Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bearbrickAvatar border
TS
bearbrick
5 Tips Memotret Di Malam Hari Yang Bisa Diikuti Siapapun
Belajar fotografi sebenarnya bukanlah hal yang sulit, kita hanya perlu belajar dan bertanya kepada seseorang yang sudah lebih professional dalam memotret. Saat memotret pun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan supaya hasil fotonya bagus.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan dengan kamera apapun:

 

1.    Mengambil gambar dari dekat

Spoiler for :

 


Robert Capa, seorang fotografer terkenal pernah berkata “jika foto tidak cukup baik, berarti anda tidak cukup dekat saat membidiknya”. Kalau kita merasa hasil foto kita masih kurang jelas, cobalah untuk mendekat selangkah atau dua langkah dengan subjek. Semakin dekat kita dengan subjek, semakin jelas  juga ekspresi wajahnya terlihat.



2.    Sering berlatih


Spoiler for :


Cara terbaik supaya bisa cepat menguasai fotografi adalah dengan sering berlatih. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berlatih, dengan kamera apapun sekalipun itu kamera smartphone kita bisa mempraktekkan ilmu yang kita miliki. Memotretlah sesering mungkin dan sebanyak mungkin, apapun objeknya nggak masalah. Dengan sering berlatih, lama kelamaan kita akan mendapatkan feel saat memotret, sampai nantinya kita udah nggak perlu bingung lagi kalau ingin mendapatkan foto terbaik.




3.    Perhatikan pencahayaan


Spoiler for :


Saat akan memotret, kita harus tau dulu darimana cahaya yang akan kita gunakan, apakah kita akan memanfaatkan cahaya alami dari matahari atau memanfaatkan lampu sebagai pencahayaan. Pikirkan bagaimana cahaya akan berinteraksi dengan subjek, apakah bisa memperjelas satu area atau bisa menghasilkan bayangan yang menambah nilai estetika dari foto tersebut. Hal ini yang harus kita pahami, supaya bisa menggunakan cahaya tersebut untuk menjadi foto yang luar biasa.




4.    Gunakan flash pada siang hari


Spoiler for :


Flash tidak hanya bisa kita gunakan pada malam hari saja loh, bahkan di siang hari pun kita bisa memanfaatkan flash untuk memberi cahaya tambahan pada subjek, sehingga bisa menutupi bayangan silau dan menghasilkan pencahayaan yang lebih baik.



5.    Tidak terburu-buru


Spoiler for :


Sebelum mengambil gambar, perhatikan dulu sasaran bidik kita, apakah sudah tepat dan fokusnya jelas. Jangan terburu-buru mengambil gambar kalau dalam hati kita masih ragu dengan hasilnya. Sebagai pemula di dunia fotografi wajar kok kalau kita memotret masih harus memakan waktu lama dan banyak berpikir. Semua itu demi memahami teknis-teknis dari memotret yang baik, sampai kita bisa menguasainya nanti.

 

Bicara soal fotografi, belum lama ini salah satu produsen smartphone ternama di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya, yaitu OPPO, yang memperkenalkan produk terbarunya di seri R, yaitu OPPO R17 Pro.

 

OPPO R17 Pro hadir dengan triple camera yang disematkan pada bagian punggung.  Kamera pada OPPO R17 Pro didukung dengan teknologi  Sony IMX 362, sensor kamera gandadengan besaran 12 Megapixel dan teknologi smart aperture yang memungkinkan fokus kamera terjadi lebih cepat dan akurat. Besaran sensor 1/2.55 serta 1.4-micron pixel mendukung foto malam hari yang lebih baik dan rendah noise. Smartphone ini sangat mengerti kebutuhan fotografi, jadi untuk yang suka night photography, smartphone ini layak dicoba keampuhannya.

Selain kameranya, OPPO R17 Pro juga memiliki keunggulan dari system pengisian dayanya yang sudah memakai SuperVOOC Flash Charge. Dengan SuperVOOC Flash Charge, kita bisa mengisi daya dengan sangat cepat. Bayangin aja dalam waktu 10 menit kita bisa mengisi baterai sampai 40%.


Sedangkan desainnya sudah nggak perlu diragukan lagi. Desain OPPO R17 Pro terlihat sangat stylish dengan notch berbentuk waterdrop screen di layar depan, dan warna gradasi antara ungu dan biru yang membuatnya terlihat makin elegan.

 

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa sebagai pemula yang ingin mendalami fotografi, kita harus memiliki banyak pengetahuan dan harus rajin latihan juga. Selain belajar dari buku-buku atau artikel-artikel fotografi, kita juga harus mau bertanya kepada mereka yang lebih ahli.

 

Sekian tips belaja fotografi dari ane, kalau ada tips-tips fotografi keren lainnya silakan tambahin di komentar, ya!

 

 
Diubah oleh bearbrick 23-01-2019 04:04
1
3.8K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan