menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi. Dan dapat merusak komponen transmisi lantaran oli sudah bercampur air.
9. Jika rute yang Anda lewati bukan jalur yang sering dilalui, usahakan jangan melintas pinggir atau tepi jalan karena bisa jadi terdapat selokan atau got.
10. Terakhir, kalau mesin mendadak mati saat menerjang banjir jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali. Karena hal tersebut jika dilakukan beresiko kerusakan yang lebih berat pada komponen mesin lainnya (efek water hammer). Segera minta pertolongan pada jasa derek untuk dibawa ke bengkel resmi terdekat.
Lihat 1 balasan
Quote:

sama kaya OGL punya ane gan, mendesis kalo mesin dingin/belom panas aja. Cuma ac ane masih lumayan dingin. Kata jasmin bsd itu gpp
Halo gan,
Newbie mau tanya nih.

Saya punya New livina 2014 type SV.
Nah apakah ada informasi untuk ganti lampu plafond yg di Monitor plafond ?

Pakai lampu type apa yah ? Soalnya redup banget nih.

Thank you
Quote:


Pasti gara2 pake oli nissan ganti tiap 10rb KM nih
Udah banyak kejadian soalnya
Waktu itu ada evalia turun mesin jg gara2 sludge ganti oli pake NGO tiap 10rb KM
Pas odo 52rb KM metal2 jebol gara2 oli ga naik ketutup sludge
Mending ganti max 5rb KM/6 bulan aja kalo pake NGO
Part2 yg diganti kalo overhaul biasanya : paking set,metal jalan n metal duduk (biasanya bubut crankshaft jg kalo udah parah),piston n ring2nya dicek jg kalo parah ganti aja...
Diubah oleh Jambangan2
Quote:


Berdasarkan pengalaman selama hampir 5 tahun sampai di odo skrg hampir 60 ribu km dan selalu pakai oli NGO 5w30 Eco fully synthetic memang sebaiknya ganti oli tiap 6 bln maksimal 7 bulan saja akan aman mesin nya di mobil ANGL 1.5 SV CVT 2014 saya, setelah saya check visual tdk ada sludge dan pemakaian bbm masih irit. Yg kejadian sludge di engine HR15DE ini kebanyakan karena pakai oli yg 10w30 yg jauh lebih murah serta belum fully synthetic serta ganti olinya di 10 ribu km setahun sekaliemoticon-Smilie
Gan nanya donk. Microphone ane kok ga fungsi ya. Klo dipake buat nelpon pake bluetooth HU orang yang di telp ga denger suara gw
Kira kira ngurutnya bagaimana
Quote:


Bantu jawab om

Indikator oli nyala turun mesin ?

Coba dicek satu2, biasanya indikator oli nyala berarti oli habis atau tinggal 1 literan dimesin/karter

- Cek sensor oli terkadang hanya error/rusak saja sensornya
- Cek dipstik oli apakah oli bener2 turun drastis sampai batas min
- Cek pompa oli apakah ada kerusakan
- Cek rembesan oli, adakah rembesan oli disekitar mesin, disekitar karter/bak penampungan oli
- Cek knalpot mobil apakah ada asap putih berbau oli keluar dari knalpot saat digas dirpm tinggi
- Cek busi apakah ada indikasi basah oleh oli disalah satu busi

Mesin livina berkarakter kompresi tinggi bekerja disuhu tinggi, untuk penambahan oli 300-500cc per 5000-7000km sebelum ganti oli selanjutnya biasanya wajar2 saja.

Untuk ukuran mobil tahun 2015 dalam pemakaian normal belum waktunya mobil turun mesin, 5-6 tahun dipemakaian normal masih ok2 saja, bahkan ada yg lebih jg masih ok, kecuali mobil pernah overheat (radiator bocor/kering), mobil telat ganti oli, pemakaian mobil sangat2 kasar.

Untuk turun mesin part2 yg biasa diganti piston, ring piston,klep, seal klep, metal2 tergantung kerusakan dan keahlian si mekanik menganalisa part2 apa saja yg harus diganti
Quote:


klo menurut saya, turun mesin diperlukan klo...

Distart mesin no respon, atau klep sdh tdk mau bergerak naik turun.
Quote:


Waduh budget terbatas itu memangnya brp harga oli nya gan? Padahal di shop n Drive sering promo beli 2 gratis 2. beli voucher di Blibli. Mau yg murah ya 10-30 shell 255, yg lebih berkualitas ada 5W-30 355. Curiga oli palsu, sampe ngasep gt olinya berarti rembes ke ruang bakar. Klo lake hx-5 terlalu kental, ujung 2nya BBM boros tarikan lemot.
Permisi agan2,mau numpang jual all new Livina HWS saya:
Warna:abu2
Tahun:2013 bulan 11
Mesin baru service besar di jas�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5min,jadi tinggal pake
Kelistrikan ok
Kaki2 oke
Sudah beberapa di up grade:
Remote steer kanan kiri
Spion retrack
HU pioneer seri 5
Konsol box tengah
Balasan post herman7103
Quote:


wah terimakasih penjelasannya, lengkap sekali. emoticon-Toast
Mohon pencerahan para suhu di mari...livina ane klo di posisi jalan menanjak atau menurun pas jalan pelan ketika direm ada bunyi 'ket ket ket' di bagian kaki depannya...kira2 itu kenapa ya?
Quote:


Klo berbunyi hanya ketika direm, kemungkinan kampas rem nya sudah mau habis. Diingat2 saja kapan terakhir kali ganti kampas rem, umur nya sih biasanya +/- 30.000-40.000 km, tergantung pemakaian jg banyak naek turun gunung atau cuma jalan datar saja
Quote:


Suara semakin kenceng klo ngeremnya pd posisi setir belok kanan atau kiri...kejadian itu sering pada saat mobil lama tidak dipake dan berjalan mundur pelan untuk keluar dari garasi yg kebetulan kondisinya jalannya agak menurun.
Quote:


Berarti memang wajib oli 5w30 ya, penggantian setiap 5rb
Permisi agan2 numpang tanya :

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

Mulut tangki BBM mobil livina saya berkarat dan karat nya mulai merusak bibir tangki BBM, bahkan saat hujan saya lihat ada bekas air hujan seperti bisa tembus kedalam (ada bekas tetesan air mengalir ke tangki BBM).

mungkin ada solusi untuk mulut tangki BBM mobil saya gan?

ada masukan teman saya yg bilang di cat anti karat. tapi kalau bengkel bilang ganti part (mulut tangki+pipa BMM yg harga nya nyampe 1.6 jtan (blm ongkos pasang)

mohon pencerahan agan2 sekalian.. terimakasih.
Halaman 286 dari 346


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di