69farhanAvatar border
TS
69farhan
Menggapai atap jawa barat gunung ciremai
Pada tanggal 20 juni 2018 saya melakukan pendakian ke gunung ciremai jawa barat

Gunung Ciremai adalah gunung berapi kerucut yang secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat Dengan Ketinggian 3078 MDPL (diatas permukaan laut) dan bisa dibilang gunung paling tertinggi dijawa barat biasa disebut oleh para kalangan pendaki adalah Atap Jawa Barat .
Source:@wikipedia

Untuk menuju puncak gunung ciremai kalian bisa melalui jalur pendakian yang masing masing berbeda & mempunyai keunikan jalur tersendiri pada jalur pendakiannya .

Jalurnya yaitu :Linggar jati di kabupaten Cirebon ,Linggasana terletak tidak jauh dari Linggar Jati masih satu kabupaten ,Palutungan yang berada di Kab. Kuningan & Apuy di Majalengka .

Pada tanggal 20 juni 2018 saya bersama rekan rekan pendakian saya melakukan pendakian ke gunung ciremai via apuy : apuy sendiri bisa dibilang jalur yang paling cepat & tidak memakan waktu tempuh yang cukup lama untuk mencapai puncaknya .

Pada jam 03:00 sore kami pun berkumpul dikediaman rekan kami di cibitung untuk packing barang barang & melengkapi kekurangannya .

Setelah packing kami menuju ke Terminal Cikarang dan menaiki Bus 3/4 menuju Majalengka Bus nya bernama bintang sanepa dan tak lama sampai di terminal cikarang kami bertemu dengan pendaki lain asal karawang yang sama satu tujuan untuk mendaki ciremai via apuy juga & akhirnya kami pun bersama sama melakukan perjalanan ,Total team kami 7 orang & total pendaki asal karawang ada 5 orang jadi totalnya 12 orang .




Setelah mendapatkan bus tujuan majalengka dengan tarif 70k perorang akhirnya kami berangkat menuju majalengka pada jam 04:00 sore .

Setelah kurang lebih memakan waktu sekitar 5-6 jam kami tiba di majalengka tepatnya di Cigasong dekat terminal maja ,lalu turun & salah satu rekan tim kami menelpon pick up dari BC untuk menjemput dan mengantar kami ke titik awal pendakian .

Namanya Bang Dani supir pick up yang kami sewa ,untuk tarif pickup per orang 30k

Jam 23:00 malam pun kami tiba di Home Stay Apuy untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan ke BC & start pendakian pada pagi hari nanti .
Di Home Stay sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis & mendapatkan makan hehe.


Setelah istirahat semalaman pada jam 07:00 pagi kami packing barang barang & otw menuju BC Apuy sambil mengurus simaksi pendakian & sarapan pagi di BC ,Usai mengurus simaksi kami pun melakukan pendakian .
Untuk simaksi pendakian itu perorang dikenakan 50k dapet sertifikat & kupon makan .


@homestayapuy

Perjalanan dari base camp ke pos 1 medannya masih landai dan memakan waktu sekitar 1jam 30 menit .




Akhirnya kami pun tiba di pos 1 & pendakian barulah dimulai dengan medan yang mulai menanjak .
dari pos 1 ke pos 2 jaraknya bisa dibilang cukup jauh sekitar 2 jam dikarnakan tim kami pun sempat beristirahat yang cukup lama .



2 jam berlalu akhirnya tiba di pos 2
Dan di pos 2 kami tidak sempat mengambil gambar.
Inget ya di gunung ciremai tidak ada sumber mata air jadi untuk teman teman yang akan hendak melakukan pendakian ke ciremai itu harus mempersiapkan logistik & air yang cukup ,ada sumber air di Goa Walet namun hanya ada airnya pada saat musim hujan saja bila kemarau airnya sangat minim .




Setelah berjalan 2 jam dari pos 2 kami tiba di pos 3 untuk nyemil makanan & ngopi ngopi
,tujuan kami ngecamp itu sebenarnya di goa wallet atau di pos 5 .



Karena badan yang kelelahan kami pun memutuskan ngecamp di pos 4.
Di pos 4 lumayan cukup luas areanya bisa menampung 10-15 tenda .




Dari pos 3 ke pos 4 memakan waktu 1 jam 30 menit ,akhirnya kami pun tiba di pos 4 & mendirikan tenda dilanjutkan memasak & istirahat untuk mempersiapkan fisik summit pada dini hari .
Setelah istirahat untuk tidur pada dini hari kami bangun pukul 03:00 untuk melakukan summit ke puncak .




Jarak dari pos 4 ke pos 5 memakan waktu 3 jam itu pendakian normal + istirahat dan terbilang sangat santai .
Di pos 5 cukup ramai karena area nya luas banyak pendaki yang mendirikan tenda disini .




Dari pos 5 ke goa wallet /pos 6 itu lumayan cukup jauh& menuju goa wallet disitu lah batas vegetasi .
Sudah mulai keluar dari hutan gunung ciremai ,menuju pos 6/ goa wallet medannya tanah & sedikit menanjak ,bisa memakan waktu sekitar 3jam -3jam 30 menit






Ketika melakukan perjalanan menuju pos 6 kami sempat kehabisan air ,persediaan air kami terpakai oleh salah satu team kami perempuan dikarenakan tubuhnya menggigil & sudah mau terserang hipotermia .


Suhu ciremai pada saat itu sangatlah dingin sekali dari siang sore & malam pagi itu sangat dingin ,lebih dingin itu pagi hari & malam wuh mantap menembus kulit dinginnya .

Setelah tiba di goa wallet kami mulai semangat untuk menuju puncak walau sudah kehabisan air ,puncak pun terlihat diatas namun ketika melakukan perjalanan itu tidak sampai sampai -_
Dan pada jam 10:00 kami pun akhirnya tiba di puncak gunung ciremai setelah melakukan perjalanan yang melelahkan dari haus emosi lelah letih semua menjadi satu & akhirnya terbayar lunas ketika sampai di puncak nya .





Total perjalanan :
BC-pos 1: 1jam .30 menit(pendakian banyak istirahat)
Pos 1-Pos 2: 2 jam pendakian banyak istirahat
Pos 2-Pos 3: 2 jam pendakian normal
Pos 3-4 :2 jam 30 menit .
Pos 4-5:2 jam
Pos 5-Goa wallet /pos 6 :3 jam
Goa Wallet -Puncak :3 jam
Total : 16 jam pendakian santai & banyak istirahat .
Disitu saya pribadi masih pemula & baru pertama melakukan pendakian ke gunung .

Estimasi biaya : Terminal Cikarang (Bekasi) - Cigasong Majalengka PP =70x2=140
Pickup Cigasong-BC PP=30x2=60
Simaksi=50K
Logistik =50K
Total Transportasi PP& Logistik=300K
Belum termasuk jajan pribadi & makan
sumber gambar :
Dokumentasi pribadi 📷
Diubah oleh 69farhan 22-01-2019 11:23
4
1.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan