- Beranda
- Komunitas
- Hobby
- All About Design
STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM PENGEMBANGAN UKM
TS
sofia100
STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM PENGEMBANGAN UKM


Perkembangan UKM Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia sangat berkembang dengan pesat, hal tersebut terjadi karena perekonomian di Indonesia meningkat dengan seiring berjalannya waktu. Dengan berkembangnya UKM di Indonesia menimbulkan banyaknya pesaing pelaku usaha yang sedang berlomba-lomba untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi demi perkembangan usaha masing-masing pelaku usaha. Untuk karena itu jika pelaku usaha tidak mengetahui bagaimana memasarkan produk dengan baik maka akan menimbulkan penurunan tingkat pengembangan usaha tersebut.
Menerapkan Strategi pemasaran di awali dengan menganalisa secara keseluruhan dari situasi perusahaan Pemasar harus melakukan analisis SWOT, di mana ia menilai kekuatan (strengths S), kelemahan (weaknesses W), peluang (opportunities O), dan ancaman (threats T).
- Kekuatan (Strengths) meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya.
- Kelemahan (Weaknesses) meliputi keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi usaha.
- Peluang (Opportunities) adalah faktor atau tren yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang dapat digunakan pengusaha untuk memperoleh keuntungan.
- Dan ancaman (Threats) adalah faktor pada lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan bagi pengusaha.
Berikut adalah strategi pemasaran yang efektif untuk melakukan suatu usaha :
1. Membuat Produk yang menarik atau beda dari pesaing lainnya
Dengan membuat produk yang beda dari pesaing lainnya dapat membantu meningkatkan rasa penasaran oleh konsumen, yang mana konsumen jika penasaran pasti mereka akan mencoba untuk membelinya.
2. Promosi produk secara online
Selain promosi secara langsung yang dilakukan adalah promosi melalui online yang dapat menjangkau yang jauh yang mungkin tidak bisa di promosikan secara langsung serta menjangkau di seluruh layanan sosial media.
3. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan
Salah satu cara agar pelanggan tidak kecewa dengan usaha kita adalah dengan adanya pelayanan yang baik dan rangkul pelanggan untuk dapat lebih nyaman saat membeli produk yang kita tawarkan.
4. Memberi rekomendasi kepada pelanggan
Biasanya pelanggan cukup bingung dalam memilih sebuah barang yang ingin di beli, karena itu kita sebagai pemasar harus memberi pendapat atau merekomendasikan mana yang kiranya cocok atau baik dengan pelanggan tersebut.
5. Memilih tempat yang strategis
Salah satu laris tidaknya apa yang kita jual itu ada pada tempat, dimana kita harus bisa menentukan tempat yang sekiranya dapat dijangkau oleh orang-orang terutama yang dikhusukan untuk kalangan anak-anak, remaja, atau dewasa. Sehingga kita mampu mendirikan usaha yang baik dengan menempatkan usaha tersebut dikalangan yang ingin dituju.
Demikian strategi pemasaran yang efektif dalam pengembangan UKM (Usaha Kecil dan Menengah).
Polling
0 suara
Bagaimana strategi pasar yang baik?
sealgeek memberi reputasi
1
574
1
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan