Jainudin01Avatar border
TS
Jainudin01
Survei: Jokowi Unggul di Kalangan Lulusan SD, Prabowo di Sarjana
22/01/2019


TEMPO.CO, Jakarta - Hasil sigi teranyar lembaga survei Media Survei Nasional (Median) menemukan pasangan calon Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin unggul telak di kalangan pemilih lulusan SD atau tidak tamat SD.

Sedangkan paslon Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul di kalangan pemilih tamatan SMU dan Perguruan Tinggi.

"Dari 100 persen pemilih yang tidak tamat SD, ada 55,1 persen yang memilih Jokowi-Ma'ruf, 31,3 persen memilih Prabowo-Sandi, 13,6 persen undecided," kata Rico Marbun, Direktur Eksekutif Median di warung Bumbu Desa Cikini, Jakarta, Senin, 21 Januari 2019.

Rico juga menuturkan dari 100 persen pemilih yang tamat Perguruan Tinggi (PT), sebanyak 58,0 persen memilih Prabowo-Sandi, sedangkan 35,9 persen memilih Jokowi-Ma'ruf, dan 6,1 persen masih undecided.Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyapa para pendukungnya sebelum menyampaikan pidato kebangsaan di JCC, Jakarta, Senin 14 Januari 2018. TEMPO/Subekti

Secara total, lembaga Median mencatat elektabilitas Jokowi - Ma'ruf Amin masih unggul atas Prabowo - Sandi. Dalam survei itu, angka elektabilitas Jokowi - Ma'ruf 47,9 persen, Prabowo - Sandiaga 38,7 persen, sedangkan 13,4 persen belum menentukan pilihan.

"Selisih elektabilitas kedua kandidat menipis, suara pasangan 01 relatif stagnan dan suara pasangan 02 tumbuh, tapi lambat," ujar Rico.

Rico mencatat selisih elektabilitas antara kedua paslon tinggal satu digit saat ini, yaitu 9,2 persen. "Padahal jarak kedua paslon pada November 2018 masih 12,2 persen untuk keunggulan Jokowi," ujar dia.

Survei digelar pada 6-15 Januari 2018 dengan melibatkan 1.500 responden yang memiliki hak pilih di seluruh provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan ialah Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Rentang margin of error sebesar 2,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini juga menerapkan quality control terhadap 20 persen sampel yang ada.
RYAN DWIKY ANGGRIAWAN

https://pilpres.tempo.co/read/116716...owo-di-sarjana



Ini data dan fakta. Pendukung rezim ini adalah kelompok masyarakat dengan tingkat kemampuan berfikirnya rendah, dan cenderung mudah dibodohi.

Pram A.Toer dulu pernah menulis;
"Terjajahnya rakyat oleh penjajah bukan cuma sebab penjajahnya itu sangat kuat. Tapi disisi lain, memang rakyat sendirilah yang menyediakan syarat-syarat untuk dijajah."

Semoga semakin banyak rakyat yang cerdas dan mau berfikir demi nasib bangsa ini ke depan. Dan ane yakin, gaperlu jadi sarjana dulu untuk bisa cerdas dan faham kondisi bangsa saat ini, cukup buka mata, gunakan hati dan lihat sekitar maka akan tau bobroknya rezim yg sekarang dalam memimpin bangsa Indonesia.
emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
-1
3.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan