hellosehatAvatar border
TS
hellosehat
Cara Merawat Penderita Diabetes

Menurut American College of Foot and Ankle Surgeons, penderita diabetes memiliki risiko 15% untuk terkena borok (ulkus diabetes). Borok yang terjadi pada penderita diabetes biasanya terjadi akibat dampak neuropati atau kerusakan jaringan saraf yang merupakan komplikasi dari diabetes. Diabetes juga menjadi penyebab utama kejadian amputasi (non-traumatik) yang dilakukan di Amerika Serikat. Sekitar 14 hingga 24% pasien diabetes harus menjalani amputasi akibat mengalami luka pada bagian tubuh dan tidak dirawat dengan baik.

Penyebab borok kaki pada penderita diabetes
Borok yang terjadi pada penderita diabetes biasanya dikibatkan oleh beberapa hal yaitu:
  1. Luka yang terinfeksi
    Berhubungan dengan dua faktor sebelumnya, luka yang tidak sembuh disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak baik dan gula tidak terasalurkan dengan baik. Luka sulit sembuh dan menjadi tempat berkembangnya bakteri dan virus.
  2. Penurunan sistem imun
    Penderita diabetes memiliki sistem imunitas yang rendah, yang kemudian menyebabkan luka semakin lama sembuh dan mudah terkena infeksi.

Borok pada penderita diabetes tak selalu terasa sakit
Sakit bukanlah gejala utama yang terjadi pada luka yang diderita oleh penderita diabetes, karena biasanya mereka malah tidak merasakan sakit pada kaki yang luka. Hal pertama yang sering muncul adalah nanah atau cairan yang keluar pada luka, kemudian akan muncul kemerahan dan pembengkakan pada luka dan lama-kelamaan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Bagaimana cara merawat borok pada penderita diabetes?
Jika terdapat luka pada penderita diabetes, yang dapat dilakukan untuk mencegahnya menjadi masalah yang serius dan mempercepat penyembuhan luka tersebut adalah:
  1. Rawat dan periksa luka secara berkala
    Jangan remehkan luka yang kecil, karena dari luka kecil yang tidak dirawat dengan baik, dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.
  2. Periksa ke dokter
    Periksakan luka tersebut ke dokter, walaupun hanya luka kecil jangan menunggu luka tersebut menjadi parah dan semakin besar. Semakin kecil dan semakin dini luka tersebut diperiksakan ke dokter, maka semakin tinggi dan cepat proses penyembuhannya.


Mau tahu info lengkapnya? Cek disini yuk Gan:
merawat borok luka pada penderita diabetes
emoticon-Toast
Jangan lewatin info menarik lainnya:
benarkah minum kopi mencegah diabetes
apakah penderita diabetes boleh minum susu
emoticon-Stick Out Tongueertamax emoticon-Sundul
0
2.6K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan